Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami…

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tipssehatcantik.com – Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami. Terkadang orang tidak menyadari saat asam urat mulai hinggap ditubuh. Kadang tiba-tiba pernah mengalami rasa sakit pada bagian sendi, terutama pada bagian jempol yang disertai pula dengan pembengkakan, pada saat itu sendi menjadi kemerahan akibat proses peradangan. Bila memang pernah mengalami yang demikian bisa jadi asam urat sudah menyerang tubuh anda. Jangan lakukan pemijatan pada bagian yang sakit karena hanya akan memperparah rasa sakit yang diderita. Kita harus tahu cara tepat mencegah dan mengobati asam urat.

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

Sebelumnya kita harus mengetahui apa penyebab asam urat. Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih maka ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian.

Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi.

Zat Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.

Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami. Makanan apa saja yang perlu dihindari bagi penderita penyakit asam urat antara lain adalah sebagai berikut

  • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Burung dan kelelawar.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein, lemak dan darah.

baca juga cara mencegah dan mengobati hipertensi KLIK DISINI

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh adalah:

  • Faktor Gaya Hidup.

Bagi mereka yang memiliki gaya hidup dengan konsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi dan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Dengan gaya hidup seperti ini maka kemungkinan terserang penyakit asam urat tentu lebih besar.

  • Faktor Kondisi Medis.

Memiliki Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia, sering dikaitkan dengan kasus asam urat. Kecenderungan terserang asam urat lebih besar bagi yang memiliki riwayat medis seperti ini

  • Faktor Obat-obatan.

Pada saat seseorang sedang dalam pemakaian obat seperti diuretik dan aspirin harus diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat. Jadi saat seseorang sedang dalam kondisi harus mengkonsumsi obat-obatan tersebut harus lebih rajin berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi tubuhnya agar terhindar dari penyakit asam urat.

  • Faktor Genetik.

Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat juga merupakan salah satu faktor risiko. Jadi seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

  • Faktor Usia dan Jenis Kelamin.

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami. Seseorang dengan jenis kelamin Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, tetapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan pria. Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun

Penanganan penyakit asam urat dapat dilakukan melalui dua sasaran utama , yaitu meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali.

Dalam meringankan gejala asam urat yang muncul, kamu bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada bagian sendi yang sakit. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Namun apabila tak kunjung berkurang rasa sakitnya, obat seperti colchicine atau corticosteroids terkadang juga diperlukan.

Sedangkan untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat kembali, kamu bisa memperbaiki pola hidup sehat seperti menurunkan berat badan, mengatasi stres, diet sehat, dan masih banyak lagi. Jangan lupa kombinasikan pula dengan konsumsi obat asam urat dari dokter agar hasilnya lebih maksimal.

Mengobati asam urat tak hanya dapat dilakukan melalui pengobatan dokter saja, kamu pun bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi penyakit ini. Adapun cara mengatasi asam urat antara lain:

  1. Makanan bersifat basa

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

Dalam sebuah buku berjudul “Alkalinize or Die” Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan kita rajin mengonsumsi makanan basa (buah, sayur, biji, dll) maka akan sangat efektif untuk membantu menurunkan asam urat.

Asam urat dalam tubuh pada dasarnya diproses melalui ginjal, nah makanan bersifat basa inilah yang membantu melarutkan asam urat tersebut kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine.

 

  1. Jus buah cerry

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami.

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami. Buah cerry memiliki senyawa asam yang cukup pekat. Kandungan asam ini mampu mengimbangi kadar asam urat yang ada dalam darah dan urine.

Selain itu buah cerry juga mengandung kalium dan nutrisi yang bisa membantu meringankan rasa sakit pada persendian.

Menurut data yang diterbitkan oleh Harvard University, cerry memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi tinggi. Kandungan antioksidan membantu mencegah radikal bebas berbahaya, sedangkan anti-inflamasi mencegah munculnya peradangan.

  1. Jus lemon

Berbicara mengenai buah masam, lemon juga termasuk salah satunya. Sifat masamnya yang tinggi inilah yang dapat kamu gunakan untuk mengobati asam urat tinggi. Mengingat, kandungan asam tersebut bisa membantu tubuh memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

  1. Jahe

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

Tahukah Anda bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga banyak yang menggunakan jahe sebagi obat asam urat terkhusus pada peradangan sendi gout. Caranya adalah sebagai berikut: Potong kecil-kecil jahe lalu rebuslah dengan air secukupnya sampai mendidih, setelah di rasa sudah hangat atau dingin minumlah setidaknya dua kali sehari.

Anda bisa menambahkan jahe dalam resep masakan, atau makanan kecil, sepotong baku jahe setiap hari. Anda juga dapat menambahkan satu-setengah sendok teh jahe untuk satu cangkir air mendidih dan aduk dengan baik. Minum larutan ini setidaknya sekali sehari.

Pilihan lain yaitu membuat pasta dari jahe dengan sedikit air, kemudian pasta ini dibubuhkan pada daerah yang sakit. Biarkan selama sekitar setengah jam. Lakukan ini sekali sehari.

5. Cuka madu

Mungkin masih terasa asing ketika kamu membaca ‘cuka madu’. Di Arab Saudi cuka madu disebut juga dengan propolis, biasanya obat asam urat ini banyak dijual oleh para pedagang obat herbal. Propolis merupakan kumpulan resin lebah yang bisa membantu memberikan sifat basa dalam tubuh, sehingga cukup efektif untuk menetralkan asam urat tinggi.

  1. Cengkeh dan ubi jalar

Tahukah kamu manfaat cengkeh dan ubi jalar? Ternyata, kedua bahan tradisional ini menjadi obat asam urat alami yang sudah digunakan oleh nenek moyang. Keduanya bisa membantu menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh.

Cara mengobati asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar:

Pertama-tama siapkan bahannya dulu seperti 5 butir dari cengkeh, dengan 5 butir kapulaga, dan 1 jari dari kayu manis, biji pala 5 gr, 15 gr jahe merah, air 1000 ml, serta 200 gram dari ubi jalar.

Selanjutnya cuci bersih bahan-bahan yang sudah disiapkan. Kemudian rebus dengan 1000ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya.

Saring air tersebut, kemudian konsumsi selagi masih hangat. Untuk ubi jalarnya, kamu bisa mengonsumsi langsung secara terpisah.

  1. Dengan daun salam

Daun salam biasanya banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga ketika sedang memasak. Daun ini mampu memberikan aroma masakan yang khas dan lezat. Selain bermanfaat bagi masakan, ternyata kandungan kalium dalam daun salam terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam:

  • Siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun salam dan 2 gelas air.
  • Setelah dibersihkan, rebus daun salam tadi dengan 2 gelas air.
  • Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan 1 gelas air.
  • Konsumsilah air rebusan daun salam tadi secara rutin maksimal 3 hari dua kali. Lakukan selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

Cara tepat Mengobati Asam Urat Tradisional dengan Metode obat-obatan 

Ketika asam urat Anda makin parah sampai menyerang sendi, biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan yang memiliki beberapa fungsi sekaligus; untuk mengurangi kadar kristal dalam sendi, mengurangi peradangan yang diakibatkan penumpukan kristal tersebut, serta mengurangi rasa sakitnya agar anda tidak begitu tersiksa lagi terutama di malam hari.

Selain untuk mengatasi gejala tersebut, ada juga obat yang diresepkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang agar kadar asam urat bisa turun perlahan-lahan.

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami. Berikut adalah beberapa jenis obat umum yang mungkin akan diresepkan dokter ketika Anda didiagnosis menderita asam urat:

 Beberapa jenis obat-obatan berikut dapat membantu meredakan asam urat, seperti :

  • Penggunaan obat anti-inflamasi non steroid yang digunakan untuk meredakan rasa sakit, seperti etoricoxib,  disclofenac, dan naproxen.
  • Penggunaan Colchicine untuk mengurangi kekuatan kristal-kristal natrium urat  dalam menyebabkan peradangan pada daerah persendian. Dengan berkurangnya kemampuan kristal-kristal tersebut, maka rasa sakit bisa berkurang.
  • Penggunaan kortikosteroid yang disuntikan ke dalam otot atau langsung ke dalam sendi yang mengalami radang untuk meredakan rasa sakit.

penyakit asam urat muncul salah satunya disebabkan karena kolestrol tinggi, ada baiknya setelah mengobati dengan cara diatas kamu baca juga cara menurunkan kolesterol KLIK DISINI agar nanti tak mudah kambuh kembali.

Demikian sedikit infromasi tentang Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami. Semoga bermanfaat dan kita terhindar dari penyakit asam urat. Dan bagi yang sedang sakit asam urat semoga lekas sembuh dan pulih kembali. Terimakasih

Wasalamualaikum Wr. Wb.

BPJS KESEHATAN : https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

Leave a Reply