Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya

Dapatkan aplikasi android Cek Bansos Kemensos Kementerian Sosial, selanjutnya segera daftar untuk bisa menggunakannya. Dalam aplikasi cek Bansos Kemensos bisa digunakan untuk mendaftar dan juga mengecek apakah sudah terdaftar dalam database penerima Bantuan Sosial dari Pemerintah atau belum.

Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos Kementerian Sosial belakangan ini diperlengkapi feature untuk tingkatkan keakuratan pendistribusian bansos. Untuk yang belum tercatat, ini cara mendaftar yang menerima bantuan sosial Kemensos.

Terdapat feature baru itu ialah “Usul” dan “Sanggah”, menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan, pengaktifan ke-2 feature itu sebagai inovasi dari persoalan data sejauh ini.

Masalah itu salah satunya ada orang yang memiliki hak memperoleh kontribusi tapi tidak peroleh bantuan (exclusion error) dan ada yang tidak memiliki hak tetapi memperoleh kontribusi (inclusion error).

“Dengan feature ini, warga dapat turut mengatur penyempurnaan data. Keterkaitan warga bisa juga mengakselerasi proses penyempurnaan hingga menolong pekerjaan pemda karena sesuai UU Nomor 13 Tahun 2011 mengenai Pengatasan Fakir Miskin, penyempurnaan data jadi wewenang pemda,” kata Risma.

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya.

Bagaimanakah cara ajukan menjadi yang menerima bantuan sosial? Merilis Instagram sah Kemensos, berikut jalur registrasinya:

1. Download Aplikasi Cek Bansos

Mengambil Aplikasi Cek Bansos lewat PlayStore. Pakai keyword “Aplikasi Cek Bansos” dan check apa pembikinnya ialah Kementerian Sosial ataulah bukan, karena banyak Aplikasi sama.

2. Selanjutnya Registrasi

Kerjakan registrasi lebih dahulu, karena menu “Usul” dan “Sanggah” cuman dapat dijangkau dengan memakai user ID yang sudah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementerian Sosial.

Persiapkan nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP saat lakukan register. Sesudah sukses register, Anda bisa mengkses menu pada Aplikasi Cek Bansos.

3. Pilih Menu Daftar Usulan

Tentukan menu “Daftar Usulan”, lalu lebih saran. Menu ini akan berisi daftar saran yang sudah dipertambah oleh pemilik account.

Pemilik account dapat mendaftar dirinya, keluarga, seseorang, atau fakir miskin lain langsung pada tombol tambah Usulan. Bila Mengusulkan keluarga sendiri, karena itu statusnya harus pada satu KK.

Penting diperhatikan, field atau kolom yang diisi untuk menu usulan semua data harus sama dengan data kependudukan karena sama seperti menu registrasi akan langsung dipadukan dengan data Dukcapil.

Menu “pilih jenis bantuan sosial” hanya akan muncul jika NIK yang diinputkan berada di dalam data DTKS. Data yang sukses diusulkan akan berisi nama, NIK dan status kecocokan Dukcapil, kecocokan wilayah dengan pengusul Kartu Keluarga (KK).

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya.

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya

Menu lain Pada aplikasi itu ada juga 3 menu yang lain, yaitu Profile, Cek Bansos, dan Tanggapan Kelayakan.

Menu Profile akan tampil pada awal. Di menu itu terdapat username, profil bansos yang menampilkan status apakah account ini memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Dalam menu Profile Keluarga akan menampilkan daftar keluarga yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Ada pilihan bukan keluarga untuk menyanggah bila bagian keluarga tersebut bukan anggota keluarga dari pemilik akun.

Menu Cek Bansos berfungsi untuk mencari yang menerima bansos. Di bagian ini, berisi info wilayah dan nama yang menerima. Kemudian, menu Tanggapan Kelayakan.

Di menu ini berisi daftar penerima manfaat, data tampil berdasarkan daftar penerima yang ada di satu kelurahan yang sama dengan pemilik akun.

Pemilik akun dapat lakukan tanggapan kelayakan pada penerima manfaat yang dinilai tidak pantas mendapatkan bansos dengan cara pilih icon “ok” atau “tidak”.

Sesudah memilih salah satunya icon, mengisi alasan dan pernyataan dan mengirimi tanggapan. Informasi ini akan masuk ke sistem Kementerian Sosial untuk memperoleh tanggapan.

Bisa juga di cek di https://cekbansos.kemensos.go.id/

Bagi anda yang akan Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos Silahkan Klіk Tоmbоl Oреn, Inѕtаll, Bukа аtаu Dоwnlоаd dі bаwаh untuk Mеndараtkаnnуа!

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya.

Terimakasih kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda.

Berikan komentar anda dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga anda yang membutuhkan informasi ini.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca Juga :

Arti Bullish dalam Trading.

Saham yang Bagus untuk Trading dan Sudah Terpercaya.

Cara Dapat Uang Dari Snack Video hanya dengan menonton Video.

Download Dan Miliki Aplikasi Android Untuk Sadap Chat WA Whatsapp terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!