Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS

Tipssehatcantik.com – Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS. Bagi peserta mandiri JKN-KIS BPJS Kesehatan tentu tidak asing lagi dengan istilah tagihan BPJS Kesehatan.

Bpjs Kesehatan Telat Bayar, Bpjs Kesehatan Tarif, Bpjs Kesehatan Aktif, Bpjs Kesehatan Kelas 1, Bpjs Kesehatan Tidak Aktif, Bpjs Kesehatan Non Aktif.

Menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk saat ini tentu sudah biasa, dan hampir seluruh rakyat Indonesia mengenal BPJS Kesehatan. Pemerintah menargetkan tahun 2019 seluruh Warga Negara Indonesia sudah terdaftar sebagai peserta JKN KIS BPJS Kesehatan.

Baca Juga Panduan Cara Bayar Iuran BPJS Dengan ATM BRI MANDIRI BNI, Cara Bayar Iuran BPJS lewat ATM Bank.

Baca Juga Daftar Alamat dan No Telepon Kantor BPJS Kesehatan Seluruh IndonesiA

Bagi anda yang sering berurusan dengan rumah sakit atau tempat layanan kesehatan, tentu sudah merasakan betapa bermanfaatnya menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Fasilitas Layanan jaminan kesehatan ini sangat membantu sekali bagi peserta yang sedang sakit. Kenapa bisa begitu? Karena layanan yang diberikan BPJS Kesehatan mengenakan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya.

Menjadi Tugas Pemerintah sebagai pihak yang harus bertanggung jawab menjamin terselenggaranya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ini benar-benar memerhatikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan BPJS Kesehatan.

Tujuan utama dari hal ini adalah agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat, termasuk dalam segala macam prosedur dan juga ketentuan dalam mengakses layanan kesehatan tersebut selain mengandalkan produk asuransi biasa.

Apabila menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya. Jumlah dan besaran iuran sesuai dengan kelas anda terdaftar.

Iuran BPJS Kesehatan untuk Kelas 1 sebesar Rp. 80.000,- kemudian kelas 2 iurannya sebesar Rp. 51.000,- dan iuran BPJS Kesehatan untuk kelas 3 sebesar Rp. 25.500,-.

Apabila ternyata pada suatu waktu anda terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan atau anda memiliki tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan, maka kepesertaan anda menjadi tidak aktif secara otomatis.

Untuk mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS Kesehatan caranya dengan membayarnya, untuk detailnya bisa anda baca DISINI.

Pada kesempatan kali ini mari bersama admin mengulas tentang Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS. Ada beberapa cara mengecek Tagihan BPJS Kesehatan, diantaranya adalah :

  1. Lakukan pengecekan online melalui website resmi BPJS

Cara yang paling tepat, terpecaya dan valid datanya adalah mengakses dan masuk ke website resmi BPJS Kesehatan, yakni https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

Disini anda akan langsung bisa melakukan pengecekan tagihan iuran pembayaran yang menjadi tanggungan anda, caranya adalah dengan beberapa langkah di bawah ini:

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS

  • Kemudian muncul halaman baru layar, disitulan Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal Lahir Anda sebagai pemegang kartu BPJS tersebut.
  • Setelah diisi kedua kolom tersebut, maka Anda juga diminta untuk mengetikkan Angka Validasi yang ada dikotak diatasnya. Langkah terakhir adalah klik tombol “Cek”, hasilnya rincian pembayaran Anda akan muncul pada layar.

Terlihat jelas rincian tagihan BPJS Keshatan anda yang meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum dibayarkan.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS

  1. Lakukan pengecekan melalui SMS Gateway

Cara kedua untuk mengecek tagihan BPJS anda adalah dengan cara mengirim sms ke layanan SMS Gateway. Cara ini sangat mudah dan tentunya akan sangat berguna jika anda tidak memiliki sambungan internet untuk mengakses secara online website BPJS.

Layanan SMS Gateway ini tentu akan memudahkan Anda dan juga para peserta BPJS Kesehatan lainnya yang tidak menggunakan layanan internet.

Layanan SMS Gateway ini bisa diakses di nomor 0877 5500 400.

Banyak informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang Anda gunakan dapat diakses melalui nomor tersebut.

Fungsi utamanya adalah untuk mengecek jumlah tagihan BPJS Kesehatan dan iuran bulanan yang harus dibayarkan. Cara untuk mengecek tagihan BPJS Anda adalah dengan menggunakan salah satu identitas diri Anda, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA).

Sebagai contoh jika mengecek dengan menggunakan Nomor kartu BPJS Kesehatan anda. Caranya dengan mengetikkan sms dengan format:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS

Contoh: Tagihan 0000123456789

Kirim ke 087775500400

  1. Lakukan pengecekan tagihan BPJS dengan menggunakan aplikasi JKN

Cara ini adalah cara yang paling trend saat ini, karena jumlah peserta BPJS Kesehatan yang memakai HP android sangat banyak. Dengan jeli BPJS Kesehatan melihat peluang ini, akhirnya lahirlah aplikasi JKN Mobile.

BPJS Kesehatan Mobile Aplikasi untuk Android

Manfaat dari aplikasi ini sangat banyak sekali, antara lain:

  • Untuk mengetahui info JKN terbaru, apabila ada informasi terbaru mengenai BPJS Kesehatan akan dishare disini.
  • Mengetahui lokasi Fasilitas Kesehatan terdekat dengan anda yang tentunya sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan
  • Mengecek iuran tagihan BPJS Kesehatan anda serta catatan pembayaraannya.
  • Cek Virtual Account
  • Skrining Riwayat Kesehatan
  • Ubah Data Peserta
  • Penagaduan Keluhan
  • E-ID Kartu Kepesertaan

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, anda langsung bisa download aplikasinya di playstore dan kemudian anda install. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca di sini

Apabila anda terlambat dan memiliki tunggakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan segera lakukan pembayaran iuran dan dendanya, untuk informasi lengkapnya baca DISINI

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS

Cara diatas merupakan Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan. Selanjutnya admin akan mengajak anda untuk membahas tempat dan lokasi pembayaran BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan sekarang sudah mudah bayarnya lho. Kenapa bisa begitu? Karena sekarang anda bisa dengan mudah loket-loket pembayaran yang melayani pembayaran BPJS Kesehatan.

Beberapa tempat dan instansi yang melayani pembayaran iuran BPJS Kesehatan adalah :

  1. Pembayaran melalui Kantor BPJS Kesehatan

Biasnya di kantor BPJS Kesehatan dibuka loket pembayaran yang terdiri dari beberapa Bank yang bekerja sama. Sangat tepat bagi Anda yang memang berdomisili atau berkantor di sekitar wilayah kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pembayaran disini. Anda cukup mendatangi kantor tersebut dan melakukan pembayaran pada loket pembayaran yang tersedia di sana.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS

  1. Pembayaran melalui ATM Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN

Selanjutnya adalah pembayaran iuran BPJS melalui ATM BRI, BNI, Mandiri dan BTN. BPJS sudah bekerjasama dengan keempat Bank tersebut sehingga Anda dengan mudah bisa melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS di sana. Ini akan jadi lebih mudah karena Anda tidak perlu antre seperti membayar di loket yang terdapat di kantor BPJS.

  1. Kantor Pos

Kantor Pos juga sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Ini lebih mempertimbangkan kemudahan bagi pengguna layanan BPJS Kesehatan yang tinggal di daerah. Karena kantor pos memiliki jaringan yang sangat luas sampai kepolosok negeri. Kerja sama yang dilakukan dengan PT Pos Indonesia tentu akan memudahkan masyarakat yang tinggal di pedesaan untuk bisa mengakses pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS

  1. Indomaret dan Alfamart

Pembayaran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalu gerai Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi dalam membayar iuran tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya.

  1. Loket Pembayaran Multi-tagihan

Loket pembayaran yang anda tentu sudah tidak asing lagi dengan loket ini. Sebab saat ini loket pembayaran multitagihan sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Sekarang sebagian besar loket ini telah menyediakan layanan pembayaran bagi iuran BPJS Kesehatan. Tidak semua loket memberikan layanan ini karena itu Anda harus menanyakan terlebih dahulu pada petugas di sana.

Demikian informasi tentang Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan dan Tempat Bayar BPJS. Dengan informasi ini semoga anda bisa dengan mudah untuk mengetahui jumlah tagihan pembayaran BPJS Kesehatan anda dan lokasi pembayarannya.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman dan saudara anda serta kepada masyarakat umum, agar bisa menambah pengetahuan anda.

Kami tunggu komentar anda untuk informasi yang kurang dan mungkin terlewatkan, hal ini sangat penting untuk admin dan juga pengunjung blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tersedia Juga Informasi mengenai :

cara mengganti dokter BPJS Kesehatan DISINI

Informasi tentang melahirkan dengan BPJS Kesehatan Baca DISINI

Cara berobat di rumah sakit dengan BPJS Kesehatan Baca DISINI

BPJS Kesehatan Mobile Aplikasi untuk Android

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN UNTUK KARYAWAN

Daftar Alamat dan No Telepon Kantor BPJS Kesehatan Seluruh Indonesia

Panduan Cara Bayar Iuran BPJS Dengan ATM BRI MANDIRI BNI, Cara Bayar Iuran BPJS lewat ATM Bank

 

Leave a Reply