TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN AGAR IBADAH PUASA LANCAR

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN….

Tipssehatcantik.com – Menyambut datangnya bulan Ramdhan, persiapan menuju bulan Ramadhan, jadwal bulan Ramadhan.

Assalamualaikum Wr. Wb

 

Tak terasa sebentar lagi kita akan bertemu lagi dengan bulan Ramadhan. Bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim, karena ada kewajiban yang tentu harus dilaksanakan yaitu Puasa Ramadhan.

Bahkan bukan hanya umat muslim yang menantikan bulan Ramadhan, semua warga negara Indonesia menantikan bulan ini.

Mengapa demikian? Karena pada bulan ini semua sektor ekonomi bergairah. Dari hulu sampai hilir, dari petani, pedagang, pegawai swasta, pegawai pemerintah tentunya pengusaha juga sangat menantikan bulan ini.

Perdagangan bergeliat sangat baik, permintaan kebutuhan pokok sangat tinggi sehingga pedagang kebutuhan pokok akan memperoleh pendapatan yang baik pada bulan ini. Demikian juga pedagang makanan untuk kebutuhan berbuka puasa dan makan sahur menjamur. Semua sektor perdagangan bergairah menyambut bulan Ramadhan.

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN. Bagi kita umat muslim sebelum memasuki bulan Ramadhan sebaiknya melakukan persiapan yang baik agar didalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan berjalan dengan baik dan lancar. Berikut ini kita sampaikan beberapa tips sehat menyambut Ramadhan, diantaranya adalah:

  1. Berbahagia menyambut Ramadhan

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN. Hal pertama yang perlu ditanamkan dalam diri kita adalah senang dan bahagia dalam menyambut bulan Ramadhan. Dengan berbahagia maka akan membuat kita merasa tidak terbebani, dan pada akhirnya kita dapat dengan lancar menjalankan puasa Ramadhan. Perbanyak berdoa kepada Allah SWT agar diberikan panjang umur dan diberikan kesehatan dalam menjalankan puasa Ramdhan.

Perbanyaklah bersyukur dan memuji kebesaran Allah akan menambah kelapangan hati dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dengan berbahagia semoga membuat kita mudah dan lancar dalam menjalankan ibadah puasa.

tips sehat menyambut bulan ramadhan

  1. Cek dan persiapan kondisi kesehatan

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN. Ibadah puasa adalah ibadah fisik, jadi sebaiknya menjelang Ramadhan kita cek kondisi kesehatan  kita. Untuk yang memiliki riwayat penyakit bisa berkosultasi dengan dokter keluarga. Demikian juga untuk yang sedang dalam kondisi hamil dan menyusui lakukan konsultasi dengan dokter. Apakah yang harus dilakukan supaya dalam menjalankan ibadah puasa tidak ada kendala.

Sebenarnya menurut penelitian, puasa bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti sakit maag, migrain dan lain-lain. Semoga dengan melakukan pengecekan kesehatan kita bisa lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

  1. Persiapan cadangan makanan

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN. Menjelang bulan Ramadhan alangkah baiknya jika kita mempersiapkan cadangan makanan dirumah. Kenapa itu perlu dilakukan? Karena biasanya pada saat bulan Ramadhan harga-harga bahan pokok makanan akan menanjak naik.

Bahkan kadang kita kesulitan mencari bahan makanan tertentu karena tingkat permintaan konsumen meningkat. Pada akhirnya akan berdampak pada langkanya stok barang. Bisa juga stok barang ada tetapi harganya menjadi naik.

Persiapan memiliki cadangan makanan juga akan berguna jika pada saat bulan ramadhan kita tidak sempat belanja harian. Dengan memiliki cadangan makanan yang lebih kita bisa memanfaatkannya dengan optimal.

Misalkan kita terlambat bangun saat waktu makan saur, maka kita bisa memanfaatkan makanan cepat saji yang sudah dicadangkan. Sehingga kita tetap bisa melakukan makan saur dan puasa Ramadhan menjadi lancar.

  1. Persiapan kondisi rumah

Kondisi rumah menjelang Ramadhan perlu dibenahi dan pesiapkan. Kenapa menjelang Ramadhan. Karena dengan melakukan persiapan sebelum bulan Ramadhan akan membuat kita menjadi tenang.

Saat bulan Ramadhan tiba kita bisa berkonsentrasi penuh pada ibadah kita saja. Biasanya kita mulai sibuk menyiapkan rumah saat menjelang Lebaran, ini berdampak pada ibadah kita karena sibuk dengan menyiapkan kondisi rumah kita menjadikan ibadah kita sedikit terlalaikan.

Jadi mulai sekarang dibalik kebiasaan kita dalam menyiapkan kondisi rumah yaitu sebaiknya menjelang bulan Ramadhan supaya ibadah puasa Ramadhan kita lancar.

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN. 

  1. Atur porsi makan

Menjelang puasa Ramadhan sebaiknya kita mulai belajar mengurangi porsi makan kita. Dengan mengurangi porsi makan kita akan membantu melatih dan membiasakan lambung kita. Dengan begitu lambung kita sudah terbiasa saat nanti kita berpuasa dibulan Ramadhan.

Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, karena makan ini akan meningkatkan kadar gula darah kita dengan cepat yang menyebabkan rasa lapar kita. Mulai melatih dari sekarang supaya kita sudah terbiasa saat Ramadhan tiba.

  1. Olahraga rutin

Jangan pernah lupa melakukan olahraga karena ini akan sangat berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh kita. Dengan olahraga rutin semoga kita terhindar dari sakit. Dengan demikian kita dapat dengan baik dan lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

  1. Perbanyak berdoa, berdzikir dan membaca Alquran

TIPS SEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN. Berdoalah menjelang Ramadhan tiba, perbanyak berdzikir dan membaca Alquran. Karena dibulan Ramadhan adalah saat untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Dengan kebiasaan dan rutinitas berdoa, berdzikir dan membaca Alquran sebelum bulan Ramadhan tiba akan menjadi modal awal yang baik saat nanti kita menjalani ibadah dibulan Ramadhan.

Bila ingin memilih menu berbuka puasa baca DISINI

Tips menjaga bau mulut saat berpuasa klik DISINI

Demikian sedikit uraian tentang ti ps sehat menyambut bulan Ramadhan. Semoga bisa menambah referensi kita tentang bagaimana sebaiknya kita menyambut bulan Ramadhan.

Semoga kita bisa bertemu kembali bulan-bulan Ramadhan ditahun-tahun selanjutnya dan kita bisa memanfaatkan momen bulan Ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya.

Bisa beribadah dan mendekatkan ibadah kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Semoga yang terbaik kita peroleh pada momen Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Sampai jumapa ada artikel-artikel selanjutnya. Terimakasih dan salam

Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply