Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami…

Tipssehatcantik.com – Assalamualaikum Wr.Wb, Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami.

Bagaimana cara menurunkan tekanan darah dan hipertensi dengan cepat dan mudah? Obat hipertensi yang paling ampuh dan mujarab tanpa efek samping.

Hipertensi merupakan hal sangat ditakuti pada masa sekarang. Dikenal dengan julukan the silent killer, “si pembunuh tak terlihat” hipertensi telah memakan korban dengan jumlah yang sangat banyak. Di Indonesia bahkan didunia hipertensi merupakan ‘’ the top player ’’  sebagai penyakit pembunuh nomer satu.

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alamiCara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Sebenarnya apakah itu hipertensi ? menurut WHO, definisi Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan istirahat/tenang.

Peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai.

Penyebab terjadinya hipertensi dibagi menjadi dua, yaitu hipertensi esensial dan hipertensi non esensial. Hipertensi esensial adalah adalah hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya. Hipertensi jenis ini berkaitan dengan pola hidup dan pola makan. Pola hidup yang paling sering terjadi yaitu inaktivitas atau kurangnya aktivitas tubuh atau kurang bergerak. Pada umumnya penderita hipertensi termasuk dalam kelompok ini.

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. 

Hipertensi non esensial yaitu hipertensi yang diketahui penyebabnya, diantaranya adalah dikarenakan penyakit gagal ginjal dan pemakaian obat tertentu seperti Pil KB.

[Baca juga cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat : KLIK DISINI ]

Gejala Hipertensi

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Gejala hipertensi tidak tergantung pada emosi seseorang. Misalnya mudah marah atau sering marah yang diindentikkan dengan darah tinggi. Hal tersebut kaitannya hanya karena sifat seseorang. Diantara gejalanya adalah sebagai berikut.

  1. Terasa sakit di kepala
  2. Terasa pegal pada tengkuk kepala
  3. Pusing yang berputar tujuh keliling seperti ingin jatuh
  4. Jantung berdebar cepat
  5. Telinga yang berdenging

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami bisa dilakukan dengan mengikuti pola hidup yang sehat, diantaranya

  1. Rutin Cek Kesehatan

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin termasuk pengecekan tekanan darah, kolesterol juga gula darah. Dengan mengetahui kondisi semuanya maka kita bisa melakukan pencegahan sejak dini. Lakukan pengecekan kesehatan minimal 2 bulan sekali agar kondisi kita tetap terpantau.

  1. Lakukan aktivitas fisik atau berolahraga

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Melakukan pergerakan anggota tubuh bisa dilakukan dengan bermacam-macam aktivitas seperti berkebun dan melakukan aktivitas rumah lainnya. Aktivitas fisik ini akan lebih efektif bila kita melakukan olehraga rutin, seperti melakukan jalan kaki, berlari, bersepeda dan olahraga lainnya. Dengan melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan pengeluaran tenaga akan sangat baik untuk peeliharaan fisik.

  1. Hindari Asap Rokok

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Asap rokok sangat buruk pengaruhnya terhadap kesehatan. Rokok dapat meningkatkan tekanan darah sekaligus menyempitkan dinding arteri. Jadi sebisa mungkin untuk mengurangi dan menghindari merokok agar terhindar dari hipertensi.

  1. Biasakan Gemar makan buah dan sayur

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Dengan memulai gemar makan buah dan sayur sangat membantu tubuh kita terhindar dari hipertensi. Karena buah dan sayur memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kandungan dalam buah dan sayur yang sangat beragam seperti vitamin dan mineral tinggi serta serat yang tinggi akan melancarkan pencernakan dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol dan bahkan mampu mencegah terjadinya penyakit kanker.

  1. Diet Seimbang

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Mengurangi dan mengontrol berat badan sangat penting dilakukan, karena obesitas kerap menjadi alasan utama sesorang terserang hipertensi. Jadi dengan menjaga dan mengontrol berat badan berarti juga menjaga tubuh agar tidak terserang hipertensi.

 

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. 

  1. Kelola Stres

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Hindari stres karena dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, meningkatkan detak jantung serta tekanan darah. Stres dapat dihindari dengan melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti meditasi, yoga, terapi pernafasan dan olahraga.

Demikian tadi cara-cara alami untuk mencegah hipertensi. Lebih baik mencegah daripada mengobati begitu pedoman yang dipakai selama ini. Semoga kita semua terhindar dari hipertensi dan bisa sehat selalu.

 

 

[Baca juga 6 cara mencegah kanker serviks : KLIK DISINI ]

Sekarang kita akan membahas mengenai cara alami untuk mengobati hipertensi. Mengapa lebih memilih cara alami? Karena dengan cara alami akan mengurangi efek smaping bagi kesehatan tubuh. Bahkan dengan cara alami bisa didapatkan hasil yang lebih cepat dan tanpa efek samping.

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami.

Berikut ini beberapa cara alami dengan mengkonsumsi buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan sebagai obat alami :

  1. Konsumsi buah mengkudu

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Buah mengkudu memiliki kandungan selenium yang mampu menurunkan hipertensi. Cara konsumsinya pun cukup mudah, hanya dengan memarut buah mengkudu yang sudah dibersihkan, kemudian peras dan ambil air perasan tadi dan minum 2 sampai 3 kali sehari. Buah mengkudu juga sangat ampuh mengobati sakit kencing manis. Dengan mengkonsumsi mengkudu hipertensi bisa cepat diturunkan.

  1. Konsumsi mentimun

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. Tips mengobati hepertensi selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi mentimun. Kandungan mineral potassium yang tinggi mampu membantu menurunkan hipertensi. Cara konsumsi mentimun bisa dengan cara dimakan saja sebagai lalapan rutin 2-3 kali sehari. Atau bisa dengan memarut mentimun dan minum sari mentimun tadi 2-3 kali sehari.

 

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami. 

  1. Konsumsi buah beri
strawberry
blueberry

Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami

Bermacam-macam buah beri semuanya bermanfaat, terutama untuk menurunkan hipertensi. Kandungan potasiumnya yang tinggi mampu menurunkan hipertensi. Cara mengkonsumsinyapun sangat mudah, bisa langsung dimakan atau di jus. Konsumsilah buah beri saat tekanan darah naik agar lekas turun dan membaik kondisi tubuh.

Demikian tadi beberapa buah-buahan yang memiliki khasiat menurunkan hipertensi. Masih banyak buah-buahan lain yang memiliki khasiat menurunkan hipertensi diantaranya seperti buah jeruk, blewah, tomat, belimbing manis, lobak, pisang dan masih banyak lagi.

Dengan cara alami pengobatan hipertensi diharapkan mendapat hasil maksimal dan dengan efek samping yang sangat sedikit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua. Terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Wasalammualaikum Wr. Wb.

www.bpjs-kesehatan.go.id

Tersedia juga :

Cara menurunkan kolesterol KLIK DISINI

Kenali Pneumonia Penyebab Bayi Meninggal Akibat Asap Rokok

Manfaat imunisasi MR cegah Campak dan Rubella bagi anak-anak

Cara mencegah dan mengobati asam urat secara alami

6 CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL DENGAN CEPAT

Cara Mengobati Sakit Gigi Gusi Bengkak Berlubang Ampuh Secara Alami

2 Replies to “Cara Mencegah dan Mengobati Hipertensi secara alami

Leave a Reply