Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Tipssehatcantik.com – Masih hangat dibicarakan, tentang kisah ibu muda asal Tangerang yang diposting dan menjadi viral di Facebook. Kisah postingan itu diunggah oleh akun Fitria Indah Lestari yang sedang mencurahan isi hati sang ibu muda karena anaknya meninggal akibat PNEUMONIA.

Kesedihan tersirat jelas pada postingan tersebut, itu semua terjadi disaat-saat yang sebenarnya menjadi momen bahagia keluarga muda ini.

Bagi anda yang belum sempat membacanya kami share kembali agar menjadikan kita semua tahu dan bisa belajar dari kasus ini untuk menjadi lebih waspada.

“Pagi itu, tgl 17 juli 2017 kami sekeluarga akan mengadakan pesta cukur rambut dan aqiqah untuk hafizh. Kami pun menginap dari seminggu yang lalu dirumah ibu mertuaku (acara diadakan dirumah ibu mertuaku, karna di rumahku lingkungannya terlalu sempit). Akhirnya pada malam acara itu putraku Hafizh ku bawa ke ruang tamu. Karna banyak tamu yg ingin melihat hafizh, aku terlalu sibuk dengan tamu, sampai aku tak menyadari kalau ada orang yang sedang merokok.

Awalnya hafizh baik-baik saja tak ada kendala. Sampai 2 hari sesudah acara itu, hafizh batuk-batik dan nafasnya tersendat sendat (sesak). Aku memberitahukan suamiku tentang keadaan hafizh, akhirnya aku diberikan obat batuk. Karna hafizh masih terlalu kecil, aku yang minum obatnya (saat itu aku menyusui).” tulis Fitria Indah Lestari yang diunggahan pada tanggal 9 Agustus 2017.

“Dokter menjelaskan hasil rotgennya hafizh “jadi gini bu, pak … Bayi hafizh ini mengalami pneumonia sangat berat. Ini hasil rotgennya, seharusnya paru parunya itu berwarna hitam. Tapi disini paru paru bayi hafizh hampir putih semua. Hitamnya hanya sebagian aja. Saya minta tanda tangan untuk persetujuan kalau nanti terjadi hal yang tidak diinginkan ya bu, pak”. Dengan beratnya aku pun menanda tangani surat persetujuan itu. Seketika pandanganku hilang, semua menjadi gelap,'” dikutip dari postingan Fitria Indah Lestari.

“Kulihat hafizh menatapku dalam dalam, seperti pertanda kalau ia akan meninggalkan aku pergi selamanya. Aku pun tersenyum membalas tatapannya. Malam itu pukul 19.00 hafizh sesak parah, nafasnya berbunyi kencang. Kata dokter ia harus segera dibawa ke ruang PICU,”

”Matanya sudah mulai lemas dan membiru, ku elus kepalanya sambil ku bacakan doa doa agar hafizh diberikan mukjizat oleh Allah. Usahaku pun gagal, akhirnya aku menyerah dan pasrah. “de, kalo dd mau pergi, bunda, ayah dan semuanya udah ikhlas ko. Bobo yg tenang ya de. Bunda sayaaanggg banget sma dd hafizh” ucapku dalam isak tangis. Kucium keningnya dan tak lama hafizh pun “tiada”. Innalilahi wa innalillahi roji’un. Semua menjadi sangat gelap. Duniaku telah pergi untuk selamanya. Tangis ku dan tangis suamiku meledak,’

“Ya Allah, jika ini yg terbaik. Lindungilah hafizh, berikanlah ia tempat yang indah di surgaMu. Berikanlah ketabahan dan kekuatan untuk kami yang ditinggalkan. Amiin”

Demikian kutipan postingan dari akun Fitria Indah Lestari. Banyak hal yang bisa diambil sebagia pelajaran buat kita semua.

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Berawal dari Aqiqah yang ternyata diantara tamu ada yang merokok dan akhirnya menyebabkan meninggalnya seorang bayi. Diluar dari ini adalah Takdir Allah, disini bisa di lihat penyebab awal dari hal ini adalah asap rokok.

Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Apa Itu Pneumonia ?

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Pneumonia adalah kondisi di mana salah paru-paru yang mengalami peradangan atau  lebih dikenal dengan nama infeksi paru-paru. Pneumonia dapat menyebabkan kematian pada anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun.

Infeksi paru-paru ini menyerang sistem pernapasan bagian atas yang hidung dan tenggorokan. Ini bisa berupa pilek dan nyeri tenggorokan. Lalu setelah 2(dua) sampai 3(tiga) hari infeksi tersebut akan menjalar ke paru-paru.

Kemudian  infeksi ini menghambat pergerakan udara dalam paru-paru, sehingga Anda akan semakin mengalami kesulitan dalam bernapas. Otomatis pasokan oksigen menjadi berkurang, hal itu yang sangat berbahaya.

Sebagian besar pneumonia dapat ditangani hingga sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu (pneumonia karena virus umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama). Namun kondisi Anda tentu akan lebih buruk bila pneumonia yang Anda alami dibarengi dengan keberadaan penyakit lain dalam tubuh Anda.

Penyebab Pneumonia

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Penyebab Pneumonia cukup banyak, diantaranya adalah dari bakteri,  jamur, serta sejumlah virus. Bahkan virus flu juga dapat memicu pneumonia pada anak.

Penyakit ini cenderung menyerang anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya bayi yang tidak mendapat air susu ibu (ASI) atau anak yang kurang gizi, anak-anak dengan HIV, bahkan anak yang terinfeksi campak juga berisiko terkena pneumonia.

Faktor lingkungan juga dapat meningkatkan risiko anak balita terkena pneumonia, terutama asap rokok bisa dari orang tua yang merokok atau orang disekitar kita yang merokok. Juga tinggal di pemukiman padat penduduk bisa memicu terserangnya Pneumonia.

Gejala Pneumonia pada anak-anak

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Apabila Pneumonia menyerang paru-paru bagian bawah, gejala dan tanda-tanda infeksi sulit terlihat. Tetapi bila menyerang paru-paru bagian atas akan mudah dideteksi. Berikut ini tanda-tanda umum atau gejala yang biasanya terjadi pada anak yang terserang Pneumonia :

  • Demam, ini pertanda yang umum terjadi saat terserang Pneumonia.
  • Batuk, batuk kering dan mungkin juga berdahak diikuti dengan lendir atau mukus berwarna hijau atau kuning.
  • Bernapas dengan agak sulit dan dengan nada yang tinggi,
  • Kesulitan bernapas. Umumnya anak-anak yang terserang Pneumonia tetap akan merasakan kesulitan bernapas bahkan saat ia tengah beristirahat.
  • Bila dirontgen paru-paru berwarna putih tidak gelap, ini merupakan indikasi terinfeksi paru-parunya.
  • Muntah-muntah,
  • Merasakan nyeri pada bagian dada.
  • Nyeri pada perut yang bisa terjadi karena usaha anak Anda yang terlalu keras untuk bernapas dengan normal.
  • Penurunan aktivitas. Badan menjadi lemah sehingga membuat malas untuk beraktifitas
  • Kehilangan nafsu makan. Sulit dan tidak mau makan.
  • Pada kondisi yang lebih parah warna bibir dan kuku anak Anda akan membiru.
  • Berkeringat disetiap saat.

Cara mencegah Pneumonia pada anak?

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Pada anak usia dibawah 5 tahun, merupakan usia yang rentan terhadap penyakit. Karena sistem imun tubuh yang belum cukup untuk melindungi tubuh dari serangan dan penularan penyakit.

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Beberapa tips bagaimana cara untuk mencegah Pneumonia:

  • Berikan gizi yang cukup untuk anak-anak, berikanlah asi pada bayi minimal 6 bulan pertama. Ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh bayi terhadap serangan penyakit.
  • Berikan imunisasi yang lengkap, Hib (haemophilus influenzaetipe b), vaksin campak, serta vaksin pertusis atau batuk rejan yang dikenal dengan imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus). Imunisasi tersebut  merupakan cara paling efektif untuk mencegah pneumonia.
  • Jauhkan anak dari asap rokok, belajar dari pengalaman kisah diatas maka harus di upayakan semaksimal mungkin anak bayi terhindar dari paparan asap rokok. Karena asap rokok memicu infeksi pada paru-paru.
  • Berperilaku hidup sehat, meliputi kebersihan diri seperti mencuci tangan sebelum makan, kebersihan rumah dan ventilasi udara yang baik, serta mengolah makanan secara bersih

Demikian informasi tentang Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok. Dengan belajar dari pengalaman diatas, diharapan orang tua lebih tahu dan paham bagaimana cara merawat dan menjaga anak-anaknya agar terhindar dari Pneumonia.

Dibutuhkan kesadaran semuanya untuk tidak meracuni anak-anak dengan asap rokok. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca blog ini, kami tunggu komentar anda untuk bisa menjadi informasi tambahan bagi kita semua. Terimakasih.

Tersedia juga :

Cara menurunkan kolesterol KLIK DISINI

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

Cara Mengobati Sakit Gigi Gusi Bengkak Berlubang Ampuh Secara Alami

Caraa mendaftarkan BPJS Kesehatan bagi bayi dalam kandungan

Sumber : https://www.facebook.com/riia28.eghite

Leave a Reply