Untuk Memahami Indikator RSI Saham, Simak 5 Hal Berikut Ini

Untuk Memahami Indikator RSI Saham, Simak 5 Hal Berikut Ini

Bagi investor atau trader pemula mungkin cukup asing dengan indikator RSI saham. Untuk memahami indikator ini memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk bisa membaca dan memahaminya. Tak hanya itu, investor juga tentunya harus memahami terlebih dahulu tentang indikator itu sendiri.

Apa Itu Indikator RSI Saham?

Indikator RSI saham adalah suatu indikator yang dapat digunakan untuk menganalisis bagaimana kondisi pasar saham saat itu juga. Hal ini tentunya sangat penting bagi investor dan trader untuk mengambil langkah selanjutnya serta keputusan terkait investasi dan trading yang sedang dilakukan.

Seperti diketahui, sebelum mengambil keputusan dalam trading sebaiknya memang dilakukan analisis terlebih dahulu. Tujuannya supaya keputusan yang diambil benar-benar tepat sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari dan juga untuk menekan potensi kerugian. Tak hanya itu, RSI juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam melihat momentum.

Yaitu, untuk melihat apakah harga dari saham yang telah dimiliki saat ini sudah mengalami puncaknya sehingga sangat bagus untuk dijual karena bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Oleh karena itu, indikator ini sangat penting dalam berinvestasi dan trading, juga sebaiknya sering dipantau oleh investor.

5 Hal Penting dalam Indikator RSI.

Untuk Memahami Indikator RSI Saham, Simak 5 Hal Berikut Ini

Mengetahui apa itu pengertian dari indikator RSI saham saja tentunya tidak cukup. Trader juga sebaiknya mengetahui beberapa hal untuk bisa lebih memahami indikator. Setidaknya, ada 5 hal penting yang perlu diketahui yaitu:

1. Aturan Beli

Indikator RSI juga sangat erat kaitannya dengan aturan beli saham. Momen terbaik dalam membeli saham yaitu ketika harganya sedang turun atau setidaknya harganya masih tetap stabil dan memiliki prospek bagus. Selain dilihat dari portofolio atau performa perusahaan dalam menghasilkan omzet prospek juga bisa dilihat dari perkembangan harga saham.

Ketika harganya terus berkembang naik, maka ada kemungkinan bahwa harga masih terus naik ketika sudah dibeli. Lalu bagaimana untuk melihat momen terbaik untuk membeli saham yang dapat dianalisis dari indikator RSI? Jawabannya, ketika nilai RSI menunjukan nilai di bawah 30.

2. Aturan Jual

Indikator RSI juga bisa digunakan untuk melihat momen terbaik dalam menjual saham. Nilai yang menunjukan angka di atas 70 menandakan bahwa kondisi pasar sedang mengalami jenuh beli dan momen ini merupakan momen terbaik untuk menjual saham. Di mana setelah pasar mengalami jenuh jual pada umumnya tak lama lagi saham akan mengalami jenuh jual di mana harga saham berpotensi menjadi anjlok.

3. Failure Swing

Failure Swing yang juga bisa diartikan sebagai gagal ayun adalah kondisi di mana grafik indikator RSI berbalik dengan konsisten. Adapun, kondisi seperti ini menunjukan bahwa harga saham sedang tidak stabil karena terdampak oleh beberapa hal. Misalnya karena kondisi ekonomi nasional dan global atau beberapa kebijakan pemerintah yang membuat perusahaan atau sektor tertentu yang berkaitan dengan saham ikut terdampak.

4. Bullish Failure

Ketika grafik indikator menunjukan nilai yang terus turun di bawah angka 30, artinya pasar saham sedang mengalami bullish failure. Kondisi seperti ini tentunya sangat baik untuk segera menjual saham karena harganya yang terus melonjak dikarenakan tingginya minat beli sementara ketersediaan saham yang dijual sangat terbatas.

5. Bearish Failure

Kondisi bearish failure menunjukan kondisi harga saham sedang anjlok hingga ke titik jenuh jual. Dalam kondisi seperti ini, seorang investor ataupun trader sangat tidak dianjurkan untuk menjual saham karena berpotensi menyebabkan kerugian.

Memahami Indikator RSI Saham

Demikian informasi seputar indikator RSI saham, mulai dari pengertian hingga 5 hal penting yang perlu diketahui telah dijelaskan dalam artikel ini. Para trader yang sudah berpengalaman selalu memantau indikator ini untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Terimakasih kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda.

Berikan komentar anda dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga anda yang membutuhkan informasi ini.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca Juga :

Aplikasi Cek Bansos Kemensos Bagaimana Cara Download dan Daftarnya.

Arti Bullish dalam Trading.

Saham yang Bagus untuk Trading dan Sudah Terpercaya.

Cara Dapat Uang Dari Snack Video hanya dengan menonton Video.

Download Dan Miliki Aplikasi Android Untuk Sadap Chat WA Whatsapp terbaik.

Suku Bunga Deposito Bank Bukopin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!