TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN…

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai Teman,  apa kabar semuanya? Semoga baik dan sehat selalu

Puasa Ramadhan sudah berjalan hampir setengah bulan, dan akhirnya lebaran sebentar lagi tiba. Saat mudik pun sudah hampir tiba.

Sebelum kita melakukan perjalan mudik sebaiknya kita melakukan persiapan-persiapan. Semua harus kita persiapkan dengan matang agar perjalanan mudik kita menjadi lancar dan aman.

Berikut ini beberapa tips agar perjalanan mudik anda menjadi lancar dan aman.

  1. Tentukan Cara mudik

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN. Menentukan bagaimana cara kita mudik adalah hal yang pertama kita tentukan sebelum kita melakukan perjalan mudik. Ada banyak cara yang bisa dipiih untuk mengantarkan kita mudik. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan ada juga dengan kendaraan umum.

Bila kita memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi kita bisa memilih menggunakan mobil bagi yang memiliki atau dengan sepeda motor. Jika memakai kendaraan umum ada 4 pilihan yaitu dengan pesawat terbang, kapal laut, kereta api dan bis umum.

Sedangkan Bila kita memilih menggunakan kendaraan pribadi kita juga harus mempersiapan kendaraan kita dan juga fisik kita sendiri sebagai pengendara atau pengemudi.

tetapi bila kita memilih menggunakan kendaraan umum kita harus menyiapkan tiket perjalanan jauh hari sebelum hari H kita melakukan perjalanan mudik. Kenapa harus dipersiapan jauh-jauh hari karena untuk mendapatkan tiket biasanya harus antri. Ditakutkan bila waktu yang mepet bisa-bisa kita kehabisan tiket yang akhirnya menyebabkan jadwal mudik menjadi berubah lagi.

[ Baca juga artikel cara berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan saat mudik lebaran : Klik DISINI ]

[ Baca juga artikel Tips memilih menu berbuka puasa : Klik DISINI ]

  1. Ketahui dan pahami rute perjalan mudik
Tips agar perjalanan mudik lancar dan aman. PETA JALUR MUDIK
Tips agar perjalanan mudik lancar dan aman. PETA JALUR MUDIK

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN. Bila kita sudah memutuskan bagaimana cara kita mudik, hal selanjutnya yang harus diperhatikan dan diketahui adalah rute perjalanan mudik.

Dengan mengetahui dan memahami rute perjalanan mudik maka kita tidak akan mungkin kesasar.

saat kita menggunakan kendaraan pribadi maka peta rute perjalanan mudik wajib kita kantongi. Hal ini untuk menghidari kita salah jalan atau kesasar.

Bila kita penumpang kendaraan umum dengan mengetahu rute perjalanan kita bisa mengetahui sampai dimana kita saat perjalanan. Biasanya pemerintah dalam hal ini kementrian perhubungan membagikan peta perjalanan mudik setiap tahunnya.

Dengan mengetahui dan memahami rute perjalanan maka mudik anda akan lebih lancar dan aman.

  1. Persiapkan bekal

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN. Perjalanan mudik membutuhkan waktu yang lama, karena biasanya kita menempuh puluhan bahkan ratusan kilometer. Untuk itu kita harus mempersiapkan bekal untuk perjalanan mudik kita.

Bekal bisa berupa apa saja, ada makanan, minuman, obat-obatan, uang, baju ganti, make up, perlengkapan mandi, perlengkapan ibadah dan lain sebagainya. Dengan mempersiapkan bekal dengan baik maka kita tidak akan kerepotan dalam perjalanan mudik dan perjalanan mudik kita menjadi lancar dan aman.

  1. Persiapkan fisik

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN. Fisik yang prima adalah hal yang paling utama sebelum melakukan perjalan mudik. Jaga kesehatan kita sebelum melakukan perjalanan mudik. Konsumsi makanan yang begizi agar tubuh kita tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Untuk yang mengemudi atau mengendarai kendaraan hindari mengkonsumsi obat yang menyebabkan kantuk dan hindari minuman beralkhohol. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik. Dengan mempersiapan fisik yang prima maka perjalanan mudik anda akan lancar dan aman.

[ Baca juga artikel cara berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan saat mudik lebaran : Klik DISINI ]

[ Baca juga artikel Tips menjaga bau mulut saat puasa : Klik DISINI ]

  1. Patuhi rambu-rambu lalulintas

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN. Jika kita mengendarai sendiri kendaraan bermotor kita maka kita harus taat aturan. Patuhi rambu-rambu lintas yang ada. Gunakan alat keamanan pengendara, seperti sabuk pengaman untuk mobil, helm untuk sepeda motor.

Persiapkan surat-surat kendaraan kita dan jangan sampai ketinggalan karena ini menjadi identitas kita sebagai pemilik kendaraan. Tidak menggunakan alat komunikasi saat mengemudi. Dengan mematuhi rambu-rambu lalulintas maka perjalanan mudik kita akan lancar dan aman.

  1. Istirahat bila lelah

Bila kita mengendarai sendiri kendaraan kita maka istirahatlah saat kita sudah melakukan perjalanan selama 4 jam. Hal ini untuk menghindari kita kehilangan fokus dan kontrol saat dijalan.

Karena tubuh kita pasti sudah lelah saat kita melakukan perjalanan selama 4 jam. Istirahatlah ditempat yang sudah disediakan dengan sekedar minum teh atau kopi. Lakukan peregangan agar tubuh kita menjadi relax kembali.

Saat dirasa sudah cukup waktu istirahat maka kita bisa melanjutkan perjalan kembali. Dengan istirahat yang cukup maka perjalanan mudik kita akan lancar dan aman.

TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN. 

Tersedia informasi faskes BPJS Kesehatan didaerah pantura antara lain:

[ Baca juga artikel Tips menjaga menjaga wajah tetap segar sepanjang hari : Klik DISINI ]

[ Baca juga artikel cara berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan saat mudik lebaran : Klik DISINI ]

Demikian tadi beberapa tips agar perjalanan mudik anda lancar dan aman. Ada banyak tips yang lain yang mungkin sudah dijabarkan. Semoga ini bisa melengkapi dan menambah referensi. Semoga perjalanan mudik anda lancar dan aman, selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul dengan keluarga besar anda. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Wasalamualaikum Wr. Wb

 

Web BPJS Kesehatan

One Reply to “TIPS AGAR PERJALANAN MUDIK LANCAR DAN AMAN”

Leave a Reply