Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017.

Tipssehatcantik.com – Tips Sukses seleksi wawancara CPNS dan panduan Tata cara seleksi wawancara agar lulus SKB seleksi kompetensi bidang.

Tip jitu dan petunjuk untuk lulus tes wawancara seleksi CPNS 2018, Jadwal seleksi wawancara CPNS 2018.

Bagi anda yang sudah dinyatakan lulus SKD Seleksi Kompetensi dasar tibalah saatnya untuk mempesiapkan diri menghadapi SKB Seleksi Kompetensi Bidang.

Baca juga : Kumpulan Contoh Soal Psikotest dan Latihan Soal CPNS untuk menghadapi Ujian online dan Psikotes.

Contoh Soal Ujian SKB Psikotes Pendamping SDM PKH Kementerian Sosial Tes Kompetensi Bidang TKB Seleksi SDM PKH 2017.

Salah satu bagian dari SKB adalah Seleksi Wawancara, yang biasanya dilakukan setelah SKB Bidang lainnya.

Apa dan kenapa ada SKB Wawancara ? Jadi sebenarnya Wawancara dapat diartikan sebagai proses tanya jawab secara lisan antara dua orang atau lebih secara langsung.

Sedangkan Fungsi dan tujuan dari wawancara, antara lain sebagai berikut.

  1. Untuk mendapatkan data atau keterangan dari yang diwawancara (interview)
  2. Sebagai pelengkap teknk pengumpulan data lainnya
  3. Untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya

Dari penjabaran tersebut dapat diketahui maksud dan tujuan diadakannya SKB Wawancara.

Adapun Petugas atau tim penguji tes wawancara seleksi penerimaan CPNS atau biasa disebut pewawancara (interviewer) merupakan psikolog yang sudah berpengaalaman di bidangnya.

Hal ini dimaksudkan agar diperoleh peserta yang lulus SKB Wawancara dengan kualitas Super dan terbaik.

Admin sarankan, bagi anda yang termasuk salah satu peserta SKB CPNS 2017, siapkan diri anda sebaik-baiknya. Bekali dengan banyak informasi yang berhubungan dengan bidang anda dan instansi yang anda lamar.

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Salah satu trik wawancara adalah detail gerak gerik pelamar dan jawaban yang diungkapkan oleh pelamar akan selalu dinilai oleh pewawancara.

Sikap dan ucapan pelamar saat diwawancarai harus benar-benar dijaga.

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Materi Pertanyaan yang diajukan biasanya tertuju pada kepribadian pelamar sehari-hari, bidang pekerjaan yang dilamar, etos kerja, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah (problem solving).

Tes Wawancara merupakan seleksi terakhir sebelum peserta tes CPNS dinyatakan lulus ujian. Jadi peserta harus serius menyiapkannya, karena akan sangat disayangkan apabila setelah melalui rangkaian seleksi yang cukup panjang dan berat, peserta ujian tidak lolos dalam tes wawancara.

Berikut ini Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017 dan beberapa tips sukses lolos seleksi kompetensi bidang wawancara CPNS 2017 yang dapat Anda praktekkan untuk dapat lulus tes wawancara.

Berusaha untuk tenang dan menguasai diri. Kepanikan, rasa cemas, grogi, hanya akan membuat konsentrasi Anda dalam menjawab pertanyaan menjadi hilang dan jawaban yang Anda berikan tidak maksimal.

Sampaikan jawaban sesuai dengan gaya bicara dan karakter Anda sehari-hari. Ucapan dan bahasa tubuh Anda dalam menjawab pertanyaan jangan terlalu dibuat-buat, karena tidak mencerminkan karakter pribadi Anda.

Berempati, yaitu berupaya memahami dan menjawab pertanyaan secepat mungkin. Anda dapat menambahkan contoh-contoh atau cara-cara penyelesaian suatu masalah sesuai topik yang ditanyakan.

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Berilah jawaban yang logis dan masuk akal. Jangan memberikan jawaban yang sifatnya berandai-andai dan tidak realistis.

Tunjukkan mimik wajah yang ramah. Berusahalah untuk selalu menampilkan senyuman kepada pewanwancara dalam setiap menjawab, meskipun Anda belum bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Selanjutnya admin akan bagikan beberapa Contoh pertanyaan yang sering muncul dalam tes wawancara CPSN antara lain sebagai berikut.

  • Apabila Anda diterima bekerja sebagai aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian … / Badan … , maka Anda pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam bekerja. Menurut Anda, apa kelebihan dan kekurangan Anda!

Perhatikan :

Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mendalami karakter pribadi peserta ujian. Anda harus benar-benar jujur dalam menjawab sesuai dengan keadaan Anda yang sebenarnya. Interviewer dapat dengan mudah mengetahui tingkat kebenaran Anda dalam menjawab pertanyaan wawancara.

  • Coba Anda ceritakan secara singkat latar belakang pendidikan Anda, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman Anda dalam bekerja!

Perhatikan :

Pertanyaan ini untuk mengetahui kualifikasi pendidikan Anda dan juga seberapa besar kompetensi sosial yang Anda miliki, sehingga dapat disimpulkan Anda termasuk dalam pribadi yang aktif atau kah pasif di masyarakat.

  • Coba Anda deskripsikan profil Kementerian …./ Badan …. sebagai tempat Anda bekerja nantinya!

Perhatikan :

Pertanyaan tersebut untuk mengetahui seberapa besar pemahaman Anda terhadap instansi pemerintah yang Anda pilih untuk bekerja nantinya. Anda dapat melihat dan mempelajari profil instansi pemerintah yang Anda tuju melalui web resmi yang disediakan. Pahami juga visi dan misi masing-masing kementerian atau lembaga.

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

  • Apakah Anda memahami kode etik profesi yang harus Anda laksanakan nantinya sebagai seorang aparatur sipil negara?

Perhatikan :

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Anda memahami tanggung jawab terhadap profesi yang akan Anda laknsakana nantinya.

Kode etik masing-masing jabatan berbea-beda, sehingga Anda perlu memahami kode etik profesi yang Anda pilih.

  • Apa motiviasi Anda menjadi Pegawai Negeri Sipil, padahal Anda tahu gaji Pegawai Negeri Sipil tidaklah besar! bisa di singkat Alasan anda mengapa memilih masuk atau mendaftar CPNS (misal Kemenkumham).

Perhatikan :

Pertanyaan tersebut untuk mengungkap apa sebenarnya tujuan Anda mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Berikan jawaban yang memiliki kesan positif, misalnya untuk ikut berkontribusi memajukan bangsa dan negara.

  • Apakah Anda bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia?

Perhatikan :

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Anda menjadi apratur sipil negara. Anda harus menjawab “ya”, untuk pertanyaan tersebut. Hal ini sebagai bukti bahwa Anda benar-benar siap menjadi PNS dengan segala konsekuensi dan tanggung jawabnya.

  • Untuk pertanyaan Tes wawancara CPNS Kemenkumham biasanya juga ada materi Kriminologi, kemudian alasan mengapa memilih Ditjen Pemasyarakatan.
  • Pengetahuan tugas dan fungsi Ditjen Pemasyarakataan dan hal-hal yang berhubungan dengan Lapas

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Kemudian admin juga akan bagikan beberapa pertanyaan dan tip trik Seleksi wawancara CPNS yang diambil dari beberapa sumber, antara lain :

Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan yaitu:
1. Apa latar belakang anda ikut tes ini?
(jelaskan saja mengapa anda ingin ikut, apapun alasannya).

2. Mengapa anda ingin menduduki posisi ini?
(jawaban untuk pertanyaan ini biasanya standar, misalnya sesuai dengan jurusan anda).

3. Kalau anda diterima, apa yang akan anda berikan dalam instansi ini?
(untuk jawaban pertanyaan ini sebenarnya, jangan terlalu over jawabannya, misalnya saya mau memperbaiki sistem yang sudah bobrok lah, ini lah bla bla…

Jawablah misalnya saya akan melakukan apa yang telah dibebankan atau ditugaskan kepada saya dan saya akan melakukan tugas saya sebaik-baiknya, gitu. Hehehe)

4. Gaji PNS kan kecil, apa anda yakin cukup?
(pertanyaan ini menjebak, jawab saja, semua penghasilan itu perlu progres, jadi untuk sementara biasa saja dengan gaji yang kecil. Jangan jawab: uang gaji yang minim ini untuk bantu orang tua, saudara dan sejenisnya, logikanya masa dengan gaji minim mau ini itu!)

5. Sebutkan kelebihan dan kekurangan anda?

(sebenarnya ini juga pertanyaan jebakan, untuk pertanyaan ini, perlu diperhatikan, JAWABAN HARUS MENDUKUNG, JANGAN ADA ANTINOMI, misalnya anda periang tapi pemurung, kan ini bertolak belakang! Hehehe…

lalu yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana kita membuat kekurangan kita tertutupi, misalnya anda pelupa, bisa saja anda katakan pelupa, tapi untuk hal ini saya selalu membuat catatan kecil di ponsel anda).

Pertanyaan lainnya biasanya berkembang antara anda dan di pewawancara, namun semuanya pertanyaan yang simpel dan memerlukan jawaban yang lugas dan simpel juga, variasi pertanyaan lainnya yaitu :

ceritakan tentang diri anda, disini anda tidak perlu cerita mengenai masa kecil anda yang perlu anda ceritakan yaitu anda anak ke berapa, terus tingkat atau jenjang pendidikan anda, mengapa anda memilih jurusan itu dan sebagainya…

Namun, yang PALING PENTING adalah untuk percaya pada kemampuan diri sendiri, JAWAB SESUAI DENGAN APA YANG ANDA FIKIRKAN, jangan berusaha untuk menjadi orang lain, dan yang pasti kalau pekerjaan itu sesuai dan REJEKI ANDA, yakinlah kalau REJEKI TAK AKAN TERTUKAR.

Semua telah ditentukanNYA, yang perlu kita lakukan hanyalah berusaha maksimal sesuai dengan kemampuan anda…

(Dari pengalaman pribadi saya yang telah beberapa kali GAGAL di tes wawancara, semoga dapat menjadi referensi bagi anda. Wallahu ‘alam bisshawab)
Semoga tulisan ini bisa membantu anda, hehehe…

Sumber:
Rahmattullah RZ/PENGALAMAN PRIBADI.

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Kemudian ada lagi, silahkan anda baca :

         Ceritakan pada kami tentang diri Anda.

Sebenernya ga ada jawaban pakem sih. Tapi kamu bisa ceritakan tentang kegiatan terakhir, pendidikan, sejarah kerja, atau pengalaman kerja terakhir

–          Apa motivasi Anda menjadi PNS?

Pahami bagaimana sebenarnya kinerja PNS dan apa pekerjaannya. Lebih baik tidak menyinggung mengenai materi yang akan diterima jika menjadi PNS

–          Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini?

Jawablah dengan keahlian / pengalaman kerja kamu yang sesuai / berhubungan dengan bidang yang kamu lamar. Jika belum punya, katakan terus terang. Katakan juga bahwa kamu memiliki keinginan untuk belajar, juga mampu menjadi pembelajar cepat

–          Apa kelebihan Anda?

Sebutkan kemampuan –kemampuan kamu yang bisa mendukung lembaga / instansi, atau bidang yang dilamar

–          Apa kelemahan Anda?

Jawablah kelemahan kamu, serta usaha yang telah kamu lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut

–          Posisi ini menuntut Anda untuk siap ditempatkan dimana saja, juga sering berpindah-pindah, apakah Anda siap melakukannya?

Kementerian dengan jumlah rekrutan besar atau banyak biasanya akan selalu seperti ini. Ada Surat Penyataan bermeterai yang menyatakan bahwa kamu siap ditempatkan dimana saja. Jadi jika kamu yakin, siapkan mentalmu dan keluargamu sebelum menjawab siap.

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

–          Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sebelumnya?

Jawab dengan jujur namun singkat dan jelas, jangan menceritakan konflik pribadi dengan perusahaan sebelumnya (jika memang ada)

–          Jawaban Anda di pertanyaan sebelum ini, dapat membuat pewawancara menanyakan hal ini: “Kalau Anda dapat meninggalkan perusahaan sebelumnya karena alasan tersebut, apakah itu berarti Anda dapat meninggalkan lembaga / instansi ini dengan alasan yang sama?”

Be wise ..

–          Apa pendapat rekan kerja Anda terhadap diri Anda?

Jawablah dengan komentar yang dapat menunjang karir kamu

–          Apa target jangka panjang Anda?

Sebaiknya kamu mengetahui rencana dan target lembaga / instansi tersebut, sehingga dapat memberikan jawaban target jangka panjang kamu terkait lembaga / instansi tersebut. Namun jawaban dapat tidak terbatas pada satu hal tersebut saja

–          Apakah ada pertanyaan untuk kami?

Siapkan pertanyaan untuk menunjukkan antusiasme kamu. Dapat juga tentang deskripsi pekerjaan yang akan kamu jalani

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan saat tes wawancara, yang saat saya melakukan tes wawancara tidak ditanyakan, namun masih mungkin muncul jika saya diwawancarai oleh pewawancara yang lain.

Mendapatkan jatah pewawancara yang mana juga menentukan pertanyaan yang akan diajukan juga nilai yang akan didapat, banyak-banyak berdoa ya ..

–          Apa yang Anda ketahui tentang lembaga / instansi ini?

Luangkan waktu untuk berusaha mencari tahu mengenai lembaga / instansi tersebut, teknologi atau kebijakan terbaru yang dijalankan, tunjukkan juga bahwa kamu memiliki keinginan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai lembaga / instansi tersebut

–          Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan kami?

Sebutkan 3 sampai 4 hal menarik tentang lembaga / instansi tersebut, juga dengan pekerjaan yang kamu lamar

–          Mengapa Anda berpikir bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini?

Ceritakan kelebihan-kelebihan kamu, semacam jual diri-lah, in a good way ya i mean :p

–          Apakah Anda bisa bekerja dalam satu tim?

Jawablah “ya” dengan menyertakan pengalaman kamu saat bekerja sama dengan banyak orang

–          Yang mana yang Anda pilih, bekerja secara tim atau secara individu?

Akan lebih baik jika kamu dapat meyakinkan pewawancaranya bahwa kamu bagus di keduanya

–          Posisi ini menuntut Anda untuk banyak melakukan perjalanan. Apakah Anda bersedia melakukannya?

Pikirkan baik-baik jawabannya ya. Lebih baik tidak menjawab “ya” jika kamu memang tidak sanggup

–          Apakah Anda siap bekerja dengan informasi minim? Apa yang Anda lakukan?

Berikan jawaban yang menunjukkan bahwa kamu mampu, juga antisipasi apa yang kamu lakukan untuk menghadapinya

–          Apakah Anda merasa diri Anda sukses?

Jawablah “ya”, ceritakan dengan singkat alasannya. Bahwa Anda telah menetapkan target hidup, dan ceritakan sebagian yang telah tercapai. Bahwa saat ini Anda telah berada di jalur yang tepat untuk meraih yang belum tercapai

–          Seberapa sukses yang Anda rasa telah Anda capai?

Berilah jawaban yang positif dan percaya diri, namun tidak berlebihan

–          Apa yang Anda lakukan saat jenuh atau stuck karena dikejar deadline?

Masing-masing punya cara untuk mengatasi hal ini. Ceritakan kebiasaanmu yang ampuh untuk mengatasinya

–          Apakah Anda pernah merasa gagal?

Jika memang iya, yakinkan bahwa kamu mampu bangkit

–          Apakah Anda sudah merasa bermanfaat dalam menjalani hidup?

Pertanyaan ini dapat memiliki konteks luas. Dapat mengenai hal-hal yang kamu lakukan untuk keluarga terdekat, atau juga lingkungan sekitar

–          Pada pekerjaan Anda sebelumnya, apa yang paling berkesan menurut Anda?

Deskripsikan hal yang kamu sukai tentang pekerjaan kamu sebelumnya, hindari menceritakan masalah pribadi

Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

Demikian informasi tentang Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017.

Silahkan melakukan pengecekan secara berkala pada web resmi BKN.go.id sehingga jika ada infromasi terbaru, anda tetap bisa mengikuti.

Kami tunggu partisipasi anda untuk setiap informasi yang berkaitan dengan Jadwal dan Lokasi Ujian Seleksi Kompetisi Dasar CPNS 2017.

Berikan komentar untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan, kontribusi anda dalam berkomentar akan sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tersedia juga informasi mengenai hasil Tes ujian CAT SKD Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2017

10 Replies to “Panduan dan Trik Sukses Lulus SKB Wawancara CPNS 2017

  1. Keren. Terima ksh ya mas sdh berbagi pengalaman. Sy sgt terbantu sehingga bs mempersiapkan diri kalau lolos SKD. Walau masnya gagal CPNS, namun mas sdh menjadi berkat bagi kami dan pastinya sy merasa masnya jg ingin kami berhasil krn sdh mau berbagi.

  2. Terima kasih banyak atas tips dan sarannya, sangat membantu membuka pikiran sy dan mempersiapkan diri apabila nanti berkesempatan untuk lanjut di SKB. Sekali lagi terima kasih banyak, semoga Allah membalas kebaikannya..

  3. Sambil baca smbil mikir jg cr2 jwbn kali aja pertanyaannya sama apabila nti lanjut ke SKB hehe..
    Terimakasih y kak atas info tips & triknya,,smg Allah membalas kebaikan nya

  4. Terima kasih banyak untuk info & sarannya~
    Sangat membantu…

    Semoga Allah membalas kebaikan anda…

    Salam hangat

  5. trimakasih, sangat bermanfaat. semoga tahun ini saya jadi rizki saya lulus ttkd dan tkb. aamiin

  6. Kalau pertanyaannya mengenai isu yg trjadi dan bgaimana menanggapinya apa jwbn yg kira2 baik ya min?

Leave a Reply