TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN…

Hai temans.. Kita berjumpa lagi

Kali ini kita akan membahas sesuatu yang simpel tapi sangat sangat penting sekali.

Yak, bau badan,…

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN. Bagi sebagain orang, kadang tidak menyadari bau badannya sendiri dan kadang malah tidak peduli dengan bau badannya. Padahal orang disekitarnya sudah sangat merasa terganggu dengan hal itu. Untuk yang sudah tahu bahwa memiliki bau badan yang tak sedap, bisa menyebabkan stress.

Terkadang sampai bingung bagaimana cara mengatasinya. Tetapi alangkah baiknya bila tetap berusaha untuk menghilangkan bau badannya. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengenali bau badan kita dan bagaimana cara mengurangi ataupun menghilangkan bau badan agar tidak mengganggu orang lain yang kita temui,,,

Kenali sumber bau badan.

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN…Saat berusaha mengurangi atau menghilangkan bau badan, kenali dulu darimana sumber bau badan itu. Ada dua tempat yang paling sering menjadi sumber bau badan:

  1. Lipatan ketiak

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN

Pada lipatan ketiak merupakan tempat yang paling sering menimbulkan bau badan. Kenapa bisa begitu karena disini terdapat kelenjar apokrin disamping itu ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar yang mampu memproduksi dan mengeluarkan banyak keringat.

Kelenjar apokrin bersama bakteri yang ada pada pori-pori menghasilkan bau badan yang tidak sedap. Kelenjar ini akan muncul dan aktif saat memasuki masa pubertas. Jadi saat anak- anak sudah beranjak dewasa maka akan mulai timbul bau badan yang tak sedap.

  1. Telapak kaki
TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN

Kenapa bisa bau badan ada pada telapak kaki ? kita sering bertanya-tanya, mengapa kaki kita bau sekali. Setelah di selidiki ternyata sumbernya adalah kaki yang berkeringat dan tertutup oleh sepatu atau kaos kaki.

Seperti pada lipatan ketiak, telapak kaki mengeluarkan banyak sekali keringat. Keringat ini dihasilkan dari aktivitas kita berjalan, berlari ataupun aktivitas yang lain. Bila kita memakai sepatu dan tanpa kaos kaki maka keringat tidak terserap dan akhirnya menyatu pada alas sepatu, ini menyebabkan sepatu menjadi lembab dan berbau. Ini bisa diatasi dengan cara memakai kaos kaki yang bisa menyerap keringat. Dengan begitu bau dari telapak kaki bisa di kurangi.

Cara mencegah dan mengatasi bau badan.

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN. Sebelum timbul bau badan alangkah baiknya kita berusaha untuk mencegah timbulnya bau badan tersebut. Ini akan lebih baik dari pada saat kita sudah terlanjur memiliki bau badan yang tidak sedap.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan, diantaranya adalah :

  1. Mandi teratur

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN. Saat kita belum mandi, pastinya timbul bau yang tidak sedap. Dan bila kita mandi secara tidak teratur maka maka timbul bau yang tidak sedap juga. Mandi adalah modal awal agar kita terhindar dari bau badan yang tidak sedap. Mandi minimal 2 kali sehari bisa mencegah bau badan yang tidak sedap.

Tetapi dengan mandi 2 kali sehari belum bisa menjamin bau badan tidak datang, karena akitivitas kita yang banyak bisa meningkatkan produksi keringat kita. Minimal dengan mandi 2 kali sehari untuk waktu di pagi bisa menghilangkan keringat dan bau badan yang dihasilkan dimalam hari. Dengan begitu badan kita bisa menjadi segar kembali.

Sedangkan kita saat mandi disore hari akan menghilangkan keringat yang kita hasilkan dari aktivitas kita disiang hari. Mandi bukan jaminan untuk menjadi tidak memiliki bau badan, apalagi yang tidak mandi pasti akan memiliki bau badan yang tidak sedap. Jadi budayakan mandi dengan teratur agar bau badan kita hilang dan kita bisa segar kembali.

Bila ingin wajah tetap cerah sepanjang hari baca DISINI

  1. Jauhi makanan penyebab bau badan

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN. Saat kita melihat makanan dan kita sudah sangat suka dengan makanan itu, kadang kita jadi gelap mata. Kita tidak berfikir panjang dan langsung saja memakannya. Tetapi kita baru menyadari ada yang salah dengan makanan yang kita makan bila sudah terjadi sesuatu. Demikian juga dengan bau badan, banyak sekali makanan yang kita makan bisa menghasilkan bau badan yang tidak sedap.

Sebagai contoh, bawang merah, bawang putih dan bumbu-bumbu masak. Bila berlebihan dalam mengolah rempah-rempah ini bisa menimbulkan masalah bau badan. Contoh lain adalah makanan cepat saji dan daging merah juga menimbulkan masalah bau badan yang tidak sedap. Ini disebabkan karena proses percernaan makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama dan sisa-sisa percernaan tersebut menyebabkan racun yang menimbulkan keringat dan bau tidak sedap.

Jadi usaha menghindari mengkonsumsi makanan tersebut dengan jumlah yang berlebih supaya tubuh kita tidak memgelurakan bau badan yg tidak sedap.

  1. Pakailah deodorant

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN. Deodorant adalah senjata paling sering dipakai dan paling ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau badan. Disaat kita selesai mandi alangkah baiknya langsung memakai deodorant. Kenapa mesti begitu? Karena disaat badan kita fress dan segar bau badan jauh dari kita.

Dan apabila disaat itu kita lansung memakai deodorant tentunya bau badan kita akan hilang hingga saat kita mandi lagi. Jadi jangan sampai kita lupa memakai deodorant, karena bisa jadi keringat kita berlebih dan akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

  1. Jauhi merokok dan minuman beralkohol

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN. 

Sering kali kita mendengar kata-kata ini. Jauhi merokok akan terasa sangat sulit dilakukan pada perokok aktif. Tetapi ada baiknya kita mulai mengurangi kebiasaan merokok. Karena saat anda merokok, asap yang terhirup sampai keparu-paru akan dikeluarkan bersama kelenjar keringat disertai bau badan yang tidak sedap.

Aktivitas merokok yang berlangusng berulang-berulang akan menimbulkan tumpukan racun yang akan dikeluarkan melalui keringat dengan bau yang tidak sedap. Demikian juga dengan minuman beralkohol, keringat yang dikeluarkan oleh badan pecandu minuman beralkohol akan sangat memimbulkan bau yang tidak sedap.

Jadi mulai sekarang mulai kurangi aktivitas merokok dan minum minuman beralkohol, karena ini berdampak pada bau badan yang tidak sedap.

Jika ingin tahu cara menjaga kebugaran sepanjang hari baca DISINI

Demikian TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN dan uraian tentang bau badan dan beberapa cara untuk mencegah dan menghilangkannya. Mungkin masih banyak cara-cara untuk mencegah dan menghilangkan bau badan. Semuanya intinya sama yaitu upaya kita menghilangkan bau badan harus dilakukan karena ini berhubungan erat dengan hubungan kita dengan sesama.

Bila bau badan kita tidak sedap kita kadang menjadi tidak percaya diri dan bisa menjadi penghalang hubungan pertemanan dengan teman-teman kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya. Salam

BPJS Kesehatan

3 Replies to “TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN

Leave a Reply