Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020.

Tipssehatcantik.com – hasil seleksi beasiswa Kemdikbud 2020, kapan pengumuman hasil dari seleksi beasiswa unggulan kemendikbud tahun ini.

Tentunya setelah melakukan pendaftaran beasiswa unggulan kemendikbud anda akan menunggu hasil seleksinya. Siapa saja nama yang lolos lulus seleksi beasiswa unggulan kemendikbud 2020 di universitas perguruan tinggi tahun ini.

Sebagai informasi bahwa Peserta yang diperkenankan mendaftar BU tahun ini hanya mahasiswa yang berasal dari dalam negeri.

Nantinya bagi anda yang lulus seleksi beasiswa unggulan Kemdikbud ini akan menerima bantuan pendidikan berupa Biaya pendidikan SPP/UKT/Semester, Biaya Hidup dan Biaya Buku.

Baca juga :

Pendaftaran Seleksi Beasiswa GYA Global Youth Action.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya

Contoh Psikotes Soal Matematika dilengkapi pembahasan Jawabannya.

Selanjutnya informasi Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020 adalah sebagai berikut.

Hasil seleksi tahap pertama penerimaan beasiswa kemendikbud akan diumumkan secara online melalui email yang di daftarkan. Dan bagi peserta yang lolos akan melanjutkan seleksi tahap kedua.

Untuk seleksi tahap kedua, prosesnya akan lebih memperhatikan unsur kesehatan dan keselamatan. Jika wawancara pada tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, tahun ini apabila perkembangan COVID-19 masih mengkhawatirkan maka teknis seleksi akan menggunakan aplikasi virtual.

Disampaikan panitia bahwa Untuk tahun ini, wawacara tatap muka hanya akan dimungkinkan pada zona wilayah yang dinyatakan aman dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk hasil seleksi tahap akhir juga akan di sampaikan melalui email peserta yang sudah di daftarkan.

Seperti tahun sebelumnya, bahwa proses pendaftaran dan seleksi beasiswa unggulan Kemendikbud berlangsung sekitar 3 (tiga) minggu, semoga tidak banyak perubahan.

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020.

 

Berikut ini admin sampaikan informasi dari website resmi kemenkdibud :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka beasiswa unggulan Tahun 2020. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar berharap, calon penerima Beasiswa Unggulan (BU) dapat bersiap dan lakukan perencanaan studi yang baik ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Minimal setahun harus memikirkan baik-baik rencana studi, agar Anda siap secara mental. Harus ada titik sambung antara promotor beasiswa dengan minat yang Anda kehendaki,” ucap Abdul Kahar ketika menyampaikan sambutannya dalam acara Webinar Sosialisasi Pembukaan Beasiswa Unggulan Tahun 2020 yang berlangsung secara virtual, Jumat (25/9/2020).

Lebih lanjut, Abdul Kahar menegaskan, perencanaan studi di perguruan tinggi membutuhkan pertimbangan yang cermat. Hal tersebut dilakukan karena menyangkut pemilihan program studi yang sesuai minat, materi kuliah yang akan diambil, dan proposal riset/penelitian yang akan diajukan agar kompetensi mahasiswa dapat berkembang sesuai harapan.

Perlu diketahui, Program BU tahun 2020 mengalami beberapa penyesuaian ditengah pandemi COVID-19. Peserta yang diperkenankan mendaftar BU tahun ini hanya mahasiswa yang berasal dari dalam negeri.

Loading...

Selain itu, untuk seleksi tahap kedua, prosesnya akan lebih memperhatikan unsur kesehatan dan keselamatan. Jika wawancara pada tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, tahun ini apabila perkembangan COVID-19 masih mengkhawatirkan maka teknis seleksi akan menggunakan aplikasi virtual. “Untuk tahun ini, wawacara tatap muka hanya akan dimungkinkan pada zona wilayah yang dinyatakan aman dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya.

Terkait ketentuan pendanaan, terdapat perubahan kebijakan yang perlu dicermati. Pertama, beasiswa akan dikurangi/dipotong sebesar 5% dari keseluruhan biaya yang diberikan apabila mahasiswa memperoleh indeks prestasi kurang dari 3,00 untuk jenjang S1, dan 3,25 untuk jenjang S2/S3. Kedua, penerima BU yang memperoleh indeks prestasi kurang dari 3,00 pada program S1 atau kurang dari 3,25 pada program S2/S3 secara berturut-turut selama 2 (dua) semester dapat dikenai sanksi pembatalan sebagai penerima beasiswa.

Penerima BU juga dapat dikenai sanksi pengembalian dana beasiswa yang diterima ke kas negara apabila menerima beasiswa dari sumber lain dengan komponen beasiswa yang sama; pindah Perguruan Tinggi dan/atau program studi; berhenti dalam pendidikan; dan/atau mengundurkan diri sebagai penerima BU.

“Bagi teman-teman yang sudah mendapat KIP Kuliah, jangan mendaftar BU lagi. Jika sudah dapat bantuan UKT juga harus pilih salah satu,” jelas Kahar.

Pendaftaran BU akan ditutup pada tanggal 3 Oktober 2020. Kahar mengingatkan agar calon pendaftar memperhatikan seluruh informasi program. “(Diawali) membaca, menyiapkan dokumen, dan jangan terburu-buru men-submit. Mahasiswa harus betul-betul menyiapkan dokumennya,” pesannya.

“Informasi lebih lanjut, mahasiswa dapat mengakses ke laman: beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Jika ada pertanyaan silakan disampaikan melalui email: [email protected] atau hotline: 0821 6755 6665. Jangan ke nomor lain,” pesannya.

Sementara itu, salah satu syarat untuk mendaftar BU adalah peserta diwajibkan untuk membuat esai dengan tema ‘Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia’. Ia berharap, esai yang dituliskan mampu menggambarkan prestasi calon penerima BU dengan jelas.

“Menulis esainya harus bisa menggambarkan prestasi kalian karena kita sedang mencari karakter generasi penerus bangsa. Kami akan melihat portofolio seluruh pendaftar termasuk anak-anak di wilayah 3T karena beasiswa ini berskala nasional maka semua memiliki kesempatan yang sama untuk berkompetisi,” terangnya.

Beasiswa Unggulan memberi kesempatan bagi orang-orang yang bertalenta unggul untuk kuliah S1, S2, dan S3. Kapuslapdik mengapresiasi animo masyarakat yang tinggi untuk mengikuti seleksi ini. Hingga hari ketiga seleksi BU dibuka, tercatat sebanyak 31.800 orang telah mendaftar. “Mari manfaatkan BU sebagai upaya mempersiapkan SDM unggul di masa depan,” tutup Abdul Kahar.

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020.

Untuk pertanyaan seputar Seleksi Beasiswa Unggulan Kemendibud 2020 bisa dilihat di bawah ini.

Frequently Asked Questions


Tuesday, 22 September 2020 , Admin

Frequently Asked Questions

Frequently Asked Questions

Q : Apa yang dimaksud mahasiswa baru dan mahasiswa on-going?

A : Mahasiswa baru adalah mahasiswa yang baru mendapatkan surat keterangan lulus di perguruan tinggi atau mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS. Sedangkan mahasiswa on-going adalah mahasiswa yang sudah memulai perkuliahan maksimal semester 3 (semua jenjang) atau masuk perkuliahan pada tahun 2019.

 

 

 

Q : Apakah saya bisa mengajukan permohonan bantuan dana riset skripsi/tesis/disertasi?

A : Tidak bisa. Program Beasiswa Unggulan 2020 tidak menerima permohonan bantuan dana riset skripsi/tesis/disertasi pada program Beasiswa Unggulan, dan program Beasiswa Unggulan apabila diterima sebagai penerima Beasiswa Unggupan, diperkenankan mengajukan pada Lembaga donor lainnya.

 

 

 

Q : Siapa saja yang bisa mendaftar Beasiswa Pegawai Kemendikbud? Apakah guru bisa mendaftar?

A : Yang dimaksud pegawai kemendikbud adalah Pegawai Negeri Sipil Kemendikbud pusat dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan daerah. Untuk guru silahkan mendaftar di Beasiswa Masyarakat Berprestasi

 

 

 

Q : Apa itu LoA Unconditional?

A : LoA Unconditional adalah nama lain/istilah lain dari surat dinyatakan lulus di perguruan tinggi tujuan tanpa syarat tambahan.

 

 

 

Q : Apakah bisa menggunakan LoA Conditional (lulus bersyarat)?

A : Tidak bisa.

 

 

 

Q : Bagaimana untuk persyaratan LoA apabila saya sudah on-going?

A : LoA bisa diganti dengan surat keterangan aktif sebagai mahasiswa yang diterbitkan oleh kampus atau bukti pada saat pertama diterima di perguruan tinggi

 

 

 

Q : Apakah boleh menyusul submit persyaratan setelah proses pendaftaran selesai? Misal LoA atau TOEFL/IELTS

A : Tidak boleh. Seluruh persyaratan wajib di “submit” sebelum masa pendaftaran berakhir.

 

 

 

Q : Apa bisa mendaftar diluar pilihan universitas yang disediakan?

A : Tidak bisa. Salah satu persyaratan Beasiswa Unggulan adalah telah diterima pada Perguruan Tinggi minimal akreditasi B. Apabila memenuhi kriteria tersebut namun tidak ada didalam list, silakan cek terlebih dahulu perguruan tinggi anda disini https://ban-pt.ristekdikti.go.id/direktori/institusi/pencarian_institusi lalu laporkan ke email Beasiswa Unggulan dengan mencantumkan akreditasi dan nomor SK akreditasi resmi dari Ban-PT.

 

 

 

Q : Pilihan universitas saya memenuhi persyaratan akreditasi namun tidak ada didalam daftar pilihan?

A : Silakan laporkan ke email Beasiswa Unggulan dengan mencantumkan akreditasi dan nomor SK akreditasi resmi dari Ban-PT. Juga nama lengkap program studi dan akreditasinya serta nomor SK akreditasi resmi dari Ban-PT.

 

 

 

Q : Akreditasi perguruan tinggi pilihan saya sudah memenuhi kriteria. Apakah program studinya harus A?

A : Untuk tahun 2020, akreditasi prodi tidak harus A. Apabila akreditasi perguran tinggi sudah B, seluruh prodinya bisa diajukan.

 

 

 

Q : Apakah bisa memilih tujuan luar negeri?

A : Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi tahun 2020 mengutamakan program pembelajaran dalam negeri atau kampus dalam negeri

 

 

 

Q : Apa bisa menggunakan sertifikasi bahasa Inggris selain TOEFL atau IELTS?

A : Tidak bisa. Saat ini Beasiswa Unggulan hanya menerima sertifikasi bahasa Inggris TOEFL ITP atau IBT dan IELTS (Lihat contoh dibawah).

 

 

 

Q : Semester/kelas berapa saja yang harus diupload di Rapor SMA/SMK/MA?

A : Semua semester/kelas.

 

 

 

Q : Apa ada format proposal yang baku?

A : Tidak ada format khusus untuk proposal, namun diharapkan terdapat rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat.

 

 

Q : Apa ada format essay yang baku?

A : essay dengan tema/judul: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran huruf 12 dengan spasi 1.5 line.

 

 

 

Q : Apa ada format surat rekomendasi yang baku?

A : Silakan download disini.

 

 

 

Q : Surat rekomendasi diberikan oleh siapa?

A : Surat rekomendasi bisa diberikan oleh seluruh Civitas Akademik pada universitas/sekolah asal maupun universitas tujuan. Bisa juga diberikan oleh atasan kerja atau dari lembaga terkait.

 

 

 

Q : Apa ada format surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain?

A : Silakan download disini.

 

 

 

Q : Apa ada format surat pernyataan khusus untuk Pegawai Kemendikbud?

A : Silakan download disini.

 

 

 

Q : Setelah melengkapi seluruh form, apa langkah selanjutnya?

A : Pastikan sudah klik tombol “simpan” pada setiap tab. Setelah menyimpan data pada setiap tab/bagian, silahkan klik tombol “submit” apabila sudah yakin. Data yang sudah ter-”submit” tidak dapat dilakukan perubahan/edit sampai pembukaan batch selanjutnya.

 

 

 

Q : Apabila saya tidak lulus di Batch 1 apa bisa mendaftar di Batch 2?

A : Program Beasiswa unggulan tahun 2020, hanya dibuka untuk satu kali tahap penerimaan, sedangkan proses pengumuman hasil hasil final dapat di lakukan lebih dari satu kali dengan memperhatikan keterdiaan dana.

 

 

 

Q : Kenapa saya tidak bisa menghapus data prestasi/organisasi/pekerjaan?

A : Mohon coba reload halamannya, apabila masih sama silahkan logout lalu login kembali di tab browser baru.

 

 

 

Q : Kenapa saya tidak bisa mengganti file yang saya upload?

A : Mohon coba reload halamannya, apabila masih sama silahkan logout lalu login kembali di tab browser baru.

 

 

 

Q : Email konfirmasi/aktivasi belum masuk sejak kemarin

A : Silahkan request kirim ulang email aktivasi dengan klik “Butuh Bantuan?” dibawah tombol “Login”. Apabila masih tidak ada, kemungkinan anda salah ketik email ketika registrasi. Harap hubungi email Beasiswa Unggulan.

 

 

 

Q : Bagaimana cara ubah password?

A : Silahkan reset dengan cara klik “Butuh Bantuan?” (atau icon “?” pada web report) dibawah tombol “Login”.

 

 

 

Q : Bagaimana apabila saya salah ketik email/ganti email?

A : Silakan akses halaman https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/bantuan.

 

 

 

Q : Kenapa saya tidak bisa login padahal saya sudah registrasi dan konfirmasi/aktivasi?

A : Periksa kembali email/password yang anda ketik di form login, besar kecil huruf juga berpengaruh. Biasanya apabila login melalui browser mobile, huruf pertama yang Anda ketik akan besar/kapital.

 

 

 

 

 

CONTOH SERTIFIKAT BAHASA

 

TOEFL ITP

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

 

atau

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

 

atau

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

 

TOEFL IBT

 

IELTS


 

Admin juga bagikan informasi pendaftaran beasiswa unggulan Kemdikbud tahun 2019 sebagai perbandingan dengan seleksi tahun ini.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang S1, S2 dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, ditujukan kepada masyarakat berprestasi di segala bidang dan tidak diprioritaskan bagi dosen.

PROGRAM PRIORITAS:
Berdasarkan program prioritas NAWACITA, tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 2018 Beasiswa Unggulan memberikan prioritas pada bidang keilmuan sebagai berikut:
1. Pendidikan (Pendidikan PAUD, Pendidikan PGSD),
2. Kurikulum dan Pedadogi,
3. Manajemen dan Kebijakan Pendidikan,
4. Perfilman,
5. Seni Pertunjukan,
6. Seni Musik,
7. Kebudayaan,
8. Perpustakaan,
9. Arkeologi (Permuseuman),
10. Teknologi Informasi,
11. Kebijakan Publik,
12. Pariwisata
13. Industri Kreatif,
14. Teknologi Pangan,
15. MIPA,
16. Maritim,
17. Pertanian, dan
18. Energi.

PERSYARATAN DAN KELENGKAPAN BERKAS:

Beasiswa Jenjang S1:

Mahasiswa Baru
1. Maksimal 22 Tahun
2. Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
3. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
4. Peraih juara peringkat 5 besar

Mahasiswa On-Going
1. Maksimal 22 Tahun
2. Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah
3. IPK minimal 3.25 pada skala 4.0
4. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
5. Peraih juara peringkat 5 besar

Beasiswa jenjang S1 tidak diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL/IELTS.

Beasiswa Jenjang S2:

Mahasiswa Baru
1. Maksimal 32 Tahun
2. Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
3. IPK S1 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
6. Peraih juara peringkat 5 besar

Mahasiswa On-Going
1. Maksimal 32 Tahun
2. Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah
3. IPK S1 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
6. Peraih juara peringkat 5 besar

Beasiswa Jenjang S3:

Mahasiswa Baru
1. Maksimal 37 Tahun
2. Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B
3. IPK S2 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
6. Peraih juara peringkat 5 besar

Mahasiswa On-Going
1. Maksimal 37 Tahun
2. Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah
3. IPK S2 minimal 3.25 pada pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
4. Skor TOEFL ITP minimal 500/IBT 61, atau skor IELTS minimal 5.5
5. Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal 3 (tiga) tahun terakhir
6. Peraih juara peringkat 5 besar

Kelengkapan Berkas Beasiswa:
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going)
3. LoA Unconditional (Untuk On-Going ganti dengan surat tanda aktif kuliah)
4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir (Khusus On-Going)
5. ljazah dan transkrip nilai terakhir
6. Sertifikat TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS untuk S1 tidak diwajibkan)
7. Proposal rencana studi (rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat)
8. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait (download format disini: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/…/Surat%20Rekomend…)
9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain (download format disini: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/…/Surat%20Pernyata…)
10. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten
11. Essay menggunakan Bahasa Indonesia dengan judul: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 ha la man pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran huruf 12 dengan spasi 1.5 lines

PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara online di: http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

FAQ
https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/…/frequently-asked

Pengumuman hasil seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

Demikianlah informasi ini, Berikan komentar untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan, kontribusi anda dalam berkomentar akan sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Jangan lupa Tinggalkan Jejak anda.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

Baca juga :

Soal Psikotes Yang Sering Keluar dilengkapi Jawabannya.

Download Kumpulan Contoh dan Latihan Soal CPNS.

65 Contoh Soal Prediksi Seleksi SKD Tes TKD CPNS 2018 Lengkap Kunci Jawabannya.

Download Contoh Latihan Soal Tes Ujian Masuk PMB PKN STAN.

Tips membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Leave a Reply

error: Content is protected !!