Doa dan Amalan Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam

Doa dan Amalan Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam

Tipssehatcantik.com – Amalan Ibu Hamil, Doa Ibu hamil, Amalan apa yang dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil menurut agama Islam. Doa apa saja yang baik diamalkan oleh wanita yang sedang hamil.

Usaha dan ikhtiar dari pasangan saat sang istri sedang hamil, baik dalam menjaga kesehatan dan perawatan kehamilannya. Tidak kalah pentingnya adalah Doa dan Amalan Ibu hamil yang baik untuk dilakukan agar kehamilannya lancar dan sehat semua.

Admin bagikan informasi kumpulan amalan yang sangat baik untuk dilakukan dan dijalankan secara rutin. Mulai dari awal diketahui kehamilan hingga menuju kelahiran, baik calon bapak maupun calon ibu dapat bekerjasama melakukan amalan-amalan yang baik dengan mengharapkan ridho Allah SWT . Tentu agar kehamilannya sesuai apa yang diharapkan yaitu diberi kelancaran dan kesehatan buat ibu hamil dan calon bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Baca juga :

Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur’an Untuk Ibu Hamil.

Doa Agar Cepat Hamil.

20 Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta Yang Wajib Anda Kunjungi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sudah seharusnya bagi suami dan istri untuk melakukan amalan berikut ini secara rutin dan konsisten (istiqomah). Hal tersebut semata-mata dilakukan sebagai bukti kesungguhan kita untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Dan juga sebagai kesungguhan kita untuk mengharapkan kehadiran si buah hati yang akan menjadi amanah kita.

Kehamilan merupakan suatu anugerah besar yang sangat didambakan oleh pasangan suami istri. Sudah banyak diantara saudara kita yang sudah menikah bertahun-tahun belum jua dikaruniai keturunan. Maka sudah seyogyanya kita bersyukur pada Allah yang sudah memberikan nikmat berupa kehamilan.

Cara bersyukur terhadap kehamilan tersebut diwujudkan dalam bentuk bagaimana kita merawat bayi yang masih ada di dalam rahim hingga saat waktunya untuk melahirkan.

Berikut ini admin bagikan amalan-amalan ibu hamil menurut Islam yang kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa tidak ada ayat Al Qur’an dan hadits yang secara eksplisit dan spesifik menyebutkan untuk ibu hamil harus membaca doa atau ayat tertentu dalam Al Qur’an.

Sebagian besar merupakan ijtihad ulama. Namun, ayat Al Qur’an adalah obat atau penawar. Jadi tidak masalah untuk membacakan ayat Al Qur’an kepada janin dalam kandungan atau calon bayi. Jadi mari simak beberapa amalan ibu hamil berikut.

Admin akan membahas juga infromasi seputar :

Doa dan dzikir untuk ibu hamil dan melahirkan
Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat
Surat yang dibaca saat hamil muda
Doa ibu hamil di ijabah
Amalan ibu Hamil sesuai sunnah
Ucapan Doa untuk Ibu Hamil
Doa untuk istri yang sedang hamil sesuai Sunnah
Surat Al Hasyr untuk ibu hamil

Doa Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam.

Doa dan Amalan Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam

Berdoa meminta anak yang solih solihah

Mungkin para pembaca ada yang belum mengerti makna solih yang sebenarnya. Pengertian solih adalah badannya sehat, sikapnya baik, dan dekat dengan Allah SWT. Tolong jangan sekali-kali diabaikan nasihat ini. Mungkin kelihatannya klise dan sudah biasa. Namun berdoa meminta anak yang solih solihah mempunyai dampak yang sangat besar. Anjuran ini secara implisit bisa dilihat di kitab Al arba’in hadits nomor 4 riwayat Abdullah bin Mas’ud.

“Suatu kali Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, Sungguh  setiap anak cucu Adam akan dihimpun di perut ibundanya dengan berproses, 40 hari pertama berbentuk nutfah (campuran spermatozoa dengan ovum), 40 hari yang kedua berbentuk ‘alaqoh (zigot yang mulai menempel di dinding rahim), 40 hari yang ketiga berbentuk mudgah (daging yang sudah ada bentuknya), kemudian diutus malaikat untuk meniupkan ruh dengan ijin Allah SWT”

Dalam usia 4 bulan kehamilan ini, Allah menetapkan 4 hal yaitu menetapkan rizkinya, menetapkan ajalnya, menetapkan amal perbuatannya, menetapkan bahagia dan sengsaranya. Untuk urusan rizki dan ajal disebut dengan qadar.

Qadar adalah ketetapan Allah yang ditetapkan tanpa campur tangan makhluk dan tidak ada nilai ikhtiar manusia yang dapat mengubahnya. Itu adalah ketetapan Allah dari manusia lahir hingga meninggal. Sedangkan untuk urusan amal perbuatan dan kebahagiaan disebut dengan takdir. Takdir adalah ketetapan Allah yang dikukuhkan berdasarkan tingkat ikhtiar makhluk (manusia).

Oleh karena itu, bagi calon ayah maupun calon ibu, mulai dari diketahui kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 4 bulan, mohon kepada Allah agar 4 hal (rizki, ajal, amal perbuatan, kebahagiaan) ditetapkan dengan suasana yang terbaik. Rizki yang mengalir dan bermanfaat, panjang umur, amal perbuatan yang baik, dan selalu bahagia baik ketika di dunia maupun akhirat.

Contoh doa dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut, ” Ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, anugerahkan lah kepada anak kami, rizki yang terbaik dalam hidupnya, dekatkan lah yang halal, dan jauhkan lah rizki yang haram. Teguhkan hatinya untuk mencari rizki yang Engkau ridhoi.

Kami mohon Ya Allah, berapa pun umur yang telah Engkau tetapkan kepada anak hamba, mohon jadikan setiap detik dalam kehidupannya menjadikan pahala-pahala yang baik dari sisi-Mu. Ya Allah, bimbing anak hamba untuk selalu mengerjakan amal-amal yang solih, meninggalkan perbuatan-perbuatan buruk. Ya Allah, kami mohon jadikan hidupnya penuh dengan kebahagiaan, dan jauh dari kesengsaraan dan nestapa kehidupan. Amiin.”

Loading...

Sering dibacakan Al Qur’an, Contohnya Surat Yusuf dan Maryam

Ketika istri sedang mengandung, alangkah sangat baik jika terus menerus untuk dibacakan Al Qur’an kepada calon bayi tersebut. Calon ayah dan calon ibu bisa menjadwalkan secara rutin tiap malam hari, semisal habis magrib atau malam menjelang tidur jika siang hari sibuk untuk bekerja.

Ada kecenderungan bayi yang sejak dalam kandungan rutin dibacakan ayat Al Qur’an, dengan ijin Allah ketika lahir hingga dewasa akan menjadi pribadi yang dekat dengan Al Qur’an.

Surat dalam Al Qur’an yang sangat masyhur di kalangan masyarakat untuk dibaca bagi orang tua adalah Surat Yusuf dan Surat Maryam, meskipun sebenarnya semua ayat Al Qur’an sangat baik untuk ibu hamil.

Jika sedang letih dan tidak sempat membaca Al Qur’an, minimal dapat diperdengarkan Surat Yusuf dan Surat Maryam untuk Ibu hamil melalui video di bawah ini.

 

Orang tua menjaga diri dari yang diharamkan oleh Allah SWT

Sebagaimana yang tercantum dalam hadits riwayat Muslim nomor 1056 dalam kita Al Arba’in hadits nomor 10, ketika istri sedang hamil, orangtua (dalam hal ini calon ayah dan calon ibu) dilarang untuk berbuat maksiat, menjaga diri dari yang diharamkan oleh Allah SWT.

Perlu diperhatikan, bahwa setiap sesuatu yang haram masuk ke dalam perut kita, itu akan menjadi sekat penghalang terkabulnya doa kita kepada Allah SWT. Sedangkan dalam amalan pertama di atas, kita diminta untuk berdoa kepada Allah meminta anak yang solih, namun doa ini sulit untuk dikabulkan jika orang tua tidak menjaga diri dari apa yang diharamkan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, suami harus mencari rizki yang halal. Ini wajib hukumnya. Karena jika suami mencari rizki tidak halal, kemudian dibelikan makanan dan masuk ke dalam tubuh ibu dan menjadi nutrisi bagi janin. Sehingga janin calon bayi akan kecipratan sesuatu yang haram.

Amalan Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam

Orang tua meningkatkan amal solih

Sebagai calon ayah dan calon ibu, untuk mengharapkan kehamilan yang lancar dan dikaruniai anak yang solih, maka orang tua juga harus meningkatkan amal solihnya. Misal orangtua yang saat ini jarang bangun malam untuk solat tahajud, maka ketika istri hamil diperbanyak lagi tahajudnya.

Yang jarang membaca Al qur’an menjadi sering baca Al Qur’an seperti surat maryam dan surat yusuf. Yang biasanya sedekah sebulan sekali, lebih dirutinkan lagi menjadi seminggu sekali atau bahkan sedekah tiap hari. Yang biasanya sedekah cuma sedikit, saat istri hamil sedekahnya diperbanyak.

Amal-amal yang baik ini lah yang akan menjadikan calon bayi (dengan ijin Allah) kelak akan menjadi anak yang solih, yang berbakti kepada orang tua, dan kelak akan membanggakan kedua orang tuanya.

Doa dan Amalan Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam.

Demikian informasi mengenai doa dan amalan ibu hamil menurut Islam. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan selalu dimudahkan dalam segala urusan.

Amiin

 

Baca Juga :

Doa Agar Cepat Hamil.

Berapa Biaya melahirkan yang ditanggung BPJS Kesehatan silahkan baca DISINI

Untuk mengetahui cara dan prosedur melahirkan dengan memakai BPJS JUGA ADA DISINI

Panduan Cara Bayar Iuran BPJS Dengan ATM BRI MANDIRI BNI

Leave a Reply

error: Content is protected !!