Pengertian Investasi Jangka Pendek Jenis dan Keuntungannya

Pengertian Investasi Jangka Pendek Jenis dan Keuntungannya

Ada dua macam investasi yang dapat dipilih yaitu, jangka panjang dan jangka pendek. Ketika ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat melalui dana yang dimiliki, maka bisa memilih investasi jangka pendek. Tidak hanya minim resiko, jenis investasi ini juga mudah dipelajari. Berikut akan dijelaskan pengertian investasi jangka pendek hingga jenis instrumen yang ditawarkan:

Mengenal Investasi Jangka Pendek

Investasi yang satu ini dilakukan dalam waktu yang singkat. Umumnya rentang waktu yang ditawarkan untuk investasi jenis ini adalah 3 hingga 12 bulan saja. Walaupun terbilang singkat, namun investasi jangka pendek menawarkan kemudahan dalam mencairkan dana dengan cara yang fleksibel.

Para investor jangka pendek biasanya memiliki tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam waktu yang dekat. Tentunya dengan modal yang lebih rendah dibandingkan investasi jangka panjang. Menariknya, seseorang bisa investasi hanya dengan dana puluhan ribu rupiah saja.

Pengertian Investasi Jangka Pendek, Jenis dan Keuntungannya

Jenis Investasi Jangka Pendek

Setelah paham terkait pengertian investasi jangka pendek tentunya juga ingin mengetahui apa saja jenis-jenis investasi ini. Setelah mengetahui jenis investasi yang ditawarkan, seseorang bisa lebih mempertimbangkan manakah investasi yang sesuai dengan kondisi saat ini. Berikut adalah jenis investasi jangka pendek yang tersedia:

1. Sekuritas

Investasi jangka pendek yang banyak diminati yaitu sekuritas saham biasa maupun saham preferen. Investasi melalui saham menunjukkan bahwa investor sudah memiliki sebagian dari perusahaan tersebut. Hal ini disesuaikan dari banyaknya jumlah saham yang dimiliki.

2. Deposito

Investasi jangka pendek yang berikutnya adalah deposito. Investasi ini berupa tabungan bank dengan periode waktu tertentu. Jangka waktu deposito sangat beragam, yaitu mulai dari 1 hingga 24 bulan. Pada dasarnya, uang akan disimpan dalam deposito dan tidak boleh dicairkan sebelum jatuh tempo. Investor akan mendapatkan bunga setiap bulan secara fluktuatif.

3. Tabungan

Salah satu bentuk investasi jangka pendek yang banyak dipilih adalah tabungan. Menyimpan uang di bank berarti sudah melakukan investasi. Dengan investasi ini, maka uang dapat dicairkan kapanpun secara mudah. Walaupun demikian, tabungan ini kurang diandalkan untuk keperluan finansial jangka panjang.

4. Obligasi Negara Ritel

Jika ingin mencoba investasi jangka pendek yang 100% aman maka cobalah untuk memilih Obligasi Negara Ritel. Investasi ini menjadi alternatif investasi dengan modal yang terjangkau yaitu mulai Rp 1 Juta saja. Jangka waktu investasi biasanya sekitar 3 tahun. Nantinya investor akan menerima hasil yang besar dan dibayarkan setiap bulannya.

5. Reksa Dana

Salah satu investasi yang memiliki banyak peminat yaitu Reksa Dana. Jenis investasi ini dianggap sangat mudah dan tidak merepotkan. Karena investor hanya perlu menyetorkan dana melalui konsorsium selanjutnya manajer investasi yang akan mengaturnya. Dana yang diinvestasikan akan ditempatkan di berbagai instrumen investasi dengan jangka waktu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

6. Fintech Peer to Peer Lending

Adalah produk investasi dimana investor akan memberikan modal kepada para pelaku UMKM di Indonesia. Keuntungan pengelolaan dana yang diperoleh investor adalah dari suku bunga. Adapun jangka waktu investasi di P2P Lending bisa ditentukan secara bebas mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun..

Keuntungan Investasi Jangka Pendek

Kebanyakan orang memang lebih memilih memulai berinvestasi jangka pendek. Dikarenakan banyak keuntungan yang akan didapatkan melalui investasi jenis ini. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan diperoleh investor jangka pendek:

  • Bisa dijadikan sebagai passive income;
  • Pengembalian dana serta pendapatan keuntungan dapat dilakukan dengan cepat;
  • Bisa menjadi tambahan cash flow;
  • Merupakan produk simpanan yang menguntungkan karena dapat dinikmati secara cepat dan mudah;
  • Dapat memenuhi berbagai kebutuhan tertentu dalam jangka pendek;
  • Tingkat risiko sangat kecil;
  • Menjadi sarana belajar dan mencari pengalaman investasi bagi pemula; dan
  • Modal tidak terlalu besar yaitu mulai dari Rp 100 ribu.

 

Pengertian Investasi Jangka Pendek Jenis dan Keuntungannya.

Itulah pengertian investasi jangka pendek serta keuntungan yang akan diperoleh investor. Jenis investasi ini sangat cocok bagi pemula karena dana yang diinvestasikan akan dikelola untuk berbagai hal yang mudah dicairkan. Namun sebelumnya, pastikan untuk menentukan tujuan investasi jangka pendek untuk apa. Sehingga bisa memperoleh manfaat sesuai yang diharapkan.

Baca juga :

Antara Investasi Emas atau Saham, Mana yang Lebih Baik

Mengenal Investasi Reksa Dana Tokopedia yang Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published.