Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

Tipssehatcantik.com – Jadwal Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021. Kapan Jadwal Pendaftaran PPDB SMPN Kota Surabaya tahun 2020, bagaimana cara daftar PPDB 2020 SMP di Kota Surabaya, apa saja syarat PPDB SMP Kota Surabaya 2020.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyelenggarakan pembukaan PPDB penerimaan peserta didik baru SMP Negeri tahun 2020/2021.

Informasi Jadwal Pendaftaran PPDB SMP MTS 2020 Kota Surabaya, Penerimaan Peserta Didik Baru Online SMPN Kota Surabaya 2020, petunjuk Pendaftaran PPDB Online SMP Kota Surabaya 2020, cara Pendaftaran PPDB 2020 Siswa Baru Online Kota Surabaya, alur Pendaftaran PPDB Siswa Baru SMP SMP Kota Surabaya 2020.

PPDB Kota Surabaya menerima calon siswa baru untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh wilayah Kota Surabaya .

Baca Juga :

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020.

Jadwal Syarat dan Cara Pendaftaran PPDB SMP 2020.

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PPDB tahun 2020 2021.

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Online.

Untuk anda atau keluarga anda yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMP MTS sederajat di wilayah Kota Surabaya tahun 2020 harap segera melakukan persiapan pendaftaran.

Saat ini Pemkot Kota Surabaya memfasilitasi warganya untuk melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB semua jenjang pendidikan secara online.

Berikut ini admin bagikan informasi tentang Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021, PPDB Kota Surabaya .

Pendaftaran dilakukan secara online melalui web portal resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah Kota Surabaya yaitu https://ppdb.surabaya.go.id.

Situs ini dipersiapkan sebagai pengganti pusat informasi dan pengolahan seleksi data siswa peserta PPDB Kota Surabaya periode 2020/2021 secara online real time process untuk pelaksanaan PPDB Online.

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

Jadwal Validasi dan Pendaftaran

Validasi

Nama JadwalTanggal
Validasi Data Siswa26 Mei – 6 Juni 2020

Pendaftaran Zonasi Inklusi

Nama JadwalTanggal
Pengumuman15 Juni 2020
Daftar Ulang15 – 16 Juni 2020

Pendaftaran Jalur Zonasi Umum

Nama JadwalTanggal
Pendaftaran27 – 29 Juni 2020
Pengumuman30 Juni 2020
Daftar Ulang30 Juni – 1 Juli 2020
Pemenuhan Pagu2 Juli 2020
Daftar Ulang2 Juli 2020

Pendaftaran Jalur Prestasi Lomba dan Rapor

Nama JadwalTanggal
Pendaftaran18 – 22 Juni 2020
Verifikasi23 – 25 Juni 2020
Pengumuman26 Juni 2020
Daftar Ulang26 – 27 Juni 2020

Pendaftaran Perpindahan Tugas Orang Tua

Nama JadwalTanggal
Pendaftaran15 – 16 Juni 2020
Verifikasi15 – 16 Juni 2020
Pengumuman17 Juni 2020
Daftar Ulang17 – 18 Juni 2020

Pendaftaran Mitra Warga

Nama JadwalTanggal
Pengumuman15 Juni 2020
Daftar Ulang15 – 16 Juni 2020

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

Persyaratan Umum Calon Peserta Didik

1.     Persyaratan CPDB kelas 7 (tujuh) SMPN:

  1. berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan;
  2. memiliki ijazah atau surat tanda tamat belajar SD atau bentuk lain yang sederajat;
  3. KK yang diakui sebagai dasar pendaftaran dan penerimaan CPDB adalah KK yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB, batas waktu dikecualikan bagi CPDB yang menjadi satu dengan orang tua kandung dalam satu KK Kota Surabaya; dan
  4. CPDB wajib melakukan validasi data secara online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan diatur lebih lanjut dalam Keputusan Walikota Surabaya dikecualikan bagi CPDB Jalur Zonasi Kategori Inklusi

Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru

  1. Pendaftaran CPDB dilakukan oleh CPDB atau Orang Tua atau Wali CPDB.
  2. Guna menunjang kelancaran pelaksanaan pendaftaran, sekolah menyediakan pelayanan PPDB dan fasilitas internet pada jam kerja.
  3. Pendaftaran CPDB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut :
    1. Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru dilakukan secara terbuka;
    2. Pendaftaran;
    3. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran;
    4. Pengumuman penetapan peserta didik baru;
    5. Daftar ulang; dan
    6. Pemenuhan Pagu.
  4. Tahapan pendaftaran CPDB sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf f dikecualikan untuk pendaftaran CPDB SMPN melalui Jalur Mitra Warga, Jalur Prestasi dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua.

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

Ketentuan SKDK

  1. dalam hal alamat KK berbeda dengan alamat domisili CPDB, maka persyaratan KK dilampiri dengan SKDK untuk PPDB yang diterbitkan RT diketahui oleh RW dan dicatatkan di kantor Kelurahan setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili bersama Orang Tua paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB;
  2. SKDK dapat diakui apabila KK CPDB adalah KK Kota Surabaya;
  3. Dalam penerbitan SKDK wajib dilampiri dengan dokumen sebagai berikut :
    1. Surat Pernyataan Persaksian dari 2 (dua) orang yang bukan merupakan keluarga CPDB yang menyatakan CPDB yang bersangkutan bertempat tinggal sesuai dengan alamat pada SKDK paling singkat 1 (satu) tahun sebelum diterbitkannya SKDK sesuai lampiran II.
    2. Dalam hal CPDB bertempat tinggal dengan wali, maka wali wajib membuat Surat Pernyataan bahwa CPDB yang bersangkutan telah tinggal bersama wali paling singkat 1 (satu) tahun sebelum diterbitkannya SKDK sesuai lampiran III.
  4. dalam hal Surat pernyataan yang telah dibuat terbukti tidak benar, maka yang membuat pernyataan dapat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. apabila dikemudian hari diketahui SKDK yang diterbitkan tidak benar, maka Peserta Didik dikenai sanksi dikeluarkan dari Sekolah

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

SMP Jalur Mitra Warga

  1. Penerimaan CPDB jalur Mitra Warga dilakukan secara online oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
  2. CPDB jalur Mitra Warga akan ditempatkan pada SMP terdekat berdasarkan alamat pada KK yang sudah terverifikasi secara online.
  3. Apabila CPDB tidak berkenan dengan Sekolah yang sudah di tempatkan, CPDB dapat membatalkan penerimaan jalur Mitra Warga secara online dan selanjutnya dapat mendaftar pada jalur Zonasi kategori umum atau jalur Prestasi

SMP Jalur Zonasi

  1. Sistem PPDB Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) akan menampilkan 5 (lima) rekomendasi sekolah terdekat dan CPDB dapat memilih 2 (dua) sekolah terdekat sesuai dengan zonasi yang telah ditetapkan, sebagai pilihan 1 (satu) dan 2 (dua).
  2. Seleksi CPDB berdasarkan jarak antara sekolah dengan alamat tempat tinggal.
  3. Apabila terdapat kesamaan jarak antara sekolah dengan alamat tempat tinggal, maka seleksi berdasarkan usia paling tinggi CPDB dan jika masih terdapat kesamaan, selanjutnya menggunakan waktu pendaftaran.
  4. Apabila terdapat ketidaksamaan data pada aplikasi PPDB dengan dokumen Kartu Keluarga (KK) akan difasilitasi untuk penyesuaian data pada sistem PPDB Online
  5. Mekanisme Pendaftaran CPDB jalur Zonasi Kategori Inklusi dilakukan dengan penempatan pada SMPN penyelenggara Pendidikan Inklusi terdekat berdasarkan data alamat tempat tinggal calon peserta didik

SMP Jalur Prestasi

  1. PPDB jalur Prestasi dibagi menjadi 2 (dua) kategori berdasarkan :
    • Nilai Rapor Sekolah (NRS) atau;
    • Prestasi Perlombaan/Pertandingan.
  2. Pendaftaran CPDB jalur Prestasi dilakukan secara online.
  3. Bagi CPDB yang sudah mendaftar pada jalur Prestasi NRS tidak dapat mendaftar pada jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan.
  4. Bagi CPDB yang sudah mendaftar pada jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan tidak dapat mendaftar pada jalur Prestasi NRS.
  5. CPDB jalur prestasi yang dinyatakan diterima, dapat mengajukan pengunduran diri melalui sistem online.

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

  1. CPDB jalur Prestasi NRS dapat mendaftar pada 2 (dua) pilihan SMPN di dalam atau di luar wilayah Zonasi.
  2. Seleksi CPDB jalur prestasi NRS dilakukan dengan menyusun peringkat pada NRS CPDB.
  3. Apabila terjadi kesamaan NRS dari beberapa CPDB, maka prioritas akan diberikan kepada CPDB dengan nilai yang lebih tinggi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jika masih terdapat kesamaan, maka menggunakan nilai mata pelajaran Matematika. Jika masih terdapat kesamaan, selanjutnya menggunakan nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
  4. Apabila masih terdapat kesamaan, maka prioritas akan diberikan kepada CPBD yang mendaftar lebih awal.

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

  1. Jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan, terdiri dari Perlombaan / Pertandingan Akademik dan Perlombaan / Pertandingan Non Akademik
  2. CPDB jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan dapat mendaftar pada 2 (dua) pilihan SMPN di dalam atau di luar wilayah Zonasi.
  3. Sistem PPDB jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan akan menampilkan daftar Sekolah sesuai dengan Sekolah penerima jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan.
  4. Persyaratan CPDB jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan Akademik dan Non Akademik harus mengunggah :
    1. KK penduduk Kota Surabaya yang asli/ fotokopi legalisir;
    2. Piagam/sertifikat kejuaraan yang asli/ fotokopi legalisir;
    3. fotokopi surat ijin/keterangan dari sekolah/club/ instansi yang memberangkatkan pada saat mengikuti Perlombaan/Pertandingan; dan
    4. foto penyerahan hadiah/piala/medali kejuaraan.
  5. Kejuaraan pada jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan Akademik dan Non Akademik yang diakui adalah kejuaraan yang diraih/diperoleh paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB tahun berkenaan.
  6. Kejuaraan pada jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan Non Akademik terdiri dari jalur Prestasi Non Akademik kategori Perlombaan/Pertandingan Olahraga dan jalur Prestasi Non Akademik kategori Perlombaan/Pertandingan Non Olahraga.

PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

  1. Ketentuan penerimaan peserta didik baru jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan Akademik dan non akademik adalah peserta didik baru yang memiliki prestasi tingkat Internasional, Nasional, Provinsi, dan Kab/Kota.
  2. CPDB jalur Prestasi Non Akademik kategori Perlombaan/Pertandingan Olahraga terdaftar dalam Surat Keputusan Pemberian Penghargaan kepada Atlet dan Pelatih Yang Berprestasi dan Berdedikasi dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya dan/atau Surat Keputusan dari Dinas Pendidikan dikecualikan terhadap prestasi dengan kategori terbuka/open tournament.
  3. CPDB jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan Akademik dan Non-Akademik yang telah mendaftar secara online, akan dilakukan proses verifikasi administrasi dan teknis oleh Dinas Pendidikan secara online.
  4. Seleksi CPDB jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan dilakukan dengan melakukan skoring terhadap prestasi Perlombaan / Pertandingan / pertandingan yang diraih.
  5. Penilaian skor jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan dihitung berdasarkan bobot nilai dikalikan dengan jumlah prestasi yang dimiliki.
  6. Apabila skor jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan memiliki jumlah sama, maka prioritas diberikan kepada CPDB yang mendaftar lebih awal

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

SMP Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua

  1. Pendaftaran CPDB jalur Perpindahan Tugas Orang Tua dilakukan secara online.
  2. Terhadap CPDB jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, dilakukan verifikasi data untuk mengetahui kebenaran data yang telah dimasukkan oleh CPDB pada sistem online.
  3. CPDB yang dinyatakan diterima dan tidak daftar ulang sampai batas waktu yang ditetapkan maka dinyatakan mengundurkan diri.
  4. Pendaftaran CPDB jalur Perpindahan Tugas Orang Tua jenjang SMPN dilakukan dengan melampirkan dokumen asli/ fotokopi legalisir sebagai berikut :
    1. Surat Keputusan Pindah Tugas atau dokumen lain yang sejenis;
    2. KK dimana CPDB tercantum;
    3. surat tanda bukti pendataan penduduk Non Permanen; dan
    4. Ijazah dan SHUS Lulusan SD atau sederajat.
  5. CPDB SMPN Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua hanya dapat memilih 1 (satu) sekolah sesuai dengan Zonasi yang telah ditetapkan berdasarkan alamat tempat tinggal.
  6. Seleksi CPDB SMPN Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua berdasarkan jarak antara Sekolah dengan alamat tempat tinggal dan apabila terdapat kesamaan jarak antara Sekolah dengan alamat tempat tinggal, maka prioritas diberikan kepada CPDB yang mendaftar lebih awal.

Jalur Pendaftaran PPDB SMP Kota Surabaya 2020 2021.

Ketentuan Tentang Pagu Calon Peserta Didik

  1. Jumlah daya tampung penerimaan peserta didik baru pada jalur Zonasi paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari pagu sekolah.
  2. Jumlah daya tampung penerimaan peserta didik baru pada jalur Mitra Warga paling sedikit 15% (lima belas persen) dari pagu sekolah.
  3. Jum lah daya tampung penerimaan peserta didik baru pada jalur Perpindahan Tugas Orang Tua paling banyak 5% (lima persen) dari pagu sekolah.
  4. Jumlah daya tampung penerimaan peserta didik baru pada jalur prestasi (tentatif) 30% (tiga puluh persen) dari pagu sekolah.
  5. Bagi CPDB anak Guru bisa mendaftar pada 1 (satu) Sekolah di dalam Zonasi sesuai dengan alamat tempat tinggal.
  6. Apabila pagu jalur Perpindahan Tugas Orang tua tidak memenuhi ketentuan, maka sisa pagu jalur Perpindahan Tugas Orang tua akan digunakan bagi anak Guru yang masih aktif mengajar dan memiliki KK Kota Surabaya berdasarkan prestasi NRS untuk CPDB SMP dengan sistem perangkingan.
  7. CPDB anak Guru adalah CPDB yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan SD di Kota Surabaya dan memiliki KK Kota Surabaya untuk jenjang SMP.
  8. CPDB harus tercacat dalam satu (1) KK bersama Orang Tua yang berprofesi sebagai Guru sesuai dengan ketentuan administrasi kependudukan.
  9. Apabila terdapat sisa pagu pada jalur prestasi Perlombaan/Pertandingan/Pertandingan, maka sisa pagu dimaksud akan digunakan untuk menambah pagu jalur prestasi NRS.
  10. Apabila terdapat sisa pagu pada jalur prestasi NRS, maka sisa pagu dimaksud akan digunakan untuk menambah pagu jalur Zonasi.
  11. Apa bila jumlah CPDB pada jalur Mitra Warga melebihi pagu yang telah ditentukan maka pagu jalur Zonasi dan/ atau pagu jalur Prestasi akan dikurangi dan dialihkan ke jalur Mitra Warga.

Pengumuman dan Ketentuan Peserta Didik

  1. CPDB dinyatakan dapat diterima sebagai Peserta Didik Baru secara sah apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut :
    1. CPDB telah dinyatakan diterima melalui pengumuman di masing–masing sekolah di mana yang bersangkutan namanya tercantum dalam lembar pengumuman yang telah disahkan oleh Dinas Pendidikan;
    2. CPD B telah melakukan daftar ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan; dan
    3. bagi CPDB yang dinyatakan diterima dan tidak daftar ulang sampai batas waktu yang ditetapkan maka dinyatakan mengundurkan diri.
  2. Penetapan peserta didik baru dilakukan berdasarkan hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh Kepala Sekolah dan ditetapkan melalui Keputusan Kepala Sekolah.

Ketentuan dan Pengisian Pemenuhan Pagu

  1. Penerimaan CPDB untuk Pemenuhan Pagu dilaksanakan setelah Daftar Ulang Penerimaan CPDB.
  2. Pemenuhan Pagu adalah pagu pendaftaran yang tidak diisi oleh CPDB yang dinyatakan diterima, sampai batas waktu daftar ulang yang telah ditetapkan.
  3. Mekanisme pengisian pemenuhan pagu CPDB SMP jalur Zonasi adalah CPDB yang tidak diterima pada sekolah pilihannya akan diranking ulang untuk pemenuhan pagu sesuai dengan sekolah pilihannya.

Jadwal dan Syarat Daftar PPDB SMP Negeri Kota Surabaya 2020 2021.

Demikian informasi ini, Semoga anda pembaca dan pengunjung setia blog ini yang mendaftar ini bisa lulus. Aamiin

Terimakasih kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda.

Berikan komentar anda dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga anda yang membutuhkan informasi ini

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca Juga :

Loading...

Jadwal Syarat dan Cara Pendaftaran PPDB SMP 2020.

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PPDB tahun 2020 2021.

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Online.

Leave a Reply