MEMILIH MENU BERBUKA PUASA

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA…

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada perjumpaan kali mari kita membahas yang enak-enak. Betul sekali, ini tentang makanan….Kita akan membahas memilih menu berbuka puasa.

Berbuka puasa adalah saat yang kita nantikan, bahkan sebelum waktu tiba biasanya kita sudah memilih-milih menu apa yang akan kita makan saat berbuka nanti.

Banyak sekali referensi makanan yang ada di Indonesia. Karena negara ini kaya sekali makanan nusantara yang menggoda selera. Dan saking banyaknya untuk saat ini saya hanya akan membahas tentang minuman saja.

Mengapa hanya minuman saja kenapa tidak yang lain juga. Untuk menu makanan dilanjutkan diartikel selanjutnya aja ya. Berikut ini beberapa minuman yang sangat menggoda dan cocok banget untuk menu berbuka puasa.

  1. Es degan atau kelapa muda
Kelapa Muda
MEMILIH MENU BERBUKA PUASA.

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. 

Sesuai namanya es degan memiliki bahan utama degan alias kelapa muda. Melihat kelapa muda aja sudah segar apalagi ditambah es, tentunya jadi tambah segar.

Biasanya es degan disajikan dengan tambahan gula jawa juga ada yang ditambah sirup pemanis. Tetapi sebenarnya tanpa ditambah pemanispun air degan sudah manis dan   tentunya lebih segar.

Es degan sangat cocok di waktu berbuka puasa dan tentunya saat berbuka anda akan lebih segar dengan ditambah es degan.

Tips menjaga bau mulut saat berpuasa klik DISINI

  1. Es dawet ireng

Es ini sangat terkenal didaerah jawa tengah. Bahan-bahannya terdiri dari dawet, gula dan air santan. Rasanya sangat enak dan nyus saat ditambah es dingin.

Bila kita lewat jalur selatan jawa, kita akan banyak melihat kios dan warung es daet ireng. Es dawet ireng menjadi menu pelengkap yang sangat spesial pada saat berbuka puasa kita.

  1. Es teller
MEMILIH MENU BERBUKA PUASA.

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. 

Seperti namanya es teller sangat-sangat enak dan diibaratkan siapa saja yang meminumnya menjadi sangat keenakan dan teller.

Bahan-bahan membuat es teller antara lain, alpukat, kelapa muda, nangka, cincau hitam, air santan, susu putih kental, daun pandan nata de coco dan es yang diserut.

Kadang ada yang menambahkan durian juga jadinya es teller durian. Dan rasanyapun tentu lebik mak nyusss. Es teller bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang menggugah selera.

  1. Es jawa

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. Mungkin agak asing di telinga anda, tetapi bagi anda yang tinggal di daerah salatiga maka nama es ini tentu sangat familiar. Es jawa memiliki ciri yang seperti es dawet tetapi warna cendolnya merah muda dan lebih lembut. Ditambah dengan santal kental dan juga gula merah tentunya akan menggugah selera kita. jadikan ini sebagai menu berbuka anda agar berbuka anda lebih nikmat.

  1. Es Cobra
MEMILIH MENU BERBUKA PUASA.

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. Namanya es cobra, tapi isinya bukan ular cobra. Es cobra isinya buah buahan , kolang-kaling, tape dan cendol. Ini juga berasal dari daerah salatiga jawa tengah. Cobalah mampir disalatiga dan nikmati es cobra sebagai pelengkap menu berbuka anda.

  1. Es cendol
MEMILIH MENU BERBUKA PUASA.

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. Sesuai namanya es cendol berisikan cendol, santan kental, dawet, cincau, kolang kaling, tape, gula aren, gula pasir dan yang pasti ditambah serutan es batu. Sajikan es cendol sebagai menu buka puasa anda dan pasti saat berbuka puasa akan menjadi lebih nikmat.

7. Es pisang hijau

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. 

Berasal dari pulau sulawesi tepatnya kota makasar. Es pisang hijau begitu nikmat rasanya.

Berbahan pisang raja yang telah matang, tebung beras, tepung terigu, gula pasir, santan kental, air daun pandan, susu putih kental dan sedikit pasta pandan.

Tambahkan serutan es batu akan menjadikan es pisang hijau menjadi lebih nikmat. Menu es pisang hijau bisa menjadi menu favorit untuk berbuka puasa anda. Silahkan dicoba.

Tips agar wajah cerah sepanjang hari klik DISINI

MEMILIH MENU BERBUKA PUASA. 

Masih banyak menu minuman es dari nusantara. Ada es marem dari semarang, es selendang mayang dari betawi, es oyen dari surabaya, es tebak dari padang, es goyobod dari bandung, es kacang merah dari manado, es pleret dari blitar.

Dan masih banyak lagi minuman segar nusantara yang tidak kami sebutkan. Semuanya bisa menjadi menu favorit anda saat berbuka puasa.

Tentunya kita juga harus berhati-hati, jangan kebanyakan karena takutnya kita malah jadi flu atau malah ngantuk karena kekenyangan jadinya kita malah tidak sholat tarawih berjamaah di masjid.

Sedikit artikel tentang menu berbuka puasa yang cocok untuk kita, semoga bermanfaat dan semoga puasa kita bisa lancar dan kita bisa memanfaatkan momen ramadhan tahun ini sebaik-baiknya untuk mencari pahala yang sebanyak-banyaknya.

Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terimakasih dan wasalamualaikum Wr. Wb.

3 Replies to “MEMILIH MENU BERBUKA PUASA

Leave a Reply