Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Tipssehatcantik.com – Hidup sehat adalah hak setiap manusia, terutama bagi anak-anak yang memiliki masa depan yang masih panjang. Merupakan tanggung jawab orang tua dan tentu pemerintah untuk menjamin kehidupan yang sehat bagi anak-anak.

Hal ini juga berlaku bagi anak-anak agar terlindung dari penyakit campak (Measless ) dan juga Rubella.

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Defisinisi MR (Measless dan Rubella)

Apa sebenarnya MR (Measless dan Rubella), Measless atau dalam masyarakat lebih dikenal dengan nama Campak adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus dapat menyebabkan komplikasi yang serius sepeti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian.

Sedangkan Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Imunisasi MR (Measless dan Rubella)

Program Imunisasi MR (Measless dan Rubella) menjadi program pemerintah untuk mewujudkan eliminasi campak dan mengendalikan penyakit rubella serta kecacatan bawaan akibat rubella (Congenital Rubella Syndrome) di Indonesia pada tahun 2020.

Sedangkan Imunisasi Measles (campak) Rubella (MR) diberikan kepada anak untuk melindunginya dari penyakit kelainan bawaan, seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Tersedia informasi untuk mencegah kanker serviks

Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan. Tidak ada pengobatan untuk penyakit MR, namun dapat dicegah dengan Imunisasi MR.

Imunisasi MR sangat penting dan aman diberikan kepada anak. Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 4 tahun 2016 dijelasakan bahwa imunisasi pada dasarnya dibolehkan sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu.

Jika seseorang yang tidak diimunisasi akan meyebabkan kematian, penyakit berat atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, berdasarkan pertimbangan para ahli yang kompeten dan dipercaya, maka imunisasi hukumnya wajib.

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak
Imunisasi MR (Measless dan Rubella) aman?

Vaksin MR aman diberikan kepada anak. Vaksin MR adalah vaksin hidup yang dilemahkan berupa serbuk kering dengan pelarut. Kemasan vaksin adalah 10 dosis per vial. Vaksin MR diberikan secara subkutan dengan dosis 0,5 ml.

Jenis Vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit campak dan Rubella. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia.

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Apa efek samping Imunisasi MR (Measless dan Rubella) ?

Demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri di tempat bekas suntikan setelah imunisasi adalah reaksi normal yang akan menghilang dalam 2-3 hari. Kejadian pasca imunisasi yang serius sangat jarang terjadi.

Imunisasi MR merupakan upaya pencegahan yang harus dilakukan secara rutin dan terus-menerus. Setiap anak memiliki hak untuk mendaptkan imunisasi yang lengkap. Imunisasi merupakan investasi yang sangat berharga bagi masa depan anak.

Apabila orangtua memberikan imunisasi bagi anaknya, maka tidak hanya anak tersebut namun orang lain di dalam lingkungannya juga akan turut merasakan manfaatnya.

Banyaknya informasi yang salah mengenai imunisasi dan disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertangung jawab dapat menghalangi upaya pemenuhan hak anak atas kekebalan diri dari penyakit berbahaya melalui imunisasi.

Peran keluarga sangat dibutuhkan agar anak bisa mendapatkan haknya untuk meiliki kekebalan tubuh melalui imunisasi. Peran media pun sangat dibutuhkan untuk menyebarkan informasi yang benar terkait imunisasi MR ini dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Siapa saja yang harus mendapatkan Imunisasi MR (Measless dan Rubella)

Imunisasi ini diberikan untuk semua anak (laki-laki dan perempuan) usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun.

Selanjutnya, Imunisasi MR masuk dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD atau sederajat, menggantikan Imunisasi Campak.

Jadwal Pelaksanaan Imunisasi Imunisasi MR (Measless dan Rubella)

Pemberian imunisasi MR akan dilaksanakan dalam dua fase, yakni pada Agustus hingga September 2017 di seluruh wilayah di Pulau Jawa, dan pada Agustus hingga September 2018 di seluruh provinsi di luar Pulau Jawa.

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

”Pemberian imunisasi MR ditargetkan mencapai cakupan minimal 95%. Target itu dimaksudkan agar eliminasi campak dan pengendalian rubella dapat terwujud pada 2020,” tambah Menkes.

Sebagai langkah awal, pemerintah akan melakukan pencanangan nasional kampanye dan introduksi imunisasi campak dan rubella di Madrasah Tsanawiah 10 Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pencanangan akan dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan pelayanan imunisasi di sekolah. Kebehasilan kampanye ini sangat ditentukan oleh dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat.

Tahun ini, rencananya sejumlah 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 Puskesmas akan melaksanakan kampanye dengan total sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Sebanyak 34.964.384 anak akan diberi imunisasi MR (Measless dan Rubella).

Mari kita Sukseskan program pemerintah untuk imunisasi MR (Measless dan Rubella), semoga anak-anak penerus masa depan bangsa Indonesia menjadi sehat semua.

Demikian informasi tentang Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak.

Apabila ada informasi terbaru tentang imunisasi MR (Measless dan Rubella) mohon ditambahkan pada kolom komentar. Kami sangat menghargai sekali setiap komentar yang ada, karena itu sangat bermanfaat bagi kami dan pengunjung blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber Web Resmi Depkes

Tersedia juga :

Jenis Dan Manfaat Imunisasi Dasar Yang Di Berikan Pada Balita.

Cara menurunkan kolesterol KLIK DISINI

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Roko

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

Cara Mengobati Sakit Gigi Gusi Bengkak Berlubang Ampuh Secara Alami

Leave a Reply