Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan

Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan

Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan

Tipssehatcantik.com –  BPJS Kesehatan memberikan fasilitas untuk berobat bagi peserta JKN-KIS secara berjenjang. Semua biaya akan ditanggung BPJS Kesehatan apabila saat sakit peserta tersebut melakukan pengobatan sesuai prosedur dan aturan BPJS Kesehatan. Saat peserta sedang dalam kondisi sakit bisa memakai fasilitas berobat yang telah disediakan BPJS Kesehatan.

Pertama apabila seseorang sakit maka harus berobat pada Faskes tingkat 1, bila bisa ditangani di faskses tungkat 1 maka sudah cukup sampai disitu dan biaya gratis. Tetapi bila dalam kondisi yang memerlukan penanganan yang tidak tersesia di faskes tingkat 1 maka peserta akan dirujuk pada faskes tingkat lanjutan.

Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan
Form perubahan data

 

Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan
Petunjuk pengisian

Faskes tingkat 1 terdiri dari dokter praktek perorangan, dokter gigi, puskesmas, klinik dan lainnya yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sedangkan faskes tingkat lanjutan adalah rumah sakit dan lainnya.

Peserta BPJS Kesehatan JKN-KIS bisa melakukan pergantian faskes tingkat 1 sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya penggantian ini disebabkan oleh pindah domisili atau oleh sebab lainnya. Bagaimana Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan ?

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan perubahan atau penggantian faskes tingkat 1, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Peserta mengisi form perubahan data

Form perubahan data bisa diperoleh di setiap kantor BPJS Kesehatan atau pun bisa di download di web resmi BPJS Kesehatan KLIK DISINI.

Kemudian isikan data peserta dan juga Faskes tingkat 1 tujuan. Harap diisi dengan benar data peserta agar tidak salah.

  1. Datang kekantor BPJS Kesehatan terdekat

Setelah semua data diisi di form perubahan data maka peserta bisa langsung menuju kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan permohonan perubahan data dan mengganti faskes tingkat 1 yang diinginkan. Jangan lupa untuk membawa KTP Asli, Kartu Peserta BPJS kesehatan asli karena akan ada penggantian faskes tingkat 1 di kartu tersebut.

Setelah sampai dikantor BPJS Kesehatan, peserta bisa langsung mengambil antrian dan bila sudah maju pada giliran anda bisa langsung diutarakan keinginan untuk mengganti faskes tingkat 1 agar segera bisa diproses. Kemudian serahkan form perubahan data yang sudah diisi, untuk dicek dan dilihat sudah benar atau belum isiannya. Apabila tidak ditemukan kesalahan maka bisa langsung dilakukan perubahan atau penggantian faskses tingkat 1 tersebut. Tetapi bila ada kesalahan maka harus dibenarkan terlebih dahulu.

Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan

Penyebab perubahan faskes tingkat 1 yang ditolak

Apakah bisa perubahan atau penggantian faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan ditolak? Jawabannya tentu saja bisa, mengapa?

  • Kuota Faskes tingkat 1 sudah penuh

Kuota setiap dokter faskes tingkat 1 yaitu 5000 peserta, bila sudah terpenuhi jumlah itu maka tidak bisa diisi lagi quota tersebut. Bila kuota pada salah satu dokter atau faskes tingkat 1 sudah penuh maka harus memilih dokter atau fakses tingkat satu lainnya. Jadi siapkan minimal 2 dokter atau lebih sebagai alternatif jika salah satu dokter sudah penuh kuotanya

  • Perubahan yang dilakukan sebelum 3 (tiga) bulan dari faskes tingkat 1 sebelumnya.

Jadi perubahan faskes tingkat 1 hanya bisa dilakukan lagi setelah 3 bulan dari perubahan sebelumnya. Apabila belum sampai 3 (tiga) bulan jangan melakukan penggantian faskes tingkat 1, karena pasti akan ditolak. jadi Lakukan pengajuan penggantian bila sudah lebih dari 3 bulan, agar bisa di appove pengajuan kita.

 

Pada saat perubahan data sudah selesai maka peserta akan diberikan kartu peserta dengan faskes tingkat 1 yang sudah diubah. Peserta bisa langsung berobat pada faskes tingkat 1 yang sudah berubah tersebut.

Demikian informasi tentang Cara mengubah Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Ingin mendaftar BPJS Kesehatan untuk perorangan baca caranya DISINI

Juga ada cara mendaftar BPJS Kesehatan untuk karyawan baca DISINI

Cara mengganti Dokter Faskes tingkat 1 BPJS Kesehata

BPJS Kesehatan : https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *