Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun Kepemilikan

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun Kepemilikan

Melakukan investasi emas memang tergolong yang menguntungkan. Dalam satu tahun kepemilikan emas, maka akan ada keuntungan tersendiri untuk investornya. Keuntungan investasi emas dalam setahun bisa dikatakan baik dari waktu ke waktu. Namun tentunya, ada beberapa perbedaan tiap tahun karena emas juga mengalami kenaikan yang tidak selalu sama.

Bagi calon investor emas, maka harus tahu dulu seberapa besar keuntungan investasi emas untuk tiap tahunnya. Dengan memahami komponen ini, maka proses investasi akan lebih mudah dan lebih yakin. Target juga bisa ditentukan dengan perhitungan yang ada. Untuk mengetahui detail keuntungannya, maka bisa menyimak pembahasan di bawah ini:

Rata-rata Keuntungan Emas Setahun

Emas merupakan suatu aset yang bisa memberi keuntungan tinggi jika dimiliki. Berdasarkan perhitungan yang ada, dalam kurun waktu 10 tahun keuntungan emas sudah naik hingga angka 131 persen. Harga yang mulanya sekitar 335 ribu untuk tiap gramnya, sekarang sudah mencapai angka 851 ribu rupiah untuk satu gram.

Dengan adanya kenaikan yang signifikan ini, maka bisa dipastikan jika kenaikan dalam waktu satu tahun juga sangat besar. Berdasarkan data yang ada, keuntungan investasi emas dalam setahun yang didapat investor bisa mencapai 5 sampai dengan 20 persen. Angka ini tentunya tergolong sangat besar untuk didapatkan.

Setelah diketahui besaran keuntungan ini, maka tiap investor bisa menaksir sendiri berapa nilai pasti atau keuntungan yang didapat dari emas. Lima persen untuk satu tahun sudah tergolong besar. Sedangkan jika bisa mencapai 20 persen, maka komponen keuntungan yang didapat akan jauh lebih besar lagi untuk tiap pemiliknya.

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun Kepemilikan.

Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun Kepemilikan

Alasan Kenaikan Emas yang Signifikan

Setelah mengetahui kenaikan emas yang terus berlanjut tiap tahunnya, maka harus tahu juga kenapa hal ini bisa terjadi. Sebagai investor emas, alasan kenapa harga emas naik merupakan satu komponen penting yang harus didalami. Dengan mengetahui poin penting ini, maka akan lebih mudah lagi membaca pergerakan kenaikannya. Berikut beberapa alasannya:

1. Emas Tidak Terpengaruh Kebijakan Pemerintah

Aset emas tergolong yang paling aman dimanfaatkan karena tidak terpengaruh dari kebijakan pemerintah. Baik itu kebijakan suku bunga, maupun kebijakan fiskal dan moneter, semua tidak mempengaruhi naik turunnya harga emas. Dengan demikian, meski kebijakan mengalami perubahan ke arah negatif maka harga emas tidak akan menurun.

Bahkan jika kebijakan dikeluarkan oleh bank sentral, hal ini tetap tidak akan mempengaruhi harga emas menjadi turun. Bagi investor yang ingin mendapat keuntungan secara stabil, maka bisa memanfaatkan emas dengan dasar satu ini. Tanpa pengaruh dari berbagai kebijakan ini, maka penggunaan emas bisa lebih besar lagi.

2. Adanya Ketidakstabilan Ekonomi

Saat ini, ketidakstabilan ekonomi merupakan hal yang sering kali terjadi. Bagi investor emas, ini bukanlah hal yang perlu diantisipasi. Dengan adanya ketidakstabilan ekonomi, maka harga emas semakin naik dan semakin kuat. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan aset investasi lainnya yang bisa dimanfaatkan.

Alasan ini juga menjadi alasan kuat kenapa emas terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Bahkan saat ekonomi sedang dalam masa krisi yang berat, justru harga emas akan terus melonjak tinggi. Kondisi ini dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan safe haven agar kondisi ekonominya tetap stabil.

Demikianlah penjabaran mengenai keuntungan investasi emas dalam setahun yang harus dipahami. Dengan mengetahui komponen ini, maka tiap investor bisa lebih yakin saat akan melakukan investasi emas. Meski perhitungan keuntungan ini tidak akan sama untuk tiap tahunnya, namun jika dirata-rata masih masuk dalam kategori yang sangat menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.