Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi

Tipssehatcantik.com – Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham dan Semua Instansi merupakan batasan penentu kelulusan peserta seleksi CPNS.

Fungsinya jelas, sebagai pedoman awal bagi nilai peserta apakah termasuk masih termasuk dalam ambang batas nilai yang ditentukan.

Sedangkan passing grade atau nilai ambang batas tersebut ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birrokrasi (MenPANRB).

Passing grade ini sudah berlaku untuk yang sejak seleksi CPNS tahap I di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Seleksi CPNS Mahkamah Agung. Kemudian Passing grade ini juga berlaku untuk seleksi CPNS seluruh instansi yang dibuka pada tahap II pada 61 instansi pemerintah.

Dengan adanya passing grade ini sebenarnya bisa membantu peserta seleksi CPNS untuk menyiapkan diri. Perbanyak latihan dan coba dilihat berapa nilai yang diperoleh dari latihan tes tersebut.
Bila ternyata sudah masuk dalam nilai Passing grade maka bisa dipertahankan dan ditingkatkan, tetapi ternyata saat latihan nilainya masih dibawah passing grade maka anda bisa lebih giat lagi belajarnya.

Menurut admin banyak nilai positif dari standar passing grade yang sudah diumumkan ke publik ini.
Terlebih lagi Ujian CPNS pada Seleksi Kompetensi Dasar saat ini menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) akan dilaksanakan secara intregratif dalam penerimaan CPNS tahun 2017 ini.

Melalui sistem CAT ini, maka peserta ujian CPNS akan dapat langsung melihat nilai tesnya di hari yang sama pada saat pelaksanaan ujian. Hal tersebut sesuai dengan salah satu prinsip penerimaan CPNS, yaitu transparan.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi
Berikut ini penjelasan resmi dari Pemerintah mengenai Passing Grade kelulusan CPNS Kemenkumham dan Instansi Lainnya.

Melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) no 22/2017, pemerintah menetapkan nilai ambang batas (passing grade) seleksi kompetisi dasar (SKD) CPNS tahun 2017. Passing grade tahun ini 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi
Demikian dikatakan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Senin (11/09). “Untuk bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya, peserta SKD CPNS harus melewati passing grade tersebut,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, tidak semua yang lolos passing grade bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk satu jabatan, hanya ada tiga peserta yang lolos passing grade, yakni yang memiliki rangking tiga besar.

Jadi kalau ada sepuluh orang yang lolos passing grade pada satu jabatan, maka tujuh orang lainnya terpaksa tidak dapat ikut seleksi tahap berikutnya, jelas Herman.

Ditambahkan, seorang peserta yang mendapat nilai tinggi sekalipun, belum tentu lolos kalau ada salah satu dari ketiga kelompok soal yang nilainya di bawah ambang batas. Sebaliknya, meski secara keseluruhan nilainya hanya 298, kalau memenuhi ambang batas tiga kelompok soal, dia tetap lolos passing grade.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi
Karena itu, Herman mengimbau agar peserta seleksi lebih cermat dalam mengerjakan soal tes dengan sistem Computer Assissted Test (CAT). “Jangan sampai hanya mengejar jumlah nilai dari salah satu atau sebagian kelompok soal, tetapi pada kelompok soal lain skornya di bawah passing grade,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa passing grade ini tidak berlaku untuk peserta seleksi pada jalur khusus, yakni cumlaude, putra-putri Papua/Papua Barat non calon hakim, serta bagi peserta dari kelompok disabilitas. “Untuk ketiga kelompok itu akan menggunakan perangkingan,” imbuh Herman.

Selain itu, menurut Permen PANRB No. 22/2017 ini, untuk formasi jabatan Dokter Spesialis, Penerbang, Instruktur Penerbang, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, dan Penjaga Mercu Suar, termasuk formasi untuk Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten/Kota di wilayah Papua dan Papua Barat, hasil Seleksi Kompetensi Dasar didasarkan pada pemeringkatan/ rangking. (ags/HUMAS

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham dan Semua Instansi
Tiga bentuk soal tes dalam dalam tes kompetensi dasar yaitu soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

• Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) merupakan tes yang digunakan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta ujian CPNS dalam menerapkan nilai-nilai 4mpat Pilar Kebangsaan Indonesia. Materi Tes Wawasan Kebangsaaan meliputi :
1. Pancasila;
2. Undang Undang Dasar 1945;
3. Bhineka Tunggal Ika;
4. Negara Kesatuan Republik Indonesia;
5. Sistem Tata Negara Indonesia;
6. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah;
7. Sejarah Perjuangan Bangsa;
8. Peranan Bangsa Indonesia; dan
9. Kemampuan Berbahasa Indonesia.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi

• Tes Intelejensi Umum (TIU)
Tes Intelejensi Umum (TIU) adalah tes untuk mengukur kemamp;uan berpikir peserta ujian CPNS dalam menganalisa angka (numerik), bahasa (bahasa), serta berpikir logis dan analitis. Tes Intelejensi Umum meliputi :
1. Tes Analisa Verbal
– Persamaan Kata (Sinonim);
– Lawan Kata (Antonim);
– Padanan Hubungan Kata; dan
– Pengelompokan Kata.
2. Tes Analisa Numerik
– Hitungan (Aritmerik);
– Seri Angka;
– Seri Huruf;
– Logika Angka; dan
– Angka dalam Cerita.
3. Tes Logis dan Analitis
– Logika Umum;
– Analisa Pernyataan;
– Kesimpulan Silogisme; dan
– logika Cerita.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi

• Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan tes psikologi untuk meneliti karakter kepribadian peserta CPNS dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Materi soal Tes Karakteristik Pribadi meliputi :
1. Integritas Diri;
2. Semangat Berprestasi;
3. Orientasi pada Pelayanan;
4. Keterampilan Beradaptasi;
5. Kemampuan Mengendalikan Diri;
6. Keterampilan Bekerja Mandiri dan Tuntas;
7. Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan;
8. Kemampuan Bekerja Sama dalam Kelompok;
9. Menggerakkan dan Mengkoordinir Orang Lain;
10. Orientasi kepada Orang Lain; dan
11. Kreativitas dan Inovasi.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi

Pemerintah resmi tetapkan passing grade kelulusan CPNS tahun 2017 melalui Peraturan MenPANRB Nomor 22 tahun 2017.

No. Bentuk Soal Tes Passing Grade
1 Tes Wawasan Kebangsaaan (TKW) 75
2 Tes Intelegensia Umum (TIU) 80
3 Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143

Berdasarkan data passing grade masing-masing bentuk soal tes kompetensi dasar tersebut, maka dapat dihitung jumlah passing grade total untuk Tes Kompetensi Dasar penerimaan CPNS tahun 2017 = 75+ 80 + 143 = 298

Para peserta ujian CPNS juga perlu memahami bagaimana cara mengukur nilai ambang batas (passing grade) kelulusan CPNS tahun 2017.

Misalkan untuk penskoran soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menggunakan rentang 1 – 5, dan skor untuk soal Tes Intelegensia Umum serta Tes Karakteristik Pribadi masing-masing apabila jawaban salah skornya 0 (nol) dan jika benar, skornya 5 (lima). Kita akan bisa menghitung berapa jumlah minimal jawaban benar yang harus dicapai sebagai berikut.

• Minimal jumlah jawaban benar soal Tes Wawasan Kebangsaan = 75 : 5 = 15 soal
• Minimal jumlah jawaban benar soal Tes Intelegensia Umum = 80 : 5 = 16 soal
• Jumlah minimal jawaban benar soal Tes Karakteristik Pribadi = 143 : 5 = 29 soal

Jadi yang perlu diperhatikan bahwa kelulusan ujian tes kompetensi dasar tidak ditentukan oleh jumlah total nilai, tetapi ditentukan oleh ketercapaian passing grade untuk tiap-tiap bentuk soal tes.

Meskipun nilai total tes kompetensi dasar peserta ujain CPNS melebihi nilai total passing grade (298), tetapi ada satu nilai pada bentuk soal tes yang di bawah passing grade, maka peserta dinyatakan tidak lulus. Baca kembali : Mengukur Nilai Ambang Batas (Passing Grade) Kelulusan CPNS 2017.

Di dalam PermenPANRB Nomor 22 Tahun 2017 tersebut juga disebutkan bahwa nilai ambang batas (passing grade) tidak berlaku untuk peserta yang mendaftar pada jenis formasi :
• cumlaude/dengan pujian;
• disabilitas; dan
• putra/putri Papua dan Papua Barat tidak termasuk calon hakim.

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar akan ditentukan berdasarkan pemeringkatan/rangking. Untuk formasi jabatan Dokter Spesialis, Penerbang, Instruktur, Rescuer, Anak Buah kapal, Pengamat Gunung Api, dan Penjaga Mercusuar, termasuk formasi untuk Provinsi papua, Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten/Kota di wilayah Papua dan Papua Barat, maka hasil Seleksi Kompetensi Dasar juga didasarkan pada pemeringkatan.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi.

Demikian informasi tentang Passing Grade Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Kemenkumham Semua Instansi.

Silahkan melakukan update informasi CPNS secara online di portal CPNS SSCN.

Berikan komentar anda untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan, kontribusi anda sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih

Tersedia juga informasi mengenai hasil Tes ujian SKB Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2017

Pengumuman Hasil Tes SKB Seleksi Kompetensi Bidang Kesamaptaan CPNS KEMENKUMHAM 2017

Panduan Tes Wawancara SKB Seleksi Kompentensi Bidang CPNS Kemenkumham Lulusan SLTA SMA SMK 2017

Jadwal Lokasi SKB Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS Kemenkumham Sarjana S1 dan dokter Baca DISINI 

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar SKD CPNS Kemenkumham Lulusan SLTA SMA SMK D3 2017

Panduan Tes Kesamaptaan Penjaga Tahanan CPNS Kemenkumham Lulusan SLTA SMA SMK 2017

Leave a Reply