CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

Assalamualaikum Wr. Wb

Tipssehatcantik.com – Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat tentunya sangat dibutuhkan bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol. Cara alami dipilih karena memeilik efek yang paling sedikit dibanding dengan obat-obatan kimia.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kolesterol? Kolesterol adalah senyawa bertekstur lembek  yang letaknya diantara lemak dalam aliran darah dan semua sel tubuh. Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua yaitu kolesterol baik disingkat HDL ( High Density Lipoprotein ) dan kolesterol jahat disingkat LDL ( Low Density Lipoprotein ).

Sumber kolesterol berasal dari dalam tubuh dan dari luar tubuh yang berasal dari makanan yang kita konsumsi.  Contoh jenis makanan yang menghasilkan kolesterol tinggi adalah makanan dari bahan hewan seperti daging dan telur.

Bila kita mengkonsumsi makanan tersebut terlalu banyak makan yang terjadi adalah timbunan lemak yang menyebakan kolesterol jahat kita menjadi meningkat.

Saat terjadi peningkatan tingginya kadar LDL dan rendahnya kadar HDL disitu dapat disimpulkan bahwa kolesterol kita sedang naik. Biasanya saat kolesterol tinggi  memiliki ciri-ciri dan gejala diantaranya :

  1. Perut mual

Bila kita merasakan mual tetapi kita merasa masuk angin atau permulaan kehamilan maka bisa disimpulkan ada kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Apalagi jika diketahui bahwa aktivitas makan terakhir yaitu makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Jadi perut mual yang terjadi diakibatkan oleh kadar kolesterol kita sedang tinggi.

  1. Leher nyeri

Biasanya saat kolesterol tubuh kita tinggi kita mengalami leher bagian belakang kita nyeri. Bahkan ada yang mengalami nyeri dari semua bagian leher sampai tengguk dan pundak kita. Untuk menengokpun akan sangat sulit dan rasanya sakit.

  1. Sakit Kepala

Selain leher kita, biasanya saat kolesterol tubuh tinggi kita juga merasakan sakit kepala. Saat seperti ini maka kita harus mengistarahatkan tubuh dan memulai pengobatan.

Selain 3 hal diatas gejala-gejala lain yang sering dialami saat kolesterol tinggi diantaranya yaitu muka kita menjadi merah, kram pada kaki, sering kesengutan pada bagian tubuh kita dan kadang kita juga muntah. Saat kita mengalami gejala-gejala diatas maka dapat disimpulkan bahwa kadar kolesterol jahat dalam tubuh sedang tinggi.

[Baca juga cara mencegah dan mengobati hipertensi : KLIK DISINI ]

Untuk itu langkah pertama yang harus dilakukan yaitu periksa ke dokter. Pasrahkan pada ahlinya, setelah mendapatkan obatnya segera konsumsi obat tersebut untuk mengobati tubuh kita.

Disamping cara tersebut ada cara-cara alami yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan kolesterol tinggi. Cara-cara ini dipakai sebagai pendamping dari pengobatan oleh dokter agar kolesterol kita cepat turun menjadi normal kembali. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

  1. Atur pola makan

Saat kolesterol kita tinggi biasanya dokter akan menyarankan untuk diet. Untuk itu kita harus pintar mengatur pola makan kita. Diantaranya adalah dengan mengkosumsi makanan yang rendah lemak.

Hal tersebut bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti oat bran atau lebih dikenal dengan sebutan bagian terluar biji oat yang bisa dimakan dan memiliki bentuk lebih haus dibanding oatmeal . Makanan ini bisa menurunkan kadal LDL kita menjadi 10, 20, 30 mg/dl.

Pilih makanan yang berasal dari kacang-kacangan yang belum diolah dengan garam, konsumsi makanan berbahan dasar kedelai, konsumsi makanan yang mengandung niacin dan vitamin B3 yang efektif menurunkan LDL. Disamping itu hindari makanan yang berbahan dasar tepung terigu  seperti roti, pasta, sereal yang bukan berasal dari bahan oat dan biskuit.

Dengan mengatur pola makan dengan baik maka kolesterol jahat akan segera turun.

  1. Turunkan berat badan

Bila kita sudah over weight maka langkah selanjutnya adalah dengan menurunkan berat badan kita. Hal ini akan membantu menurunkan kolesterol kita dengan lebih efektif. Bila dokter menganjurkan untuk diet maka hal itu harus dilakukan. Pilih diet sehat yang tidak beresiko terhadap kesehatan. Ada banyak jenis diet maka kita harus pintar memilih sesuai dengan kemampuan kita. Seiring turunnya berat badan maka kolesterol kita juga akan turun.

[Baca juga artikel tentang TIPS DIET SEHAT : klik DISINI ]

  1. Olah raga yang rutin
CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL

Olah raga selalu menjadi solusi untuk semua penyakit, tidak terkecuali untuk yang mengalami kelebihan kolesterol jahat. Olah raga tidak harus yang berat-berat, kita bisa melakukan olah raga ringan seperti jalan santai, jogging dan lain-lain.

Lakukan olahraga ringan minimal 30 menit sehari. Olah raga ringan terbukti efektif untuk meningkatkan kolesterol baik.

Bila kita memiliki waktu yang agak luang bisa saja melakukan sepeda santai bersama keluarga atau bisa saja latihan fitnes. Tentunya ini akan lebih efektif karena lebih banyak mengeluarkan keringat.

Dengan olahraga yang rutin kemungkinan besar untuk dihinggapi kolesterol jahat lebih sedikit prosentasenya.

Dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti diatas diharapkan tubuh kita terhindar dari kolesterol jahat. Berikut ini kami bagikan juga resep-resep alami dari tumbuh-tumbuhan untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat.

Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat

Cobalah konsumsi buah-buahan ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Konsumsi buah alpukat
CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL

Disamping rasa yang nikmat, buah alpukat ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Buah alpukat mengandung vitamin B1, Vitamin B6, vitamin C, vitamin E, asam solfat, asam pantotenat, niasin, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation.

Disamping itu alpukat juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh. Kandungan Ini yang mampu meluruhkan kolesterol jahat. Cara mengkonsumsinya lebih baik dilakukan dimakan mentah setiap hari, tetapi bila kesulitan bisa dijus tanpa ditambah bahan apapun.

  1. Konsumsi Belimbing manis
CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL

Belimbing manis mengandung serat yang tinggi yang berfungsi mencegah lemak dan meluruhkan kolekterol jahat. Disamping itu juga bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi, memperlancar pencernaan dan kandungan vitamin C didalam buah belimbing manis yang tinggi bisa untuk antikanker.

[Baca juga artikel tentang 6 cara mencegah kanker serviks : klik DISINI ]

Cara konsumsinya sangat mudah, hanya dengan mengkonsumsi 1 buah belimbing manis setelah makan pagi dan makan malam.

  1. Konsumsi bawang putih dan bawang merah

Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat

Didalam bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah.

CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL

Bahan : 20 gram bawang merah segar

Cara Pemakaian: Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

Didalam bawang putih, bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.

Bahan: 1-2 siung bawang putih

Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

Demikian tadi adalah beberapa Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat dengan mengkonsumsi buah-buahan yang rasanya enak. Kadang-kadang orang berfikir bahwa mengobati penyakit menjadi malas karena obatnya rasanya pahit dan tidak enak. Ini menjadi kebalikan bila kita memanfaatkan cara-cara alami dan dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.

Semoga artikel Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat ini bisa membantu dan menjadi referensi untuk menurunkan kolesterol dengan cara alami. Terimakasih atas partisipasinya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Wasalammualaikum Wr. Wb.

www.bpjs-kesehatan.go.id

Tersedia juga :

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

Cara Mengobati Sakit Gigi Gusi Bengkak Berlubang Ampuh Secara Alami

4 Replies to “CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

Leave a Reply