TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA…

Tipssehatcantik.com – Menjaga bau mulut saat Puasa Ramadhan, menghilangkan bau mulut, penyebab bau mulut, cara jitu agar tidak bau mulut saat berpuasa.

Assalamualaikum Wr. Wb

Marhaban Ya Ramadhan…Selamat datang bulan Ramadhan. Bulan yang sudah dinanti-nantikan oleh umat muslim. Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini. Amin….

Pada perjumpaan kita kali ini, mari bersama-sama kita bahas mengenai menjaga bau mulut kita agar tidak telalu menyengat saat kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Tips memilih menu buka puasa bisa dibaca disini.

Bau mulut orang yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebanding dengan wanginya minyak kasturi besok diakhirat. Begitu kurang lebih Hadistnya.

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA.

Bau mulut kita saat berpuasa memang akan lebih terasa menyengat dibanding hari-hari biasa saat kita tidak sedang berpuasa. Hal ini kadang membuat tingkat percaya diri kita drop saat berbicara dengan lawan bicara kita.

Hal ini wajar terjadi karena jika kita berbicara bisa saja lawan bicara kita akan menjauh karena mencium bau mulut kita. Ada beberapa cara atau tips untuk menjaga agar bau mulut kita tidak menyengat.

  1. Minum air putih lebih banyak

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA. 

Untuk memulai menjaga agar bau mulut kita tidak menyengat diawali saat kita makan saur. Perbanyak konsumsi air putih kita, karena dengan minuman yang memiliki rasa netral tidak akan menimbulkan bau menyengat setelah mengkonsumsinya.

Usahakan untuk minum air putih 2-3 gelas supaya mulut kita tidak kering, sehingga tidak menimbulkan bau mulut.

Pada saat berbuka puasa usahakan juga untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi minuman lainnya. Ini dilakukan untuk menetralisir saluran pencernaan sebelum diisi makanan lainnya.

Mengkonsumsi air putih lebih banyak juga berfungsi untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Dengan mengunsumsi air putih lebih banyak akan menjaga agar mulut kita tidak berbau menyengat.

  1. Hindari makanan yang berbau dan lengket

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga agar mulut kita tidak bau adalah menghindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau tajam dan makan yang lengket.

Makanan tersebut biasanya tetap menyisakan bau yang menyengat walaupun kita sudah membersihkan berulang-ulang. Contoh makanan tersebut antara lain : buah durian, jengkol, pete, coklat, es krim dan kue basah.

Jadi untuk menjaga agar mulut tidak bau, usahakan menghindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat dan lengket.

  1. Rutin gosok gigi

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA. 

Pada saat selesai makan usahakan untuk selalu rutin gosok gigi. Mengapa demikian? Karena dengan gosok gigi akan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang tidak tertelat ataupun makanan yang menyangkut di gigi.

Dengan dibersihkan sisa-sisa makanan tersebut makan tidak akan menimbulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Jadi usahakan untuk rutin menggosok gigi setelah makan. Ini berlaku tidak hanya saat puasa saja, tetapi juga saat kita tidak puasa. Dengan rutin menggosok gigi mulut kita menjadi bersih dan nyaman. Karena dengan mulut yang bersih tidak akan menimbulkan bau mulut yang menyengat.

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA.

  1. Bersihkan lidah

Selain menggosong gigi, hal yang perlu dilakukan yaitu membersihkan lidah. Ini dilakukan untuk membersihkan lidah dari sisa sisa makanan dan minuman yang menempel pada lidah kita.

Sisa-sisa makanan yang menempel bisa menimbulkan bakteri penyebab bau mulut. Jadi usahakan untuk membersihkan lidah kita selepas mengosok gigi agar mulut kita tidak memiliki bau yang menyengat.

  1. Hindari merokok

Merokok akan memperburuk kebersihan mulut dan rokok memiliki aroma dan menimbulkan bau yang menyengat. Jadi usahakan untuk menghindari merokok saat berbuka dan makan saur.

Dengan demikian maka mulut kita akan terhindar dari baru yang menyengat.

[Baca juga : tips memilih berbuka puasa ]

Demikian beberapa tips untuk menjaga bau mulut yang menyengat saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Semoga ibadah puasa kita dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT.

Dan semoga kita bisa mendapatkan pahala yang sebanyak-banyak untuk Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjut. Terimakasih dan Wasalammualaikum Wr. Wb.

2 Replies to “TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA

Leave a Reply