6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS…

Assalamualaikum Wr. Wb.

www.tipssehatcantik.com6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS. Cara mencegah kanker serviks memang harus diketahui dan dipahami. Tetapi sebelum menuju kesana kita harus tahu dulu apa itu kanker serviks.

Masih hangat di pikiran kita, baru-baru ini kita mendengar dan  melihat berita tentang artis terkenal yang meninggal karena kanker serviks. Kita ketahui bahwa kanker merupakan mesin pembunuh yang sangat ditakuti.

Banyak ahli, ilmuwan, dokter spesialis dan orang-orang pintar dalam bidangnya berusaha mencari cara bagaimana menjinakkan dan bahkan mengobati penyakit kanker. Bukan hanya satu macam saja bahkan untuk semua jenis kanker.

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kanker serviks. Apakah sebenarnya kanker serviks itu? Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita.

Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Tetapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Kita tidak akan pernah berhasil mencegah suatu penyakit termasuk pernyakit kanker serviks ini tanpa mengetahui dahulu apa penyebabnya. Telah diketahui bahwa faktor utama penyebab kanker serviks adalah infeksi virus Human Papilloma atau disingkat HPV (Human Papilloma Virus) dan penularannya melalui hubungan seksual. Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala.

Ada beberapa cara untuk mencegah kanker serviks, diantaranya adalah :

  1. Lakukan suntik vaksin HPV
6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS. Cara mencegah kanker serviks yang pertama adalah dengan melakukan Vaksin HPV berguna untuk mencegah infeksi HPV. Tetapi fungsi vaksin bukan mengobati infeksi yang sudah ada. Untuk itu, vaksin HPV harus diberikan sejak awal sebelum seseorang terkena HPV.

Rekomendasi American Cancer Society, vaksinasi HPV rutin untuk anak perempuan dan anak laki-laki harus dimulai pada usia 11 atau 12. Seri vaksinasi bisa dimulai sejak usia 9.

Vaksinasi HPV juga dianjurkan untuk wanita berusia 13 sampai 26 tahun dan untuk laki-laki berusia 13 sampai 21 tahun yang belum divaksin, atau yang sudah mulai tapi tidak menyelesaikan serinya. Pria berusia 22 sampai 26 tahun juga dapat divaksinasi.

Vaksinasi HPV juga dianjurkan sampai usia 26 untuk pria yang berhubungan seks dengan pria lain dan untuk orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Untuk yang berusia 22 sampai 26 tahun dan belum vaksin, atau yang sudah mulai tetapi tidak menyelesaikan serinya, penting untuk diketahui bahwa vaksinasi pada usia lebih tua kurang efektif dalam menurunkan risiko kanker.

Vaksin di berikan sejak usia dini dikarenakan anak perempuan mendapatkan vaksin sebelum hubungan seksual pertama dan juga mereka belum mengetahui HPV. Untuk anak perempuan vaksin dapat mencegah hampir 100%.

 [ Baca juga cara alami menurunkan kolesterol ]

  1. Lakukan Pap Smear
6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS. 

Cara mencegah kanker serviks selanjutnya yaitu dengan melakukan tes Pap Smear.

Istilah Pap Smear berarti alat skrining untuk mendeteksi ada tidaknya kanker serviks. Wanita usia maksimal 29 tahun sebaiknya sudah melakukan tes Pap Smear minimal 3 tahun sekali. Sedangkan untuk usia maksimal 65 tahun minimal melakukan tes pap smear 5 tahun sekali.

Tes ini  merupakan tindakan medis untuk memeriksa leher rahim hingga panggul rahim. Test dilakukan agar dapat diketahui ada tidaknya kanker serviks.

Bila diketahui ada indikasi agar bisa diupayakan agar tidak menyebar dan mencegah sebelum kanker menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker serviks bisa ditularkan melalui hubungan sesksual akan tetapi tidak berarti untuk orang-orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual tidak terkena penyakit kanker serviks, karena penyebabnya bukan hanya hubungan intim saja dan wanita berpotensi terkena kanker ini.

Sedangkan waktu yang tepat untuk melakukan pap smear adalah :

  • Di anjurkan minimal 5 hari setelah menstruasi berhenti.
  • Jangan menggunakan jeli atau krim lainnya pada vagina sebelum melakukan tes
  • Jangan melakukan hubungan seksual sebelum melakukan tes

Untuk mendapatkan layanan tes Pap smear bisa ke klinik-klinik kesehatan, puskesmas dan rumah sakit.

  1. Hindari kontak dengan HPV
6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

Sebisa mungkin untuk menghindar dari kontak langsung dengan HPV. Karena HPV adalah adalah penyebab utama kanker serviks.

HPV ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi. HPV juga menyebar melalui hubungan seks, termasuk didalamnya vaginal, anal dan oral.

Jadi cara mencegah kanker serviks yang utama adalah hindari kontak dengan HPV

 [ Baca juga tips diet sehat ]

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS.

  1. Jangan bergonta-ganti pasangan

Kenapa disarankan untuk tidak bergonta-ganti pasangan, karena resiko yang ditimbulkan oleh kebiasaan bergonta-ganti pasangan sangat besar.

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang memiliki banyak pasangan dalam berhubungan seksual beresiko besar untuk terkena kanker serviks.

  1. Gunakan kondom

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

Memakai kondom memang bukan jaminan 100 persen untuk mencegah infeksi. Tetapi setidaknya dengan memakai kondom dengan baik dan benar dapat mengurangi sekitar 70 persen terjadinya infeksi.

Hasil ini berdasarkan penelitian para ilmuwan. Jadi salah satu cara mencegah kanker serviks adalah dengan memakai kondom saat aktivitas seksual.

 

6. Berhenti merokok

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS. 

Cara mencegah kanker serviks selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Racun rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu sel kanker muncul dan bertambah ganas.

Untuk itu kurangi aktivitas merokok dan usahakan untuk berhenti dari merokok agar tubuh kita menjadi sehat.

 [ Baca juga cara mendaftar BPJS Kesehetan untuk kayawan  ]

Demikian sedikit artikel mengenai cara mencegah kanker serviks. Semoga bisa bermanfaat dan membantu untuk dijadikan referensi. Terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

www.depkes.go.id/

Tersedia juga :

Cara menurunkan kolesterol KLIK DISINI

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

CARAa ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

Cara Mengobati Sakit Gigi Gusi Bengkak Berlubang Ampuh Secara Alami

One Reply to “6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS”

Leave a Reply