Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS, cara lulus tes kesehatan CPNS, trik jitu lulus tes CPNS.

Tipssehatcantik.com – Pedoman dan Cara agar lulus dan sukses tes kesehatan CPNS, berisi panduan dan tips jitu dalam melakukan test kesehatan CPNS.

Petunjuk dan cara mengikuti tes kesehatan atau tes pantokir CPNS 2018, Jadwal CPNS 2018 masih ditunggu.

Tentunya bagi anda yang sudah lulus SKB CPNS, untuk melengkapi pemberkasan sebagai salah satu syarat adalah adanya hasil tes kesehatan.

Baca juga :

Panduan dan Tips Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS.

Pengumuman Hasil Tes SKD Seleksi Kompetensi Dasar CPNS semua Instansi.

Tes ini pada prinsipnya adalah merupakan rangkaian tes yang ditujukan untuk mengukur kesehatan jasmani masing masing peserta.

Dalam Tes ini, setiap peserta akan diperiksa kesehatan oleh dokter professional yang telah ditunjuk.

Sebelum melakukan tes kesehatan perbanyak konsumsi Air putih karena sangat berguna bagi tubuh anda pada saat tes kesehatan.

Biasanya disarankan untuk berpuasa selama 10-12 jam sebelum tes kesehatan, dan biasanya Saat puasa anda hanya boleh minum air putih dan tidak ada makan dan minuman bergula atau sebagainya.

Berikut adalah Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS dan rangkaian dari masing masing tes kesehatan tersebut :

1. Tes Darah

Selain mengetahui golongan darah, tes darah juga mampu memastikan penyakit yang diderita.

Tes Tensi darah adalah merupakan untuk mengukur kesehatan tekanan darah dan denyut jantung peserta tes. Untuk idealnya tes ini adalah meiliki hasil tes 120/80. Dimana 120 adalah untuk tekanan sistolik dan 80 adalah untuk hasil tekanan diastolik.

Peserta yang memiliki tekanan darah tidak normal atau darah tinggi, sudah bisa dipastikan akan gugur dalam tes ini. Tes ini salah satunya bertujuan untuk mengetahui dan menilai sistem kardiovaskular dari masing masing peserta.

Tips dalam menghadapi tes tensi darah, tiap peserta diusahakan jangan terlalu kelelahan dan jangan terlalu tegang. Sehari sebelumnya harus sudah beristirahat dengan waktu yang cukup. Dan yang paling penting jika anda adalah perokok, usahakan untuk tidak merokok sehari sebelum pelaksanaan tes. Jika ingin tekanan darah normal, hindari juga makan daging kambing sehari sebelumnya.

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS

  1. Pengukuran tinggi badan dan Berat Badan

Dalam tes ini setiap peserta seleksi cpns akan diukur mengenai tinggi dan berat badan. Peserta yang dipilih dalam tes ini adalah peserta yang memiliki berat badan dan tinggi badan yang ideal.
Pengukuran tinggi badan saat medical check up biasa dilakukan jika ingin masuk TNI atau POLRI. Beberapa instansi memiliki standar tinggi masing-masing.

Admin bagikan cara mengetahui bahwa tinggi badan ideal dengan berat badan ?
Rumusnya sebagai berikut :
(Rumus Ideal = Tinggi Badan – 110 = Berat Badan)
atau rumusnya adalah
TB – 110 = BB

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS

3. Tes kESEHATAN Mata

Berfungsi untuk mengetahui kesehatan mata tes akan dilakukan secara bergantian menggunakan huruf, angka dan warna.
Penderita buta warna dipastikan akan gugur dalam rangkaian tes ini.

Peserta akan diperlihatkan angka atau huruf dengan jarak tertentu, dimana tiap peserta harus bisa menyebutkan angka atau huruf yang dimaksud dengan benar dan jelas. Dalam tes ini mata yang di tes adalah satu persatu, dimana disaat ditanya, tiap peserta menjawab dengan satu mata dan mata yang lainnya ditutup dengan tangan.

Ada Tipsnya dalam menghadapi tes ini yaitu, disaat tangan menutup mata usahakan mata jangan terlalu menekan ke mata yang ditutupi – karena jika mata terlalu tertekan, maka saat di lepas pandangan akan terlihat blur.

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS

4. Pendengaran
Tes pendengaran: tes dengan earphone dan menekan tombol yang berbentuk microphone, sebagai tanda kamu mendengar suara.

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS
5. Penciuman

Tes penciuman: mata akan ditutup dan diminta mencium beberapa benda lalu menyebutkan benda tersebut.

6. Tes Urine

Tes urine bisa mengetahui fungsi ginjal dan mendeteksi penyakit-penyakit seperti diabetes, hepatitis, dll. Air urin yang sehat yaitu yang memiliki warna bening dan tidak keruh.

Pada Umumnya untuk tes urin Anda dianjurkan “puasa mutih” selama 10-12 jam sebelum tes kesehatan. Saat puasa Anda hanya boleh minum air putih. Tidak ada makan dan minum minuman bergula atau sebagainya. Puasa jangan lebih dari 14 jam, perhatikan dengan baik ketentuan yang diberikan.

Penting untuk diperhatikan. Tes urin biasanya dilakukan di kamar kecil yang telah ditentukan  yang dijaga oleh petugas di dalamnya. Petugas penjaga disesuaikan dengan jenis kelamin peserta. Hal ini untuk mencegah peserta curang dengan membawa air jernih maupun urin orang lain dari luar laboratorium. Jadi Anda harus mengantri dengan peserta lain walaupun Anda sudah ingin buang air kecil. Apabila Anda tidak bisa buang air kecil, minumlah air mineral/air putih sebanyak-banyaknya.

7. Tes Paru-Paru

Agar lulus tes paru-paru, maka sebaiknya berhenti merokok sehingga paru-paru terdeteksi sehat.

8. Tes Rontgen

Tes ini menggunakan sinar rontgen dan melihat kesehatan tubuh bagian dalam. Maka, pastikan tidak merokok 1 minggu sebelum tes dan hirup udara segar di pagi hari.

9. Tes Umum

Di tes ini, biasanya kamu akan disuruh berbaring ke tempat tidur yang disediakan, lalu mata, mulut, telinga dan hidung akan di cek. Dokter juga akan mengecek perut kita.

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS

Beberapa orang memberikan saran untuk menghafal susunan huruf yang biasa digunakan untuk tes mata. Namun saran ini sulit karena petugas akan mengacak hurufnya apabila ditampilkan dengan menggunakan LCD Proyektor. Sebaiknya Anda jalani tes dengan kemampuan Anda sebenarnya.

Keseluruhan tes kesehatan tersebut dilakukan secara acak dan tergantung perintah dari petugas. Tes kesehatan dapat bervariasi/berbeda/dikurangi/ditambah.

Yang Dilakukan Sebelum Tes Kesehatan :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan jus buah minimal 2 minggu sebelum jadwal test kesehatan
  2. Hindari makanan kolesterol, gorengan, dan makanan berlemak
  3. Perbanyak minum air putih minimal 3 liter sehari
  4. Berolahraga, tidak harus yang berat/ fitness, cukup dengan jogging tiap hari
  5. Hindari rokok dan alkohol
  6. Tidur minimal 8 jam sehari (maksimal pukul 22.00)
  7. Tidak begadang minimal 1 minggu sebelum jadwal test kesehatan anda.
  8. Ini banyak yang lupa, susu memang bagus dan sehat,tapi lihatlah terlebih dahulu kandungan Lemaknya. Jadi jauhilah susu full cream dan minumlah susu low fat
  9. Usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun maximal 3 hari sebelum jadwal test kesehatan anda
  10. Hindari makanan pedas
  11. Usahakan diri anda sehat dan  upayakan ketika hari H jadwal test anda
  12. Iringi dengan Berdoa !!!

Panduan dan Tips Jitu Sukses Lulus Tes Kesehatan CPNS

Demikian informasi ini, Silahkan melakukan pengecekan secara berkala pada web resmi BKN.go.id sehingga jika ada infromasi terbaru, anda tetap bisa mengikuti.

Kami tunggu partisipasi anda untuk setiap informasi yang berkaitan dengan Jadwal dan Lokasi Ujian Seleksi Kompetisi Dasar CPNS 2017.

Berikan komentar untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan, kontribusi anda dalam berkomentar akan sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tersedia juga informasi mengenai :

Leave a Reply