Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017

Tipssehatcantik.com – Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017. Setiap pelamar CPNS harus tahun dan paham betul tahapan-tahapan apa saja yang Perlu di lakukan dalam pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2017.

Dengan memahami tahapan seleksi dan lokasi seleksi diharapkan peserta menjadi mengerti proses apa saja yang harus dilalui dalam pendaftaran CPNS Kemenkumham ini.

Diharapkan juga peserta juga sudah paham dan menyiapkan persyaratan apa saja yang harus dilampirkan, karena sistem pendaftaran CPNS online ini tidak bisa diperbaiki data yang sudah diupload dan  bila data sudah tersimpan.

Berikut ini kami sampaikan kembali tentang Tata Cara Pendaftaran Persyaratan Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017.

Semoga bisa memberikan informasi untuk anda yang sedang melakukan pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2017.  

Tersedia juga Informasi mengenai :

 

  • Tata Cara Pendaftaran.

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017  

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham

 

Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana / S-1

Dokumen persyaratan terdiri dari :

1) Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan Komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id

2) Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

3) Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah / Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili di tempat tersebut minimal 1 tahun.

4) Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah asli.

5) Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id)

6) Pas Photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar)

  1. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.iddengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d. 31 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.iddimulai pada tanggal 6 September 2017 s.d. 9 September 2017.

 

Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Diploma III / D-III dan SLTA / Sederajat :

Dokumen persyaratan terdiri dari :

1) Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan Komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id

2) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

3) Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah / Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili di tempat tersebut minimal 1 tahun.

4) Fotokopi Ijazah / STTB dan Daftar Nilai pada Ijazah / STTB.

5) Fotokopi Jazah SD, Ijazah SLTP dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau Asli Surat Keterangan dari kelurahan / kepala desan yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua Khusus untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dari kriteria melamar Putra / Putri Papua dan Papua Barat

.6) Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id)

7) Pas Photo terbaru berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (4 lembar)

8) Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman  https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Pendaftaran online dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d 26 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).
  3. Setelah mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO. BOX dari masing-masing Kantor Wilayah yang dituju (daftar alamt PO. BOX terlampir).
  4. Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO. BOX paling lambat diterima pada tanggal 31 Agustus 2017 pukul 16.00 waktu setempat. 

 

  •   Persyaratan Pelamaran

Untuk tahapan ini bisa dibaca pengumumannya di sini

Baca dengan seksama apa saja persyaratan tersebut

 

  • Tahapan Seleksi

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham  tahun 2017

  1. Ta hapan Selesksi Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana / S-1
  2. Selesksi Administrasi
  3. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  4. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :

– Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%

– Wawancara dengan bobot 50%

  1. Khusus pelamar jabatan pengelola Teknologi Informasi, Seleksi Bidang (SKB) terdiri dari :

– Praktik kerja komputer dengan bobot 50%

– Wawancara dengan bobot 50%

  1. Tahapan Seleksi Diploma III / D-III
  2. Seleksi Administrasi terdiri dari :

– Verifikasi dokumen lamaran yang diterima melalui PO. BOX

– Verifikasi dokumen asli dan Pengukuran tinggi badan

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :

– Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 50%

– Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%.

  1. Tahapan Seleksi Diploma III / D-III
  2. Seleksi Administrasi terdiri dari :

– Verifikasi dokumen lamaran yang diterima melalui PO. BOX

– Verifikasi dokumen asli dan Pengukuran tinggi badan

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :

– Kesamaptaan dengan bobot 50%

– Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%

  • KELULUSAN ADMINISTRASI

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017

  1. Kelulusan Seleksi Administrasi
  2. Kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum da Sarjana / S-1 didasarkan pada hasil Verifikasi dokumen yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administratif akan diumumkan oleh panitia pada laman http://cpnskemenkumham2017.go.id. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscn.bkn.go.id.
  3. Kualifikasi pendidikan Diploma III / D-III dan SLTA/ Sederajat didasarkan pada :

       – Hasil verifikasi dokumen yang telah diterima melalui PO. BOX, hasil verifikasi tersebut                 akan diumumkan oleh panitia pada laman http://cpns.kemenkumham2017.go.id

       – Bagi pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi dokumen melalui PO BOX wajib melakukan            verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan.

      – Hanya pelamar yang lulus verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan yang                  mendapatkan kartu peserta ujian dan danpat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

  1. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  2. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan dalam satu wilayah.
  3. Dengan pertimbangan peluang kelulusan, terhadap peserta yang mendaftar pada jabatan Penjaga Tahanan (nomor 1) dan Pemeriksa Keimigrasian Terampil (nomor 4) yang telah lulus SKD di satu wilayah diberikan kesempatan untuk berpindah ke wilayah lain yang kuota formasinya belum terpenuhi, kecuali untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Perpindahan tersebut dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran secara online pada laman http://cpns.kemenkumham2017.go.id dengan kosekuensi mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) dan penempatan tugas pada wilayah tersebut. Jumlah peserta yang dimungkinkan melakukan pindah lokasi mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak melebihi 20% dari kuota formasi yang ada di wilayah tersebut.
  4. Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  • LOKASI PELAKSANAAN SELEKSI

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017

  1. Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website pada tanggal 11 Juli 2017.
  2. Tempat Pelaksanaan tahapan seleksi :

     – Untuk kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana / S1 dilaksanakan         di Jakarta.

    – Untuk Kualifikasi pendidikan Diploma III / D-III dan SLTA / Sederajat dilaksanakan di                    masing-masing Kantor Wilayah, khusus alokasi formasi Kalimantan Utara palaksanaan                seleksi dikoordinasikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia           Kalimantan Timur.

  1. Terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil formasi Kalimantan Utara penetapan penempatan tugas pertama di Kantor Wilayah Kalimantan Timur sepanjang belum beroperasinya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Utara.
  2. Terhadap peserta yang tidak hadir dan / atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun, pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  3. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri / digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik di bawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.
  4. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan Kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.
  5. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adaya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  6. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  7. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  8. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://cpns.kemenkumham2017.go.id
  9. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2017 dapat menghubungi Call Center yang dapat dihubungi :- Telephone (021)5253004 (ext 310) pada hari Senin s.d Jumat pukul 08.30 s.d 16.00 WIB- Twitter @cpnskumham2017 pada hari Senin s.d Minggu pukul 08.30 s.d 16.00 WIB
  10. Pengaduan Pelaksanaan seleksi CPNS di Nomor 081517290951 (hanya menerima whatsApp dan SMS).
  1. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS, DOKTER DAN SARJANA / S-1

 

 

Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017

2. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DIPLOMA III (D-III) DAN SLTA / SEDERAJAT

UNTUK YANG SUDAH LOLOS / LULUS SELEKSI ADMINISTRASI INI BERIKUT INI LOKASI UJIAN CAT :

No. Nama Ujian Lokasi Tanggal Ujian Jumlah Peserta Status
1 Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM – (SLTA/Sederajat dan Diploma III) *dalam proses* 25 September 2017-3 Oktober 2017 0 BELUM BERLANGSUNG
2 Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM – (Dokter Spesialis, Dokter dan Sarjana) *dalam proses* 11 September 2017-16 September 2017 0 BELUM BERLANGSUNG

 

Demikian informasi tentang Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017.

Semoga bisa menjadi informasi tambahan sebelum dan sesudah melakukan pendaftaran CPNS Kemenkumham serta bisa berguna bagi kita semua.

Kami tunggu komentar-komentar dari anda, apabila ada infromasi terbaru agar bisa terdistribusi ke pada semua pengunjung blog ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tersedia juga Informasi mengenai :

 

 

 

108 Replies to “Tahapan Seleksi Kelulusan dan Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham

  1. Ass.selamat siang admin, sya mau bertanya .. Ini kasus teman sya. Dia sudah daftar dan sudah cetak smua nya Tapi pas dicetak ternyata dia baru sadar kalau dy memasukan tempat lahir diijazah dengan nama kab/ kota yg salah.tempat lahir di ktp adalah tanjung karang sedangkan diwktu pendaftaran tempat lahir ijazah hrs memasukan kan /kotanya.jadi yang saya pertanyakan apakah kesalahan data tersebut berakibat fatal dan bsa langsung berakibat tdk lolos slseksi admin .. Mohon saran dan info nya trimksh

    1. Mba Vina, sedikit info biar gak kebawa kawatir. Untuk tempat lahir di ijasah memang yang diminta kab/kota kok mba. Punya saya dan teman2 jg memang sperti itu, yg muncuL kab/kota nya. Semoga membantu ya mba.

  2. Mba Vina Amarta, sedikit informasi. Untuk tempat tanggal lahir ijasah memang yang diminta kab/kota kok mba. Punya saya dan teman2 yg Lain jg seperti itu koq. Terimakasih mba. Semoga bermanfaat .

  3. Lokasi ujiannya gimana ya mbak kalau d3/SMA sederajat buat daerah Medan? Apa nunggu tbggl5 pengumuman nya atau bisa di cek di link apa gitu. Terimakasih

      1. Min, setelah tahap verifikasi data asli dan pengukuran tinggi badan, apakah lolos/tidaknya langsung diumumkan?

  4. setelah tahap pemangilan dan pengukuran tinggi badan kita diberitahukan jadwalnya dalam hal ini jamnya karna dilihat dari tahap pendaftaran bahwa pada tanggal 11-1 itu pengukuran tinggi badan apakah dilakukan secara serentak atau bagaimana

  5. assalamualaikum pak sy mau tanya klu mau verifikasi dokumen asli sama mengukur tinggi badan dmna pak apakah dirutan atau dilapas klu bagian pendaftaran makassar

  6. Om, pada ketentuan DIII dan SMA pada nomor 2 dikatakan Peserta yang telah dinyatakan lulus wajib mencetak nomor antrian pada laman aplikasi, untuk mendapatkan jadwal pelaksanaan verifikasi. Itu gimana ya om. saya cari kok tidak ada? mohon bantuannya

  7. Maaf sebelum nya, kalau buat bagian padang dimana ya trmpat verifikasi dokumen aslinya, dan apa sih maksud dari verifikasi dokumen asli? Makasih

  8. Min kalo domisili Jakarta verivikasi berkas asli sama pengukuran tinggi badan di kantor BKN / kemenhumham dijakarta

  9. assalamualaikum pak sy mau tanya klu mau verifikasi dokumen asli sama mengukur tinggi badan dmna kan di kemenkumham wilayah masing-masing pak… klau kemenkumham kabupaten Dharmasraya itu dimana pak ?

        1. Selamat siang mohon info dari pihak biro kepegawaian kemenkumham, untuk memberikan link terkait lokasi dan jadwal ujian tgl 11 sept nanti. Saya sudah lulus untuk tahap seleksi administrasi. Namun sampai saat ini saya msh blm dpt menemukan link tersebut. Atas perhatian dan bantuannya, terima kasih

  10. Min,bagi yg sudah lulus seleksi adm(SMA) itu utk pemeriksaan berkas asli dan ukur tggi badan langsung ke kantor kemenkumham masing” wilayah?

  11. assalamualaikum min mau tanya
    saya kan dinyatakan lulus adm sarjana trus disuruh cetak kartu peserta ujian untuk lanjut tes cat tp saya bingung lokasi tes cat taunya dari mana ya?trimakasih

  12. selamat malam sis mau tanya untuk S1 kalau sudah cetak kartu peserta ujian peserta diminta melakukan registrasi dengan mengisi formulir pada laman http://cpns.kemenhunkam.go.id guna mendapat Kartu Informasi Pelaksanaan SKD…tapi ngga ada di aplikasix bagaimana ya sis,,,,

      1. Masuk website nya bisa tapi tidak ada menu register sedangkan kita disruh register utk dptkan kartu pelaksanaan dan no antrian serta tmpt ujiannya?? Mohon bantaun infonya

          1. kalau sudah masuk webnya sudah di halaman beranda lalu kemana lagi ya min mengisi register utk dapat kartu pelaksanaan dan no antrian serta tmpt ujiannya?

  13. Mba mau tnya ni..karna disaat pndaftaran slah ketik nma skolah.
    .apakah brmasalah nnti disaat verifikasi berkas asli..

  14. Untuk D3 dan SLTA , peserta yg dinyatakan lolos harus mencetak jadwal verifikasi di laman web. Itu dimana ya min ? Ko tdk ada ?
    Mohon info nya

  15. ka itukan ada verifikasi dokumen asli,nah saya ga punya ijazah aslinya soalnya ditahan disekolah apa itu tidak jadi masalah?

  16. Ass.pak admin saya mau tanya, kan sdah ada pengumuman peserta yg lolos di masing2 kanwil..jadwal verifikasi berkas asli dan pengukuran tinggi badannya adlh tanggal 11-16 september. Misalnya di kanwil sumbar lulus 22.000 peaerta. Lalu untk datang ke kanwil sumbar apakah pakai jadwal misalnya tanggal 11 jadwal yg dtang tu nmr urut sekian sampai sekian..tanggal 12 juga bgitu..smpai dgn tanggal 16.. kan kalw tidak dibagi gimana klw tanggal 11 tu semua paesrta membludak dtng ke kanwil masing2? Dimana ya pak mlihat jadwal untk antrian dtang ke kanwilnya?

  17. Selamat Siang kak, mau tanya untuk ngecek lokasi jadwal ujiannya CATnya itu dimana ya ?Terimakasih.

  18. Pak admin apa saja syarat yang harus di bawak, untuk verifikasi dokumen asli, dan gimna cara mencetak nomor antrian

      1. Bos lamanya aplikasi,cpns.kemenkumham.go.id nya gak bisa di buka, gimna mau cetak kartu nya

  19. sy sudah ada kartu ujian.. tapi di kartu itu lokasi ujianx kosong.. dan kapan tanggal ujianx ? juga tidak tercantum..

          1. Min kalau surat pendaftaran sscn nya gak ada gimana? Kemarin saya gak tau di foto Copiy apa ngak, saya langsung kasi aja yang asli, apa bisa ikut tes dokumen asli min

      1. kartu antrian buat wilayah jatim belum ada min,
        yang muncul baru aceh, kepulauan bangka belitung sama maluku…
        gimana min? minta solusinya

        1. kartu antrian buat wilayah jatim belum ada min,
          yang muncul baru aceh, kepulauan bangka belitung sama maluku…
          gimana min? minta solusinya

  20. min, untuk tau lokasi dan waktu tes CAT dimana ya , soalnya di kartu tes belum ada masih kosong .. ? sedangkan sekarang sudah tanggal 11 dan waktu tes cuma sampai tanggal 16 , saya di jawa barat tepatnya bekasi . trims

  21. Min.. Saya mau tanya, Jika lulus administrasi Komisi Yudisial, Itu nanti CAT nya dilaksanakan dimana ya?

Leave a Reply