Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Tipssehatcantik.comsscn.bkn.go.id, CPNS SMA 2019, bagaimana Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS tahun 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Pahami Petunjuk dan panduan cara pendaftaran online, Pedoman pendaftaran, bagaimana Cara Pendaftaran, alur pendaftaran online, Mekanisme cara mendaftar CPNS 2019 2020 lulusan SMA SLTA SMK D3 S1 S2.

Ini merupakan petunjuk dan pedoman pendaftaran CPNS secara online untuk lulusan SMA/SLTA/SMK S1 dan S2 sarjana lengkap untuk semua instansi permerintah.

Jadwal pendaftaran CPNS 2019, Formasi CPNS 2019, Lowongan CPNS 2019, Pengumuman pendaftaran CPNS tahun 2019 masih ditunggu.

Cara pendaftaran CPNS Online 2019/2019 SSCN.BKN.go.id, Alur pendaftaran CPNS 2019 hanya dilakukan lewat SSCN.BKN go.id.

Baca juga :

Kumpulan Contoh Soal CPNS dan Latihan Soal CPNS ada DISINI.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.

Petunjuk Cara Daftar CPNS 2019 SMA SMK D3 S1.

Petunjuk Cara Pendaftaran Registrasi Akun SSCN BKN CPNS 2019.

Kemenpan telah merilis pengumuman mengenai jumlah kebutuhan formasi CPNS 2019 yaitu ; Untuk tahun ini akan direkrut sebanyak 100.000 CPNS dan 75.000 PPPK P3K, Jadi total 175.000 untuk seluruh Indonesia.

Sesuai informasi seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) diperkirakan akan dimulai pada Oktober 2019.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengabarkan,secara alur  tata caranya kemungkinan masih akan sama seperti seleksi CPNS di tahun sebelumnya.

formasi tahun ini pemerintah lebih diutamakan merekrut guru dan tenaga kesehatan, bidan, perawat, dokter untuk ditempatkan di fasilitas kesehatan pemerintah.

Selanjutnya Pemerintah lebih mengutamakan tenaga di bidang infrastruktur dan keahlian dibanding tenaga administratif untuk mengatasi kekurangan tenaga pada posisi ini.

Sedangkan untuk lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap II pemerintah akan memprioritaskan merekrut guru honorer yang telah melewati batas umur untuk mendaftar CPNS tahun ini.

Silahkan pelajari alur pendaftaran CPNS 2019 di sini

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Menjadi anggota PNS atau aparat pemerintah merupakan idaman setiap lulusan sekolah, baik jenjang SMA SMK D3 S1 bahkan S2.

Jaminan kehidupan yang baik menjadi alasan utama untuk mengejar karir menjadi anggota PNS.

Untuk mendapatkan itu semua tentunya tidaklah mudah, banyak sekali tantangan dan tentunya persaingan yang terjadi.

Sebaiknya lakukan persiapan sedini mungkin untuk menghadapi tes masuk dan pendaftaran CPNS tahun ini, agar ada bisa lulus dan di terima menjadi Aparatur Pemerintah.

Perbanyak latihan soal-soal CPNS, psikotes dan juga latihan fisik bila itu diperlukan.

Sebagai informasi Untuk saat ini memang belum ada pengumuman resmi dari pemerintah mengenai pembukaan pendaftaran CPNS tahun ini.

Tetapi banyak kabar yang menyebutkan bahwa pembukaan pendaftaran CPNS tahun ini akan dimulai akhir bulan juli atau awal agustus. Semoga kabar tersebut benar adanya.

Admin informasikan bahwa informasi resmi tentang penerimaan CPNS tahun 2019 dari Pemerintah melalui akun resminya sscn.bkn.go.id.

Admin akan update segala informasi yang berkenaan dengan proses penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2019.

Berikut ini admin akan berbagi informasi tentang Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Jika sama seperti tahun sebelumnya, maka tahapan pendaftaran CPNS 2019 bisa di ringkas seperti di bawah ini :

1.Membuat akun di portal https://sscasn.bkn.go.id
* Isi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
* Isi alamat email aktif, buat password dan pertanyaan pengaman
*  Upload Pas Photo minimal 120 KB maksimal 200 KB
*  Kemudian Cetak Kartu Informasi Akun

  1. Log in ke https://sscasn.bkn.go.id
  • Gunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

3. Upload Foto Selfie
* Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Lengkapi Biodata
  • Isi Biodata sesuai aslinya
  1. Pilih instansi, jenis formasi, dan jabatan yang di lamar
  • Pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan
  1. Cek Resume sebelum dikirim
  • Pastikan bahwa data telah terisi semua dengan benar
  • Dan pastikan instansi, formasi, dan jabatan yang dipilih sudah benar
  1. Kirim Data pendaftaran
  • Klik Simpan data yang telah dicek di Resume dan pastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar
  • Data yang telah diklik Kirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun
  1. Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN
  • Cetak dan Simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCASN
  • Kartu Pendaftaran SSCASN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCASN.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Admin juga akan jelaskan secara detail petunjuk cara pendaftaran CPNS tahun 2019, Apa saja langkah-langkah yang harus dilalui?

Untuk langkah yang pertama adalah Buka situs https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html untuk melakukan perdaftaran awal untuk memperoleh kartu informasi pendaftaran.

Caranya adalah dengan mengisi Nomor E*KTP anda tahap selanjutnya isi nomor KK jangan lupa isi kode Captcha dengan teliti dan benar.

Apabila semua sudah selesai lanjutkan dengan mengklik tombol “Lanjut“. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Kemudian masuk langkah selanjutnya yaitu masuk ke form identitas. Ini merupakan tahapan untuk mengisi biodata anda sesuai identitas diri anda.

Caranya adalah Isi semua data Nama tanpa gelar yang ada di ijasah, kemudian tempat lahir kota atau kabupaten seperti data yang ada di ijasah kemudian email yang aktif.

Inputan selanjutnya adalah password dan komfirmasi password, isi juga pertanyaan keamanan 1 beserta jawaban kemanan, dan begitu juga pertanyaan pengamanan 2 beserta jawaban.

Ini berfungsi jika anda lupa password saat login, maka bisa memakai bantuan pertanyaan keamanan.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 2019 2019

Setelah itu baru mengisi kode Captcha lagi, jika sudah semua selesai semua dan sudah dipastikan benar maka silahkan klik tombol “Daftar“.

Saat anda mengeklik tombol “Daftar” muncul peringatan apakah anda yakin untuk entri data pendaftaran jika kita klik Yes maka proses pendaftaran akan segera dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah anda bisa mencetak kartu informasi pendaftaran dengan cara mengeklik “Cetak informasi Pendaftaran” berisi tentang identitas anda yang sudah anda inputkan sebelummnya.

Kemudian langkah selanjutnya adalah masuk ke pendaftaran dengan cara anda mengeklik tombol “Lanjut Login Pendaftaran” ini berfungsi untuk melanjutkan login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.

Langkah selanjutnya silahkan anda login dengan menggunakan NIK yang sudah anda daftarkan besarta password untuk melanjutkan proses pendaftaran untuk lebih jelas seperti berikut ini :

Setelah anda sudah masuk pendaftaran maka alamat link akan berubah menjadi sscndaftar.bkn.go.id anda harus mengisi biodata terlebih dahulu secara lengkap.

seperti isi data yang masih kosong apabila sudah selesai silahkan klik “simpan” apabila sudah terisi semua.

Silahkan klik “OK” pada Pop Up apabila semua data yang anda isi sudah benar pastikan semua data telah terisi kompirmasi yang dimaksud seperti pada gambar berikut :

Data yang anda isi sudah berhasil dirumah langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik “Daftar” pada menu atas akan dialihkan menuju Step 2 berisi mengenai Form pendaftaran.

Pada tahapan ini adalah tahapan yang membedakan antara Lulusan SMA SLTA SMK, D3 dan S1.

Pada form pendaftaran ini anda bisa memilih empat jenis Formasi pertama Umum, Disabilitas Fisik, Putra-Putri Asli Papua, atau Lulusan Terbaik.

Kriteria Cumlaude 

Kriteriaa Cumlaude adalah lulusan sarjana terbaik atau lulus dengan predikat dengan pujian dari perguruan tinggi terakreditasi A/ Unggulan dan program studi terakreditas A saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus Cumlaude ijasah, atau transkrip nilai.

Semua WNI  yang menenuhi kriteria pelamar ini bisa langsung melengkapi persyaratan pendaftaran CPNS.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 2019 2019

Kriteria Disabilitas 

Kriteria Disabilitas adalah salah satu katagori berkebutuhan khusus dengan catatan mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.

Saat ini pemerintah melalui Rekrutmen CPNS juga memberdayakan teman*teman kita yang berkebutuhan khusus, siapa bilang disabilitas tidak bisa menjadi CPNS,

Kriteria Putra Putri Papua

Kriteria ini memang khusus diberlakukancbagi anda yang selama ini tinggal diwilayah ujung timur Indonesia.

Saat ini pemerintah memberikan prioritas untuk penerimaan CPNS khusus wilayah Papua dan Papua barat dengan catatan mereka yang memiliki pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah papua dan papua barat.

Atau punya darah keturuan asli orang papua, baik itu dari ibu atau ayah dengan dibuktikan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa.

Kriteria Umum 

Kriteriia Umum adalah bagi anda calon pendaftar CPNS yang tidak memilikia kriteria diatas (lulusan Cumlaude, disabilias, atau putra putri papua dan papua barat) masuk dalam kriteria umum.

Jadi bagi anda yang tidak termasuk dalam katagori diatas tetap bisa mengikuti Pendaftaran dengan mengikuti jalur umum.

silahkan anda pilih sesuai dengan instansi yang ada formasi lulusan SMA. klik “PILIH” Untuk lebih jelas seperti pada gambar berikut :

Setelah anda memilih akan ada 2 pesan peringatan lagi yang mengkonfirmasi mengenai Jenis Formasi yang dipilih besarta Instansinya, pada laman berikutnya berisi form kelengkapan pendaftaran.

Silahkan isi Pendidikan sesuaikan yang ada form apabila tidak menemukan berarti jurusan lulusan anda tidak bisa mengikuti CPNS ini, kemudian jabatan yang dipilih.

Selanjutnya pilih Lokasi Kerja, Nama SekolahTanggal IjasahTahun lulus dan isi Kode Captcha.

Bagi lulusan Kuliahan isi juga Akreditasi Perguruan TinggiAkreditas Program Studi, IPK dan Nomor Ijasah.

Bagi anda lulusan SMA SLTA SMK silahkan isi Nilai ijazah anda. jika semua disi silahkan ceklis dan klik “Daftar” Form yang dimaksud dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Apabila sudah selesai melakukan pendaftaran maka tahap selanjutnya anda akan menuju halaman yang berisi mengenai “Cetak Pendaftaran”.

Silahkan Pilih tombil Hijau “Cetak Kartu Pendaftaran” .

Namun apabila pada file pdf masih banyak yang kosong seperti Foto dan lainnya berarti proses pendaftaran belum selesai karena ada beberapa file yang harus di undah.

silahkan menuju Panel menu “Riwayat” kemudian pilih “Domuken” kemudian upload semua berkas yang dibutuhkan untuk lebih jelas berikut tombol yang dimaksud :

Apabila anda mengakses Dokumen maka anda akan menuju laman berikutnya Harus mengupoad semua data.

Seperti Foto Kemudian IjasahKTP/Surat KeteranganSurat lamaranSurat Peryataan dan Transkrip Nilai/Daf.

Seperti pada gambar dibawah ini :

Untuk ukuran semua berkas harus dibawah 200 kb silahkan di edit sampai ukurannya pas, karena jika tidak maka tidak akan berhasil terupload silahkan klik tombol “Upload”.

Anda akan menuju laman berikutnya jika sudah anda bisa kembali atau Upload berkas pastikan semua berkas sudah diupload.

Laman Upload yang dimaksud seperti pada gambar berikut ini :

Langkah terakhir adalah apabila anda sudah selesai silahkan kembali pada menu “Riwayat” kemudian cetak Nomor Kartu Peserta semua sudah terisi dengan benar dan lakukan pencetakan.

Pastikan anda sudah melengkapi semua berkas pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apabila sudah dicetak pastikan persyaratan semuanya sudah terisi dengan benar.

Jangan lupa sebelum beranjak dari depan layar komputer atau Laptop anda untuk “Log Out” untuk menjaga kerahasiaan akun data anda.

Sampai disini proses pendaftaran sudah selesai.

Anda hanya tinggal menunggu panitia seleksi bekerja dan anda bisa menunggu hasil seleksi administrasi untuk lanjut ketahap selanjutnya.

Jangan lupa sambil menunggu pengumuman lulus administrasi, anda bisa sambil belajar dan juga berdoa semoga anda lulus.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 2019.

Demikian informasi ini, Semoga bisa menambah wawasan anda dan mempermudah anda dalam melakukan pendaftaran CPNS tahun 2017 untuk lulusan SMA SMK SLTA.

SEMOGA ANDA LULUS dan diterima menjadi PNS.

Jangan Lupa Share dan berbagi kepada teman-teman lainnya agar bisa membantu dan menghindari kesalahan dalam pendaftaran CPNS.

Berikanlah komentar dan tanggapan untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan.

Kontribusi anda dalam berkomentar akan sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Jangan lupa tinggalkan JEJAK ANDA.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Tersedia informasi :

1.Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS Kemenag Kementerian Agama 2019.

  1. Cara Pendaftaran CPNS Kemenhub 2019 Lulusan SMA D3 S1.
  2. Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 Lulusan SMA D3 S1 S2.
  3. Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS Kejagung 2019 Lulusan SMA D3 S1.
  4. PetunjuK Cara Pendaftaran Registrasi Akun SSCN BKN CPNS 2019.
  5. Bagaimana Solusinya Jika Gagal Login Registrasi Daftar SSCN CPNS 2019 Akun BKN lihat disini
  6. Bagaimana Cara Upload Pengiriman Berkas Dokumen Pendaftaran CPNS 2019 sscn.bkn.go.id secara online

<

p style=”text-align: justify;”>

Category: Uncategorized