Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur’an Untuk Ibu Hamil

Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur’an Untuk Ibu Hamil.

Tipssehatcantik.com –  Apa manfaat Murottal Al Quran untuk ibu yang sedang hamil ? simak manfaat mendengarkan murottal Al Quran untuk ibu yang sedang mengandung.

Bagi ibu yang sedang hamil, memperdengarkan murottal Al Qur’an merupakan salah satu cara yang sangat dianjurkan untuk menciptakan generasi yang unggul. Mempunyai anak yang sehat, kuat, cerdas, mempunyai fisik yang sempurna merupakan dambaan bagi setiap wanita yang sedang mengandung buah hatinya.

Namun tahukah bunda bahwa untuk dapat mencapai hal tersebut, selain atas ijin Allah, kita sebagai orang tua juga dapat mengusahakan semaksimal mungkin melalui rangkaian ikhtiar yang kita lakukan setiap harinya. Salah satunya adalah dengan memperdengarkan murottal Al Qur’an bagi janin pada janin dalam kandungan melalui perantara perut ibu.

Baca juga :

Doa dan Amalan Ibu Hamil Yang di Anjurkan Dalam Islam.

Doa Agar Cepat Hamil.

20 Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta Yang Wajib Anda Kunjungi.

Cairan ketuban dalam rahim bisa menjadi penghantar suara yang akhirnya dapat sampai ke telinga janin. Iya, mulai umur kehamilan mencapai minggu ke 24, janin dapat mulai mendengarkan suara-suara dari luar.

Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur’an Untuk Ibu Hamil.

Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur'an Untuk Ibu Hamil

Sangat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari memperdengarkan murottal Al Qur’an untuk ibu hamil. Kami telah merangkumnya beberapa manfaat tersebut yang semoga dapat berguna.

Mengurangi kecemasan pada ibu

Bagi ibu hamil, sebagian besar selalu dibayang-bayangi rasa cemas selama kehamilan. Namun, ternyata mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an dapat menurunkan kecemasan tersebut. Lagi-lagi sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Yanita Trisetiyaningsih, Arista Wulansari, dan Yuni Very Anto. Penelitian tersebut merupakan kolaborasi antara Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dan RSUD Wates Yogyakarta dan sudah diterbitkan dalam Media Ilmu Kesehatan Vol. 7, No. 1, April 2018.

Penelitian yang berujudul PENGARUH TERAPI MUROTTAL TERHADAP PERUBAHAN
SKOR KECEMASAN IBU BERSALIN KALA I FASE LATEN mendapatkan kesimpulan bahwa ada korelasi positif memperdengarkan murottal Al Qur’an dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan dengan memperdengarkan murottal Al Qur’an agar merasa lebih tenang.

Merangsang kecerdasan otak bayi

Sudah banyak penelitian yang mencoba untuk mendalami kecerdasan otak saat mulai janin dalam kandungan. Mungkin para Bunda juga sudah sering mendengar tentang penelitian bahwa musik klasik juga sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini sudah dibuktikan dalam Jurnal Nature yang dipublikasikan pada tahun 1993 menyebutkan bahwa janin bayi yang mendapat stimulasi musik klasik maka gelombak otaknya akan menjadi lebih besar sehingga menstimulasi kecerdasannya.

Nah jika musik klasik dapat menstimulasi kecerdasan bayi, bagaimana dengan murottal Al Qur’an yang diperdengarkan untuk ibu hamil? Apakah hal itu juga dapat berpengaruh baik bagi bayi dalam kandungan? jawabannya adalah tentu saja. Penelitian dari Muhammad Salim yang sudah dipublikasikan di Universitas Boston, Amerika Serikat membuktikan hal tersebut. Bahwa bacaan Al-Quran yang merdu dapat merangsang pertumbuhan otak janin dalam kandungan menjadi lebih maksimal.

Menguatkan ikatan batin antara ibu dan bayi

Dengan selalu diperdengarkan ayat Al Qur’an, dipercaya bahwa ikatan batin antara bunda dengan bayi menjadi semakin kuat. Akan lebih baik bunda membaca ayat demi ayat secara mandiri, dan diniatkan untuk diperdengarkan bagi si buah hati. Namun, jika bunda sibuk dan belum dapat membaca Al Qur’an secara tartil dan merdu, boleh juga untuk diperdengarkan melalui audio murottal mp3 maupun video murottal yang sudah banyak tersedia di Youtube.

Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur’an Untuk Ibu Hamil.

Surat Al Qur’an yang Dianjurkan untuk dibaca Saat Hamil

Sebenarnya semua surat maupun ayat Al Qur’an sangat baik untuk ibu hamil. Karena menurut penelusuran kami tidak ada anjuran khusus untuk ibu hamil harus membaca surat-surat tertentu pada Al Qur’an (koreksi jika salah). Oleh karena itu kami merangkum surat-surat yang masyhur untuk ibu yang sedang mengandung dan baik untuk janin. Jika Anda tidak sempat membaca surat-surat dibawah, Anda dapat mendengarkan murottal Al Qur’an untuk ibu hamil melalui video berikut.

1.Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah yang merupakan surat pertama dalam Al Qur’an dan disebut juga dengan Ummul Qur’an. Banyak sekali manfaat surat Al Fatihah. Diantaranya adalah sebagai kafiyatu Syafiyah, yaitu penyembuh dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit badan maupun penyakit hati.

Dengan dibacakan surat Al Fatihah dan diperdengarkan bagi janin, maka diharapkan bayi dalam keadaan selalu sehat, tidak ada penyakit hingga melahirkan. Semoga setelah lahirpun selalu sehat dan selalu dijauhkan dari penyakit hati, baik itu sombong, riya’, ujub, dan lain sebagainya.

2. Surat Annas dan Surat Al Falaq

Surat tersebut biasa disebut juga dengan surat al mu’awidzatain, yaitu surat untuk perlindungan. Kedua surat ini merupakan beberapa surat yang mempunyai kedudukan tinggi dalam Al Qur’an. Silakan resapi makna dari setiap ayat pada kedua surat tersebut. Semuanya adalah tentang meminta perlindungan dari Allah SWT dari marabahaya. Oleh karena itu, dengan dibacakan surat tersebut, kita mengharapkan janin dalam kandungan selalu dalam lindungan Allah SWT, dijauhkan dari segala macam bahay, baik lahir maupun batin.

Loading...

3.Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas juga merupakan surat yang mempunyai kedudukan yang tinggi diantara surat lainnya. Surat ini mengaskan tentang ke-Esa-an Allah SWT, bahwa tidak ada satu pun yang menyerupai Allah. Dengan diperdengarkan surat Al Ikhlas kepada janin, kita telah menanamkan nilai-nilai tauhid sebagai bekal kelak ketika uah hati kita sudah lahir ke dunia.

4. Ayat Kursi

Ayat Kursi sudah lama digunakan sebagai ayat ruqyah yang dapat melindungi diri dari godaan jin dan sihir. Tentu kita ingin bahwa bayi yang masih dalam kandungan supaya terbebas dari gangguan-gangguan tersebut.

5. Surat Yusuf

Surat Yusuf untuk ibu hamil diyakini membawa hal-hal yang baik buat calon bayi. Nabi Yusuf merupakan nabi yang paling rupawan dan berakhlak mulia. Bahkan, dikisahkan ada beberapa wanita yang diuji dengan diberikan pisau dan buah. Kemudian Nabi Yusuf lewatdi depan mereka, dan tanpa sadar mereka telah mengiris tangan mereka sendiri tanpa sadar karena terpukau akan ketampanan Nabi Yusuf.

Selain itu, ada pula kisah Nabi Yusuf yang digoda untuk bercinta dengan permaisuri namun beliau menolaknya karena takut kepada Allah. Nabi Yusuf dikenal dengan akhlak mulia dan dapat menahan hawa nafsu. Beliau juga nabi yang cerdas dengan dipercaya di posisi yang mulia pada pemerintahan.

6.Surat Maryam

Surat Maryam untuk ibu hamil juga masyhur untuk kebaikan janin dalam kandungan. Surat ke-19 dalam al Qur’an ini menceritakan tentang perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa dengan petunjuk Allah untuk menggoyang-goyangkan pohon kurma saat Maryam hampir putus asa.

Ini juga sebagai bukti kekuasaan Allah dimana Maryam yang melahirkan Nabi Isa tanpa seorang ayah dan tanpa seorang pun yang pernah menyentuh Siti Maryam. Dengan demikian, diharapkan janin dalam kandungan kelak menjadi perempuan yang solihahyang selalu menjaga kesuciannya dan selalu bertawakkal kepada Allah SWT.

Manfaat Mendengarkan Murottal Al Qur’an Untuk Ibu Hamil.

Demikian artikel penjelasan mengenai manfaat murottal Al Qur’an untuk ibu hamil beserta surat-surat pilihan yang penting untuk diperdengarkan bagi janin atau calon bayi dalam kandungan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiin.

Baca Juga :

Doa Agar Cepat Hamil.

Berapa Biaya melahirkan yang ditanggung BPJS Kesehatan silahkan baca DISINI

Untuk mengetahui cara dan prosedur melahirkan dengan memakai BPJS JUGA ADA DISINI

Panduan Cara Bayar Iuran BPJS Dengan ATM BRI MANDIRI BNI.

Tips membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!