CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN UNTUK PERORANGAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH DAN BUKAN PEKERJA

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN UNTUK PERORANGAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH DAN BUKAN PEKERJA… Assalamualaikum Wr. Wb

Membicarakan kesehatan akan sungguh panjang waktu yang dibutuhkan. Bahkan mungkin tidak pernah ada ujungnya. Kesehatan adalah hal utama dalam kehidupan kita.

Untuk itu segala upaya dipakai dan dilakukan untuk mengejar apa yang dinamakan Kesehatan.

Baca Juga Panduan Cara Bayar Iuran BPJS Dengan ATM BRI MANDIRI BNI, Cara Bayar Iuran BPJS lewat ATM Bank.

Baca Juga Daftar Alamat dan No Telepon Kantor BPJS Kesehatan Seluruh Indonesi

Banyak sekali fasilitas-fasilitas kesehatan yang ditawarkan oleh instansi-instasi baik swasta maupun milik pemerintah. Untuk kali ini kita akan membicarakan tentang BPJS Kesahatan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan milik pemerintah. Sebagai badan penyelenggara maka BPJS berkedudukan langsung dibawah Presiden.

[ Baca juga artikel cara pendaftaran BPJS Kesehatan untuk karyawan Klik DISINI ]

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN UNTUK PERORANGAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH DAN BUKAN PEKERJA.

Untuk kali ini kita akan membicarkan tentang cara daftar BPJS Kesehatan untuk perorangan atau peserta mandiri. Adapun tata cara dan syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :

  1. Calon peserta mendaftar secara perorangan di Kantor BPJS Kesehatan
  2. Mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang ada di Kartu Keluarga
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Foto 3×4 berwarna masing-masing 1 lembar ( kecuali anak usia balita )
  5. Asli dan fotokopi KTP Elektronik
  6. Asli dan fotokopi paspor dan surat ijin kerja yang diterbitkan instansi yang berwenang

( untuk warga negara asing )

  1. Asli / fotokopi buku rekening BNI, BRI, Bank Mndiri, atau BTN (untuk pendaftar kelas 1 dan kelas 2)

formulir 2a

Daftar pemilihan kelas dan besaran iuran tiap bulan:

  1. Kelas 1 : Rp 80.000,- per jiwa per bulan
  2. Kelas2 : Rp 51.000,- per jiwa per bulan
  3. Kelas 3 : Rp 25.500,- per jiwa per bulan

Lakukan pemilihan salah satu faskes atau fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu pusekesmas, dokter keluarga dan atau klinik sesuai dengan keinginan anda.

Disarankan untuk memilih faskes tingkat pertama yang mudah dijangkau atau jarak tempuh yang lebih dekat dengan tempat tinggal anda ataupun tempat bekerja anda.

Setelah semua syarat-syarat dipenuhi selanjutnya maka calon peserta akan didata oleh petugas bagian pendaftaran baru dan dikroscek datanya. Bila data sudah benar selanjutnya calon peserta akan memperoleh Nomer Virtual Account (VA).

[ Baca juga artikel cara pendaftaran BPJS Kesehatan untuk karyawan Klik DISINI ]

Nomer Virtual Account (VA) ini berfungsi sebagai no rekening tujuan pembayaran di Bank. Jadi setiap peserta JKN memiliki no Virtual Account (VA).

Setelah mendapatkan No Virtual Account (VA) maka calon peserta wajib melakukan pembayaran paling cepat 14 hari setelah diterbitkan No VA tersebut diterbitkan dan paling lambat 30 hari setelah No VA tersebut diterbitkan.

Sedangkan nominal uang yang dibayarkan adalah sejumlah nilai yang sudah diberikan oleh petugas sesuai dengan jumlah keluarga yang didaftarkan.

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN UNTUK PERORANGAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH DAN BUKAN PEKERJA

Pembayaran dapat dilakukan di Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Kantor  Pos, Indomaret atau PPBO yang melayani pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Setelah melakukan pembayaran sesuai waktu yang telah ditetapkan, peserta dapat melakukan pencetakan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan dengan membawa bukti bayar ke kantor BPJS Kesehatan. Kartu yang telah tercetak dapat lansung digunakan.

Untuk dapat menggunakan Kartu BPJS Kesehatan bisa langsung datang faskes tingkat pertama yang kita pilih tadi. Disana kita akan dilayani dengan gratis karena kita sduah terdaftar pada data database peserta untuk faskes tingkat pertama tersebut.

Biasanya saat pertama kali datang kita akan dimintai data dan harus menunjukkan kartu BPJS Kesehatan kita. Kemudian petugas pendaftaran akan melakukan kroscek data kita dengan server BPJS Kesehatan. Bila data kita sudah benar maka kita akan langsung dilayani.

[ Baca juga artikel cara pendaftaran BPJS Kesehatan untuk karyawan Klik DISINI ]

Demikian sedikit info mengenai cara atau prosedur daftar BPJS Kesehatan untuk perorangan, Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan bukan pekerja. Terimakasih, Semoga bermanfaat dan samapi jumpa pada artikel selanjutnya. Wasalamualaiukum Wr. Wb.

Sumber : www.bpjs-kesehatan.go.id

13 Replies to “CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN UNTUK PERORANGAN PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH DAN BUKAN PEKERJA

  1. Mohon konfirmasih saya sdh membayar 1 bln yuran untuk satu keluarga 480.000 ke nomor VA yg di berikan BPJS bisakah saya gunakan atau berapa bln saya harus membayar

    1. setelah melakukan pembayaran pertama dan kartu sudah dicetak, maka kepesrtaan sudah aktif. tetapi alangkah baiknya setelah di cetak lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan saja, sudah aktif atau belum

  2. Suami saya kena phk d akhir bulan juni…sedangkan saya tidak tahu kalo bpjs itu harus di bayar terus.bagaimana cara nya bila saya pindah menjadi bpjs perorangan.dan apakah saya terkena denda.mohon jawaban nya.terimakasih

    1. coba admin jawab, saat pegawai di phk oleh perusahaan, maka perusahaan yg akan melaporkan ke kantor bpjs kesehatan untuk di non aktifkan, kalo mb hera pengen mendaftar sebagai peserta perorangan, nanti cukup membawa copy ktp kk sama buku tab bni/bri/mandiri/btn sama kartu bpjs kesehatan yg lama, nanti akan dicek apakah perusahaan sdh melunasi tagihannya apa blm, kalo sdh tdk ada tagihan, maka bisa langsung didaftarkan sbg peserta perorangan, tp kalo masih ada tunggakan dari perusahaan maka perusahaan wajib melunasinya dulu (ini kewajiban perusahaan)

  3. Maaf tanya perihal pendaftaran perorangan, jika posisi orang tua masih terdaftar di askes karena pensiunan TNi dan BUMN, apakah tetap di lakukan mendaftarkan seluruh keluarga di KK???

    1. terimakasih sudah berkunjung, kalau ada anggota keluarga yang sudah memiliki kartu askes dari pensiuan maka anggota keluarga yang lain bisa mendaftarkan diri tidak seluruh keluarga atau 1 KK, hanya untuk yang belum punya saja. semoga bermanfaat

Leave a Reply