Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

Tipssehatcantik.com – Hasil Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD Universitas Padjadjaran 2019, Pengumuman kelulusan hasil seleksi mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN tahun 2019/2020.

Informasi hasil pendaftaran Mahasiswa Baru melalui Seleksi Jalur Mandiri Sarjana S1 SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN tahun 2019, hasil seleksi pendaftaran mahasiswa SMUP UNPAD jalur mandiri 2019, jadwal jalur mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020, seleksi jalur SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN Mandiri 2019.

Baca juga :

Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2019 Seleksi Masuk Universitas Negeri.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.

Kapan jadwal pendaftaran dan pengan hasil SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN Jalur Mandiri tahun ajaran 2019/2020?

Tentu ini menjadi pertanyaan bagi anda yang tidak lulus seleksi SBMPTN tahun 2019.

Janganlah berkecil hati jika tidal lolos SBMPTN tahun ini, masih ada pilihan jalur masuk kuliah bagi calon mahasiswa PTN Universitas Negeri melalu seleksi Jalur mandiri.

Berikut ini admin akan bagikan informasi mengenai Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

Sebagai Informasi pengan Hasil Seleksi Pendaftaran Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN Tahun 2019 akan dikan pada tanggal 26 Juli 2019.

Pengumuman hasil seleksi Mandiri UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN Program S1 dapat dilihat di website : http://smup.unpad.ac.id/pengumuman-jalur-mandiri.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

 

Informasi Jadwal dan Jalur Masuk Program Sarjana (S1)

Informasi Umum

1. Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 60 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada  Perguruan Tinggi Negeri, pola seleksi masuk PTN dilaksanakan melalui tiga jalur seleksi, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, dengan masing-masing daya tampung SNMPTN minimal 20%, SBMPTN minimal 40% dan Seleksi Mandiri maksimal 30% dari kuota daya tampung setiap PTN.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S1) pada tahun 2019 telah menetapkan daya tampung dari setiap jalur seleksi yaitu SNMPTN (25%), SBMPTN (50%) serta Seleksi Mandiri (25%).

3. Unpad memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik calon mahasiswa baru Program Sarjana (S1) untuk mengikuti Seleksi Jalur Mandiri Universitas Padjadjaran tahun 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

4. Seleksi Mandiri tetap menitikberatkan pada kemampuan akademik, bukan sekedar kemampuan secara ekonomi. Mahasiswa yang diterima melalui Jalur Mandiri membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi (UKT 5) dan dikenakan biaya Dana Pengembangan (DP) dengan besaran yang berbeda-beda.

5. Adapun rentang besaran DP antara nilai minimum Rp. 20.000.000,- sampai nilai maksimum Rp. 250.000.000,- untuk Program Studi Saintek, dan antara nilai minimum Rp. 15.000.000,- sampai dengan nilai maksimum Rp. 75.000.000,- untuk Program Studi Soshum.

6. Calon mahasiswa yang terbukti berasal dari keluarga tidak mampu dapat mengikuti Seleksi Jalur Mandiri serta tidak diwajibkan membayar biaya DP dan biaya UKT.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

Persyaratan dan Kriteria Penilaian

Persyaratan :

  1. Persyarat an sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi ini adalah SMA/MA/SMK negeri maupun swasta.
  2. Siswa SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2019, 2018, 2017 dan 2016.
  3. Peserta sudah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan dengan bukti ijazah SMA/MA dan SMK, kecuali bagi siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2019, ijazah dapat diganti dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah sementara.
  4. Peser ta dapat memilih Program Studi lintas jurusan (Saintek/Soshum) saat di SMA/MA/SMK. Peserta diperkenankan memilih 2 (dua) Program Studi di setiap kelompok ujian.
  5. Bagi peserta yang berasal dari keluarga tidak mampu harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), KPKH (Kartu Program Keluarga Harapan), KJP (Kartu Jakarta Pintar), KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

Kriteria Penilaian :

  1. Seleksi terbagi menjadi 2 (dua) kelompok ujian, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosio-Humaniora (Soshum).
  2. Terdapat dua tahapan ujian :
    1. Tahap Pertama (diikuti oleh seluruh pendaftar) adalah ujian dengan sistem Mobile Assisted Testing(MAT) melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua ujian, yaitu :
      1. Tes Kompetensi Skolastik (TPS) yang akan menguji Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
      2. Test Kompetensi Akademik (TKA) yang akan mengujikan mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih, seperti Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi untuk kelompok Saintek, serta Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi untuk kelompok Soshum.
    2. Tahap Kedua (diikuti oleh peserta yang lolos pada Tahap Pertama, yang mana pesertanya hanya sejumlah dua kali dari daya tampung). Seleksi pada Tahap Kedua ini adalah TOEFL-like dan Tes Wawancara dengan model wawancara mini Multiple Mini Interview (MMI). Selain itu terdapat Tes Khusus yang dilakukan oleh Fakultas tertentu, yaitu tes Minessota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Kedokteran Hewan pada Fakultas Kedokteran dan Prodi Pendidikan Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi,  serta Tes Kemampuan Berenang untuk Prodi Perikanan dan Prodi Ilmu Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

 

Pendaftaran

Pendaftaran Online: 17 Juni 2019 Jam 13.00 WIB–30 Juni 2019 Jam 23.59 WIB
Cetak Kartu dan Download Kartu Peserta : 2 Juli 2019 jam 15.00 WIB

Bagi peserta ujian yang perangkat ujian nya tidak menggunakan kartu SIM Telkomsel dapat datang pada tanggal 3-4 Juli di Gedung Kandaga Unpad Jatinangor untuk diberikan kartu SIM dan kuota gratis untuk digunakan pada saat waktu ujian.Atau dapat juga Peserta membeli Kartu SIM Telkomsel di Toko/Gerai Telkomsel terdekat dengan Paket Kuota minimal 2 GB.

Calon peserta yang akan mendaftar harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Peserta akses ke laman http://pendaftaran-smup.unpad.ac.id/ untuk melakukan pendaftaran ke portal perserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah :
    1. Nama
    2. Nomor Ponsel
    3. Alamat Email
    4. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    5. Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Passwordharap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  2. Peserta login kembali ke laman pendaftaran (http://pendaftaran-smup.unpad.ac.id/) dengan menggunakan alamat email dan Password yang telah dibuat pada saat pendaftaran (Poin 1).
  3. Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
    1. Identitas pribadi
    2. Data keluarga
    3. Asal sekolah
    4. Data penghasilan orang tua
  4. Peserta memilih jenjang pendaftaran.
  5. Peser ta memilih kelompok ujian (Soshum, Saintek). Peserta diperkenankan memilih kedua kelompok ujian tersebut.
  6. Peser ta memilih Program Studi yang diinginkan, dalam setiap kelompok ujian dapat memilih 2 (dua) Program Studi.
  7. Peserta melakukan konfirmasi terhadap data yang telah diisikan.
  8. Pengisian Biodata hanya diijinkan 1 (SATU) KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  9. Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk.
  10. Simpan dengan baik bukti pembayaran yang dimiliki.
  11. Peserta akan mendapatkan tanggal, sesi dan ruang untuk pelaksanaan ujian.
  12. Peserta login kembali untuk mendapatkan nomor dan kartu peserta ujian.
  13. Peser ta mengunduh aplikasi untuk ujian (MAT).

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 500.000, kecuali untuk pilihan Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Kedokteran Hewan pada Fakultas Kedokteran, Prodi Pendidikan Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi, serta Prodi Perikanan dan Prodi Ilmu Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebesar Rp. 600.000.

Jadwal Penting

Kegiatan PenerimaanJadwal
Pendaftaran Online dan Finalisasi17 Juni – 30 Juni 2019
Seleksi Tahap I: MAT (TPS dan TKA)6 – 7 Juli 2019
Pengumuman Tahap I17 Juli 2019
Seleksi Tahap II: TOEFL-like22 Juli 2019
Seleksi Tahap II: MMPI khusus untuk Prodi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan22 Juli 2019
Seleksi Tahap II: Tes Wawancara serta Tes Khusus (Tes Kemampuan Berenang untuk FPIK)23 Juli 2019
Pengumuman Tahap II (Akhir)26 Juli 2019

Seleksi Tahap II

TesWaktuTempat
MMPI untuk FK dan FKGSenin, 22 Juli 2019 Pukul 13.00 – SelesaiRuang Auditorium, lantai 3, Gedung C3 Fakultas Kedokteran Jatinagor.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SMUP UNPAD UNIVERSITAS PADJADJARAN 2019/2020.

Demikian informasi ini, Semoga anda pembaca dan pengunjung setia blog ini yang mendaftar ini bisa lulus. Aamiin

Terimakasih kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda.

Berikan komentar anda dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga anda yang membutuhkan informasi ini.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca juga :

Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2019 Seleksi Masuk Universitas Negeri.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.

Leave a Reply